Rabu, 15 Januari 2020

TELUR SEMUT HITAM PENGGANTI KROTO BUAT KONIN YANG SEMAKIN LANGKA


Konin atau Kholibri Ninja kesayangan harus diet makan kroto hanya karena tidak ada kroto ditempat toko pakan burung. Kroto yang dijual ditoko semakin terbatas karena pasokan kroto semakin hari semakin berkurang, bukan karena pemasoknya malas-malas, akan tetapi para pemikat kroto yang semakin kesulitan mendapatkan sarang kroto untuk diunduh.

Begitu berartinya kroto pada burung yang mereka piara, sehingga para pemiara burung seolah harus medapatkannya, dimanapun toko pakan burung, asal menyediakan kroto pasti akan diserbu, bagi pembeli yang terlambat datang meski hanya sebentar saja pasti akan segera pulang dengan tangan kosong.

Sepenting apa kroto bagi burung? 

Kalau diteliti lebih dalam, burung yang hidup di alam bebas dapat mencari makanan dengan bebas apa yang diinginkan. Pada umumnya, seperti juga yang kita pergoki burung menangkap serangga sebagai makanan pokoknya, makanan lainnya adalah buah-buahan, dari beberapa jenis mereka menangkap ikan.

Jujur dialam liar saya tidak pernah memergoki seekor atau beberapa burung sedang merobek sarang kroto untuk mendapat makanan favoritnya. Tidak pernah. Jadi, dialam bebas burung tidak mengenal kroto. Jika kroto sangat baik untuk burung juga logis karena nutrisi yang dikandungnya sangat baik untuk kesehatan burung, itu adalah sebagai pengganti serangga yang memang sudah menjadi makanan utamanya.

Kroto yang kita kenal adalah telur semut rangrang, semut yang besar dan berwarna merah dengan sarang yang terbuat dari rangkaian daun membentuk bulatan sebesar bola, para pengunduh kroto melakukannya dengan menusukannya dengan galah hingga susunan daun bagian bawah rusak dan menjadi lubang yang secara outomatis menjatuhkan kroto dari lubang tersebut, lalu pengunduh menghadangnya dengan wadah tepat dibawah lubang tersebut.

Semua burung nenyukai kroto, itu memang terbukti nyata dan tidak terbantahkan. Burung yang diberi makan kroto dapat ditengarai menjadi lebih sehat dan lebih semangat berbunyi. Hal itu juga terjadi pada burung kholibri. Burung yang mungil itu tidak lepas sebagai binatang yang juga menyukai kroto walaupun telur kroto sebenarnya terlalu besar untuk ditelan diparuhnya yang berukuran kecil. Paruhnya yang kecil sebesar jarum suntik, seakan didesain hanya untuk menghisap madu dan serangga yang berukuran sangat kecil.

Rasanya yang enak, membuat burung kholibripun memakan kroto yang disediakan majikannya. Hasilnya, burung kholibripun koar-koar dan rasa kopi majikan menjadi lebih nikmat dibanding sebelumnya.



Bagaimana jika kroto tidak didapatkannya? 

Sebaiknya juragan tidak usah kuatir, kopi juragan akan tetap nikmat, karena saya punya tips untuk pemenuhan nutrisi yang setara dengan kroto untuk burung kholibri, bahkan mungkin ini lebih baik dibandingnya, karena hal ini sudah saya buktikan sendiri.

Kroto merupakan telur krangrang dari keluarga semut. Jenis semut itu sangat banyak, krangrang hanyalah satu dari mereka. Nutrisi dari telur semut lain tidak kalah hebatnya dengan telur krangrang. Itu dasar tipsnya.

Pada suatu hari saya menemukan daun kelapa kering. Didalam daun kelapa kering banyak semut hitam bergerombol. Setelah saya amati, ternyata itu adalah sarang semut hitam yang sedang bertelur. Telurnya sangat banyak menempel di sela-sela setiap daun kelapa yang telah mengering tersebut. Bentuk telur semut hitam sangat mirip dengan telur krangrang, bedanya ukurannya saja yang lebih kecil.

Saya iseng mengambilnya dan saya coba berikan kepada burung kholibri kesayangan saya, hasilnya, dia mau memakannya, satu cepuk kecil habis dalam satu hari tanpa tersisa, padahal, ketika saya memberikan kroto krangrang tidak semua dapat dimakan, dia hanya makan yang berukuran kecil saja, kalaupun mematuk yang berukuran besar setelah beberapa lama kroto itu akan dijatuhkan karena tidak mampu mengunyahnya.

Akan tetapi, untuk telur semut hitam, karena ukuran yang kecil serasa pas untuk ditelan, mungkin itu yang membuat ia menelan dengan lahap tak tersisa. Sejak saat itu saya terus mengganti sajian krotonya dengan telur semut hitam. Kesehatan, keceriaan dan yang terpenting kicauanya sama bagusnya dengan menu kroto krangrang yang biasa diberikan sebelumnya.

Hingga kini, setiap saya memelihara kholibri, pasti pakan extra food yang saya berikan adalah telur semut hitam, pengalaman yang saya lakukan benar benar telah membuktikan dengan mata kepala saya sendiri, bahwa kandungan yang ada pada kroto semut hitam itu sama dengan kandungan kroto semut krangrang, walaupun resert yang resmi belum dilakukan oleh para ahli gizi burung, praktek dilapangan sudah membuktikan saya untuk memperoleh burung piaraan sesuai yang saya harapkan.

Bagaimana menurut anda, guys....jika ingin turut membuktikan, silakan coba, anda tinggal mencari kroto semut hitam, sarang mereka ada dimana-mana, di dedaunan, dilubang pohon, bahkan di pagar rumah anda, jangan ditoko pakan burung, karena saya yakin, disana belum tersedia.

0 komentar:

Posting Komentar