Senin, 08 Juli 2019

Arti Mata Kedutan Menurut Mitos dan Medis, Jauh Sekali



Pada tulisan kali ini, saya akan membahas tentang Kedutan Pada Mata. Apa itu  kedutan pada mata?. Kedutan pada mata adalah sebuah fenomena dimana dibagian mata mengalami gerakan intensif atau getaran-getaran di lokasi tertentu di sekitar daerah mata.

Pada sebagian masyarakat Indonesia, kedutan pada bagian mata masih dipercaya sebagai pertanda akan ada sesuatu yang terjadi pada orang yang mengalaminya. Setiap sudut disekitar mata mempunyai arti yang berbeda-beda.

Secara medis, gejala kedutan, khususnya di daerah mata juga tidak kalah penjelasannya . Akan tetapi, penjelasan yang berbeda tidak membuat mereka serta merta mutlak percaya pada satu keterangan saja. Bahkan paham kepercayaan yang masih kuat cenderung orang  memilih mitos sebagai pegangan langkah selanjutnya dengan semua gejala-gejala bagian badan seperti mata kedutan. Firasat apa yang terkandung pada setiap gejala kedutan yang terjadi?

Dibawah ini adalah daftar kedutan di bagian mata menurut mitos.

Mata Kiri

Bola Mata

Bila bola mata kiri anda berkedut, itu menandakan anda akan mendapat kebahagiaan.

Kelopak Mata

Bila anda mengalami kedutan pada bagian kelopak mata kiri atas, mengisyaratkan anda akan bertemu dengan orang yang istimewa dan spesial, tetapi bila kedutan terjadi di bagian kelopak mata kiri bagian bawah memberi pertanda kurang menyenangkan, karena membawa tanda anda akan mengalami sebuah kesedihan.

Alis Mata

Jika anda mengalami kedut dibagian alis mata kiri mengisyaratkan anda akan bertemu dengan seseorang, baik dari jauh maupun dekat.

Ekor Mata

Bila anda mengalami kedutan pada bagian ekor mata sebelah kiri atas menandakan anda akan menjumpai keluarga jauh, akan tetapi jika kedutan terjadi pada ekor mata kiri dibagian bawah, memberi isyarat bahwa anda akan mendapatkan sakit.

Mata Kanan

Bola Mata

Jika anda mengalami kedutan pada bagian bola mata kanan menandakan bahwa anda akan mengalami sebuah kesedihan.

Alis Mata

Kedutan dibagian alis mata kanan menandakan bahwa anda akan mendapat kebahagiaan, walaupun harus bersusah payah terlebih dahulu.

Kelopak Mata

Bila anda mengalami kedutan dibagian kelopak mata bagian kanan atas, menandakan anda akan memperoleh keberuntungan, adapun jika kedutan terjadi dibagian kelopak mata bawah, tandanya anda akan bersedih.

Ekor Mata

Bila anda mengalami kedutan di bagian ekor mata sebelah kanan atas, memberi arti bahwa anda akan sembuh dari penyakit yang sedang anda derita, akan tetapi bila kedutan terjadi di bagian ekor mata sebelah kanan bawah, menandakan anda akan bertemu dengan orang jauh.

Itulah tanda-tanda kedutan di bagian mata menurut mitos, percaya atau tidak terserah anda, bila semua itu benar-benar terjadi juga bisa karena kebetulan saja atau sebaliknya.

Kemudian, bagaimana menurut Fakta Medis?

Dibalik mitos yang lebih banyak beredar, ada fakta medis yang menunjukan apa sebenarnya kedutan tersebut.

Dilansir dari Klikdokter.com, kedutan pada bagian mata, menunjukan adanya masalah didalam tubuh orang yang mengalami kedutan tersebut.

Saat mata lelah setelah bekerja berlama-lama menatap komputer atau pekerjaan lain yang menggunakan konsentrasi mata. Pada umumnya kedutan berlangsung beberapa detik atau menit, akan tetapi tidak jarang kedutan juga terjadi dalam waktu yang lebih lama. Jika peristiwa ini berlangsung sampai berhari-hari mungkin anda perlu waspada.

Mata kedutan disebut sebagai miokimia. Jika hal itu terus menerus terjadi, ada kemungkinan terdapat gangguan neurologis atau persarafan. Sebaiknya anda periksa ke dokter spesialis mata agar ditangani dengan benar.

Ada banyak faktor yang memicu gejala kedutan bibagian mata yaitu diantaranya,

1. Mata lelah

Mata lelah dapat terjadi karena pekerjaan yang menuntut mata untuk menatap benda dalam waktu lama, seperti menatap komputer, sinar dan benda-benda yang lain. Anda dapat menghindarinya dengan istirahat setiap 20 menit dan memandang obyek jauh sejauh 20 kaki selama 20 detik dapat menghindari mata lelah.

2. Stres

Stres dapat menjadi pemicu mata kedutan, banyak hal untuk menghindari stres seperti, hiburan, olah raga dan aktifitas lainnya. Cocok bagi orang stres untuk melakukan meditasi, yoga dan mendekatkan diri dengan Sang Pencipta.

3. Konsumsi kafein

Konsumsi kafein yang terlalu banyak juga dapat memicu kedutan, anda dapat menghindarinya dengan mengurangi minum kopi, teh, soda dan minuman-minuman lain yang mengandung kafein tinggi.

4. Konsumsi alkohol

Sama dengan kafein, konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat menimbulkan kedut mata. Anda dapat menghindarinya dengan mengurangi atau berhenti konsumsi alkohol.

5. Mata kering

Faktor Usia, khususnya diatas 50 tahun, sering terjadi mata kering, terutama mereka yang sering berlama-lama menatap komputer, konsumsi obat-obatan seperti antihistamin, antidepresan, penggunaan lensa kontak, dan lain-lain memicu mata menjadi kering.


6. Alergi

Pada orang-orang  yang memiliki riwayat alergi, tak jarang ditemukan gejala seperti gatal, bengkak dan berair pada mata. Menggosok atau mengucek mata bisa memicu mata mengeluarkan histamin ke jaringan kelopak mata saat reaksi alergi berlangsung, hal itu juga dapat menimbulkan kedutan.

7. Gangguan nutrisi

Keseimbangan nutrisi yang kurang dalam tubuh, khususnya kebutuhan nutrisi pada mata, dapat menimbulkan kedutan. Untuk menghindarinya, konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dengan kandungan beta karoten baik untuk menghindari kedutan pada mata.

Begitulah, bahasan tentang kedutan di bagian mata menurut fakta medis. Baik fakta mitos maupun fakta  medis, keduanya ada di dalam kehidupan. Mana yang anda anut, salah satu atau keduanya?

0 komentar:

Posting Komentar