Rabu, 12 Desember 2018

Kenapa Jerawat Datang Di Saat Kita Perlu Wajah Mulus


Kenapa jerawat datang di saat kita pelu wajah mulus, Apa Solusinya?

Wajah mulus nan bersih adalah dambaan bagi semua orang. Begitulah kecantikan dan ketampanan yang diperindah olehnya membuat siapapun tiada jemu memandang dan ingin selalu menikmati keindahan itu.

Alangkah bahagianya dikaruniai berkah itu. Tapi sayang, semua itu hilang. Wajah mulus harus berantakan gara-gara jerawat tumbuh seenaknya disana. Jerawat sangat menjengkelkan, penderita merasa ada sesuatu pada pusat perhatian setiap orang yang berhadapan, sehingga tidak jarang pemilik muka berjerawat mejadi minder dan mengasingkan diri dari pergaulan. Kenapa jerawat itu harus ada disaat wajah mulus sedang diperlukan? Dimana momok itu kerap terjadi pada anak muda yang sedang gandrung-gandrungnya bergaul dalam mencari jati diri dan pasangan lawan jenis dimana penampilan adalah segalanya, apalagi itu didepan orang yang dipujanya. Jerawat, benar-benar merusak suasana.

Apa boleh dikata, jika mereka dapat berbicara, mereka akan mengatakan itu adalah kesalah pahaman yang dibangun oleh kecerobohan sendiri. Pada usia muda, seperti yang orang katakan adalah usia dimana sedang memerlukan penampilan wajah yang indah. Secara alamiah tubuh menghasilkan hormon androgen. Hormon androgen yang berguna memproduksi lemak pada wajah guna untuk menjaga wajah agar tetap lembab dan tidak kering, sehingga permukaan kulit muka akan tetap licin dan sehat.

Pada sebuah peristiwa, lemak-lemak penjaga kelembaban itu tersumbat oleh kotoran. Sel-sel kulit mati yang menumpuk dilapisan epidermis kulit mengakibatkan pori-pori kulit tersumbat.
Kondisi hormon yang tidak setabil dapat mengakibatkan produksi sebum yang tidak terkontrol. Pada kondisi pori-pori tersumbat, sebum tidak bisa keluar dari epidermis kulit. Pori-pori yang tersumbat serta sebum yang berlebihan, memberi kondisi yang nyaman dan ideal untuk pertumbuhan bakteri anaerob seperti bakteri penumbuh jerawat, yaitu Propionibakterium.
Bakteri makin lama berkembang menyebabkan terjadinya inflamasi atau pembengkakan dalam kulit sehingga munculah jerawat atau komedo.


Seperti itulah kronologis penyebab timbulnya jerawat. Perduli akan kebersihan dan hidup sehat adalah kesadaran dari diri kita sendiri. Untuk menghindari hal tersebut ada tips yang bisa sobat lakukan terkait dengan hidup sehat, bersih dan teratur dengan mengamalkan butir-butir di bawah ini, 

1. Pastikan kulit selalu bersih dan tidak ada kotoran yang menyumbat pori-pori. 

 Caranya adalah:



  • Bersihkan wajah 2 kali sehari untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori.
     
  • Gunakan hanya bedak tabur karena lebih mudah dibersihkan dan tidak menutup pori-pori.


  • 2. Kendalikan produksi minyak agar tidak berlebihan.

     Yaitu dengan :


  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan.

  • Banyak-banyak minum air putih untuk menjaga kelembaban kulit.

  • Batasi makanan pedas, lemak dan berminyak.

  • Istirahat dan olah raga yang cukup agar hormon bekerja secara normal dan seimbang.

  • Hindari konsumsi ayam yang disuntik dengan hormon androgen. Meningkatnya hormon androgen di tubuh kita akan memicu produksi minyak berlebihan.

  • Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan.

  • Tambahkan konsumsi suplemen Zinc akan membantu mengendalikan produksi minyak sobat. Untuk memperoleh dosis yang tepat, konsultasikan ke dokter.

    Begitu tips dapat dilakukan bagi sobat yang menyandang masalah akan tumbuhnya jerawat diwajah sobat sebelum terlambat untuk menghentikannya. Semoga sekilas tips ini dapat membantu. Selamat mencoba!
  • 0 komentar:

    Posting Komentar