Minggu, 19 Januari 2020

6 Tips Membuat Bisnis Online Selalu Lancar


Baik pemula maupun yang sudah sering melakukan berbisnis secara online entah itu jualan produk maupun jasa, namun dalam menjalankannya serasa kurang bersemangat. Dari ketidak semangatan anda disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kenapa anda merasakan kurang mood atau bergairah, bisnis tidak membuahkan hasil yang memuaskan, serta faktor-faktor lain yang membuat gairah semakin sirna dan akhirnya bisnispun gulung tikar.

Kenapa semua harus terjadi? Ironisnya lagi anda tidak tahu penyebabnya. 6 tips dan trik dibawah ini akan menjawab semuanya.

1. Mulailah Dari Brand Yang Anda Sukai 

Semua hal yang anda sukai pasti anda selalu suka untuk melakukannya, karena itu sudah menjadi hobi. Yang namanya hobi tidak mendapatkan apapun anda tetap senang melakukannya. Jangankan hanya tidak mendapatkan apa-apa, anda harus membayarpun anda rela. Lalu, bagaimana jika kesenangan dan hobi anda mendapatkan penghasilan?

Sebagai contoh, anda suka masak-mamasak, anda akan selalu mencari kesempatan untuk melekukan masak memasak walau dalam situasi apapun dengan penuh suka cita.

Contoh yang lain, anda suka dunia fashion. Dalam semua kesempatan yang ada, anda akan lebih banyak memikirkan dunia fashion dibanding dunia yang lainnya, membicarakannya terasa sangat bersemangat, sehingga, dengan outomatis anda cenderung akan belajar dan mencari informasi seputar dunia tersebut yang dampaknya anda banyak tahu tentang dunia itu.

Dari apa yang anda senangi itulah menjadi barang yang anda pilih untuk dijual.

2. Mencari Barang Yang Sedang Laku Di Pasaran 

Karena dalam hal ini anda akan menjual, mencari barang yang sedang tren dan sangat laku di pasaran adalah hal yang sangat penting. Bagaimana caranya? Caranya dengan melakukan penelitian. Tidak usah jauh-jauh, dari sekitar anda dulu, teman-teman, kenalan, comunitas, organisasi dan ladang-ladang lainnya, lebih jauh lagi informasi di internet, seperti media masa, facebok, instagram, whatsapp bisnis dan lain-lainnya, bahkan siaran televisi.

Disana anda akan mendapatkan banyak informasi tentang tren yang sedang ramai dan laku di pasaran, dimana banyak orang berbondong-bondong membeli barang tersebut dari berbagai cara dan sumber.

Berganti jaman berganti juga varian dalam kehidupan. Di jaman sekarang orang banyak mempertimbangkan gengsi. Membeli barang lama dianggap jadul dan ketinggalan jaman. Gaya, model dan bentuk selalu update dari waktu ke waktu tanpa peduli dengan situasi dan kondisi.

Itulah perlunya anda mengamati. Karena jika tidak, barang yang anda jual adalah barang yang out of date yang ternyata sudah ditinggalkan pembeli, anda hanya dapat berguman kenapa tokonya sepi, anda tidak menyadari bahwa diri andalah penyebabnya yang kurang update.

Maka, lebih baik jangan kebingungan, apalagi menyalahkan orang lain.

3. Cari Barang Yang Disukai Pembeli 

Barang yang anda jual diperuntukan buat pembeli. Maka apa yang disukai pembeli adalah lebih utama dari apa yang menurut anda suka. Sebuah barang yang menurut anda suka belum tentu menurut orang lain, meskipun anda benar-benar yakin itu yang paling baik.

Jika yang anda jual adalah fashion yang penuh warna, Anda bisa saja sangat gandrung dengan warna pink. Dan anda berpikir, semua wanita suka pada warna pink. Belum tentu.

Jika yang anda jual soal kuliner, tetapi anda tidak suka daging bebek, baik bebek goreng, bebek bakar maupun bebek yang diapakan lagi. Anda sebagai wanita yakin, wanita pasti tidak menyukai daging bebek. Belum tentu.

Dalam menyediakan barang yang anda jual, lebih baik kesampingkan keegoisan anda dan berikanlah hal itu untuk pembeli. Jika dari hasil pengamatan anda menemukan barang yang laku ternyata barang yang tidak sejalan dengan pikiran anda, sebaiknya anda ikuti saja hasil pengamatan daripada perasaan.

4. Gunakan Kategori Daripada Produk  

Kenapa memilih kategori bukan produk saja? Misalnya barang yang anda jual adalah "Sriping Pisang", setelah produk sriping pisang berjalan, untuk menambah penghasilan anda berniat menjual makanan yang lainnya, misalnya, jenang salak. Anda sudah terlanjur dalam branding iklan anda adalah sriping pisang. Itu berarti anda beralih branding penjualan lain, anda membuat pabrik baru lagi yaitu dengan judul "Jenang Salak". Anda membuat promo dari "0". Atau dengan kata lain memulai dari awal.

Baik sriping pisang maupun jenang salak, dua-duanya adalah termasuk dalam kstegori snack. Bagaiman jika anda memilih brand dengan kategori "Snack"? Tentu itu lebih luas. Suatu saat jika anda perlu menambah produk lain, anda masih tetap dapat bernauang di branding tersebut. Jika anda menambah produk dengan makanan lain selama termasuk dalam kategori snack akan sah-sah saja.

Dari uraian diatas saya kira anda paham, kenapa dalam brand anda lebih baik memilih kategori daripada satu jenis barang saja.

5. Konsentrasi Pada Satu Tempat 

Jika anda baru berjualan, lebih baik konsentrasi pada satu tempat terlebih dahulu. Misalnya, untuk jualan ofline, anda tidak usah buru-buru membuka cabang ditempat lain sebelum satu tempat benar-benar dapat dipegang dengan baik. Bukanya bersama-sama menjadi pesat, malah menjadi korat karit semuanya.

Begitu juga pada penjualan online, dalam penjualan yang berbasis jaringan ini, sebaiknya konsentrasi saja dulu pada satu chanel. Sebagai contoh, jika anda berjualan di facebook, jangan dulu buru-buru membuka lagi di chanel lain, misalnya, di istagram. Semua itu disarankan karena antara satu jalur dengan jalur yang lain memiliki karakter yang  berbeda, strategi yang digunakan juga tidak sama, orang-orangnya juga tidak sama.

Dalam facebook yang lebih memasarakat, hampir semua kalangan, dari usia muda sampai tua, dari kalangan bawah, menengah sampai atas ada. Dalam instagram rata-rata anggotanya berumur 30 ke bawah, bagaimana kondisi keuangan mereka, kemana biasa mereka berbelanja? semua memiliki perbedaan yang harus dipertimbangkan dengan matang.

6. Aksi 

Seberapa pengetahuan yang anda berhasil kumpulkan hanyalah teori, jika hanya untuk tahu saja tanpa berani mencoba semua akan menjadi nol. Aksi adalah yang paling penting dari semua yang kita bahas panjang lebar diatas.

Begitulah 6 tips bisnis online tetap lancar, tetap semangat dan bergairah yang dapat saya bagikan. Jika masih ada kekurangan dan pembaca ada yang memiliki lebih lengkap lagi, bolehlah berbagi.  

0 komentar:

Posting Komentar