Senin, 20 Juli 2020

Pakan Burung Emprit Kaji


Perawatan burung Emprit Haji sangat mudah. Jika kita sudah terlebih dahulu mengenal cara merawat burung lain, mengingat burung Emprit Haji tergolong baru dalam daftar burung yang terlebih dahulu dikenal dengan burung piaraan sebagai burung kicauan tidaklah banyak berbeda dengan perawatan burung lain.

Burung Emprit Haji tidak berbeda dengan burung lain yang masih satu keluarga yaitu burung finc. Semua dari keluarga burung finc adalah pemakan dari jenis biji-bijian.

Bagi yang tinggal di desa terutama daerah pesawahan atau lahan pertanian padi, burung ini tidak asing. Burung ini dapat dipastikan dapat dijumpai hinggap di pepadian yang sedang menguning dan mematuk biji-biji padi yang ranum. Pak Tani umumnya akan sangat kesal dengan ulahnya karena akan kehilangan beberapa jumlah penennya karena ulah burung pipit tersebut. Itulah asal muasal burung Emprit dinas oleh Pak Tani sebagai burung hama, tidak jarang burung ini dilempar batu atau ditembak dengan ketapel, setidaknya agar menjauh dan tidak terus-terusan mencuri setiap butir padi yang diharapkan jauh-jauh agar berbuah untuk makanan manusia.

Bedanya dengan burung finc yang lain, sebagai contoh, burung Kenari, burung jenis ini sama pemakan biji-bijian, tapi sa'at burung kenari yang dipelihara orang dilepas baik sengaja dilepas atau tidak, akan kita jumpai pemandangan yang sangat berbeda. 

Pengalaman saya sendiri tidak pernah menjumpai burung kenari yang terbang lepas berakhir dengan hinggap dibatang padi untuk kemudian mematuk buah padi, bahkan burung kenariku yang terlepas dulu tidak mamakan apapun yang ada disekitar lingkungan, ia lebih memilih puasa dan hanya terlihat terbang kesana kemari seolah tidak tahu tanaman biji-bijian yang banyak tumbuh disekitarnya, sampai akhirnya entah kemana, atau dia memilih mati daripada hidup dengan mencari makan sendiri.

Sa'at kita memelihara burung Emprit Haji, kita tidak harus mencari padi sebagai pakannya, mudahnya, kita beri Emprit Haji kita dengan Milet yang biasa kita gunakan sebagai pakan burung Kenari dia malah lebih menyukai dan burung juga sehat sentausa. 

Kesimpulannya adalah burung Emprit Haji lebih mudah pakannya dibandingkan burung pemakan biji yang lain, bahkan dapat dipastikan semua jenis makanan burung finc dia suka. Tidak tahu jika burung Emprit ini lepas di negara Amerika atau negara lain yang bukan habitatnya, mungkin akan sama nasibnya dengan burung kenari atau lovebird yang notabene burung yang berasal dari luar negeri. Yang kutahu, semua burung pemakan biji seperti Kenari, Lovebird dan burung import lainnya hanya mau makan milet dari pada biji padi. Tak tahu jika dipaksa atau dilatih.

Untuk so'l pakan burung Emprit Haji dan berlaku juga burung emprit lainnya dari negeri kita adalah biji-bijian, dari padi sampai milet, bahkan buah rumput, sayur-sayuran seperti sawi, slobor, kangkung, bayam dan lain-lain, mau memakannya.

Saya sarankan, meski dialam, dilingkungan kita mereka sangat gemar makan buah padi, lebih baik jika teman memeliharanya, harap gunakan pakan milet saja sebagai makanan pokoknya dan sayuran sebagai makanan extra food-nya. Tidak disarankan teman memetik buah padi orang, sebagaimana saya dulu melakukan itu, sambil berjalan diantara pematang sawah pura-pura mencari belalang sambil memetik batang padi juga.


0 komentar:

Posting Komentar