Senin, 28 September 2020

5 Mitos Buruk Burung Pentet Dan Penangkalnya



Burung Pentet yang lebih dikenal dengan nama Cendet, sebagian orang menamakan deot adalah termasuk burung predator yang tersebar hampir diseluruh pelosok negeri.
Burung dari keluarga Laniidae, dari genius Lanius.

Makanan yang disukai adalah belalang, kumbang, tonggeret dan serangga-serangga lainnya.

Habitat di daerah terbuka, padang rumput, perkebunan, tegalan. Tersebar di ketinggian 1.600 m dari permukaan laut.

Burung ini sebetulnya tidak memiliki kicauan khusus sebagai ciri khasnya, bahkan hanya memiliki bunyi bawaan sejak lahir tidak lebih dari suara, " deet, deet" saja.

Bisa dikatakan burung ini tidak memiliki kicau.

Akan tetapi, burung ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki pada burung lain. Jika pada umumnya burung berkicau dapat diisi atau dapat menirukan suara kicau burung lain, pada burung Pentet ini beda.

Daya tiru pada burung Pentet begitu luar biasa. Suara kicau pada burung Pentet yang lebih variatif dan indah itu ternyata hampir seluruhnya diambil dari hasil meniru pada burung lain. 

Pemasteran yang baik membuat burung ini tidak kalah dengan burung pengicau yang paling tenar sekalipun. 

Keunikan yang lain juga terhadap nasibnya yang kurang baik. Di sebuah daerah di Jawa Tengah, tepatnya di Banyumas burung Pentet memiliki mitos buruk bagi orang yang memeliharanya.

Dari sumber yang tidak diketahui dengan pasti, Burung Pentet dipercaya memilik "Menthek", yaitu sebuah keadaan yang membawa dampak buruk bagi pemeliharanya. Memelihara burung Pentet bisa membuat seseorang tertimpa kesialan, seperti,

1. Jika Pedagang, Dagangan Menjadi Tidak Laku

Untuk itu seandainya anda seorang pedagang, sebaiknya pikir-pikir dulu untuk memelihara burung mitos ini. 

2. Dapat Menghambat Cita-Cita

Jika seseorang mencita-citakan sesuatu, cita-cita akan banyak hambatan, oleh karena itu jika apa yang dicita-citakannya mau lancar, sebaiknya tidak memelihara burung ini. 

3.Gangguan Kesehatan 

Mitos yang lain juga terjadi pada kesehatan pemiliknya, seperti pemilik menjadi sakit-sakitan, gelisah dan keadaan yang tidak nyaman dirasakan dalam hidupnya.

Oleh karena itu, jika mau hidup sehat jasmani dan rohani, lepas dari perasaan gelisah dan hidup tenteram, sebaiknya hindari memelihara burung ini dirumah.

4. Sulit Jodoh

Jika anda sedang jomblo lebih baik jangan pelihara burung ini, karena menurut mitos memelihara burung Pentet membuat anda lebih sulit mencari pasangan. Apa jadinya jika tanpa burung ini saja sudah sulit apalagi memeliharanya.

5. Hidupnya Jadi Tidak Tenang

Pada nomor 5 ini mungkin lebih dari pada sugesti dibanding mitos itu sendiri. Jika satu sisi penghobi burung sangat tertarik atau istilah pada perburungan adalah ngidam, akan tetapi satu sisi mendengar burung ini memiliki mitos yang tidak baik bagi pemiliknya.

Hal itu tentu akan selalu kepikiran seiring sudah terlanjur sayang terhadap si doi ini. Pikiran untuk sebaiknya membuang saja dan setelah itu lega lepas dari mitos atau tetap memeliharanya dengan berpikir positif bahwa semua burung sama-sama makhluk ciptaan Tuhan seperti yang lain, semua hanya mitos.

Perang batin terus berkecamuk dan sudah barang tentu dibayang-bayangi perasaan yang tidak tenang dalam hidup.

Apakah Ada Cara Yang Aman Memelihara Burung Pentet?

Seperti semua penyakit pasti ada obatnya, begitu pula dengan mitos. Mitos juga ada penangkalnya. Jangan kuatir bagi teman yang terlanjur menyukainya dan ingin tetap aman dari kekuatiran mitos yang sebagian tertulis diatas. Terutama bagi masyarakat Banyumas daerah dimana mitos tersebut meluncur ke permukaan.

Sepertinya, melawan mitos yang paling mustajab adalah dengan mitos. Setelah terbukti siapa yang meyakini mitos, maka mitospun akan terjadi. Tapi orang yang tidak meyakininya tanpa sedikitpun ada keraguan, maka mitos hanyalah omong kosong.

Oleh karena itu jika teman ragu, sebaiknya yakinilah mitos penangkalnya, maka penangkal tersebut benar-benar akan mematahkannya.

Sebuah mitos memberikan rahasianya 

Untuk mengusir "Menthek" pada burung Pentet dapat dilakukan dengan memberi syarat tertentu yang begitu mudah untuk dilakukan sebetulnya. Yaitu dengan mengganti salah satu cepuk tempat makan yang terbuat dari tempurung kelapa. Tempurung kelapa apa saja, tapi yang sering digunakan adalah tempurung kelapa gading karena kelapa gading memiliki bentuk yang kecil, cari yang paling kecil dan bentuk sebagus mungkin. Taruhlah makanannya di sana.

Setelah hal itu dilakukan, kembali lagi kepada keyakinan anda, jika anda yakin maka yakin semua akan hangus. Anda sudah tidak berbeda dengan memelihara burung kicau lain. Kicauan Pentet yang indah memukau bahkan membawa berkah pada hidup anda dan membuat anda tetap sehat, kaya dan bahagia. Yakin.

0 komentar:

Posting Komentar