Minggu, 16 Agustus 2020

Cara Menangkap Ular Masuk Rumah Bagi Orang Yang Bukan Pawang Ular


Jika suatu ketika teman mendapati seekor ular tiba-tiba masuk ke dalam rumah, teman tidak usah panik.

Saya sarankan juga tidak membunuhnya, namun teman perlu menyingkirkannya.

Agar ular tidak membahayakan, cara menyingkirkan yang aman perlu dilakukan. Tidak susah, kok. Silakan teman ikuti saja cara dibawah ini.

1. Dengan Tong 

Carilah tong apa saja disekitar rumah teman. Tong tempat sampah, tong tempat pupuk, tong tempat beras dan lain-lain yang sama bentuknya.



Caranya: Robohkan tong sejajar dengan lantai, arahkan lubang ke kepala ular. Dengan tongkat panjang, giring dan arahkan ular masuk ke lubang tong. Setelah masuk, tutuplah tong.

2. Karung 

Ambil karung apa saja disekitar rumah teman. Biasanya benda yang satu ini ada disetiap rumah sebagai bekas menyimpan sesuatu.



Cari juga kaleng bekas dan lubangi disetiap sisinya.

Kaleng bekas yang sudah berlubang kedua sisinya dimasukan ke mulut karung. Ikat mulut karung dengan tali, sehingga hanya ada satu lubang kaleng pada mulut karung.

Caranya: Sama dengan nomor 1 dengan posisi kaleng dirobohkan sejajar dengan lantai. Dengan posisi lubang kaleng didekatkan menghadap kepala ular, dengan tongkat panjang, giring dan arahkan ular masuk ke lubang kaleng hingga masuk lebih dalam lagi ke karung bagian dasar.

3. Kotak Kayu

Cari kotak kayu disekitar rumah teman yang biasanya ada, seperti bekas boxing gula, telur atau kotak tempat ular yang sengaja dipersiapkan.


Caranya: Lubangi kotak bagian samping bawah dengan diameter sekitar 10cm. Pastikan dinding kotak yang lain sudah rapat, tak ada satupun lobang yang memungkinkan ular dapat keluar.

Caranya: Letakan kotak sejajar dengan lantai, geser satu sisi kotak yang berlubang, rapatkan ketembok, tapi tidak untuk sisi yang lainnya, sehingg terbentuk lorong segitiga antara tembok dan sisi kotak.

Caranya: Dengan tongkat panjang, giring dan arahkan ular ke lorong segitiga tersebut hingga akhirnya ular menemukan lubang kotak dan memilih untuk masuk. Setelah yakin masuk, tutup kotak.

4. Dengan seser

Seser merupakan sebuah alat yang terbuat dari kayu atau dahan yang ujungnya bercabang dua dan pada ujungnya dikaitkan mulut jaring yang berbentuk lingkaran yang dijahit berbentuk kantung.



Alat ini biasa dipakai untuk menangkap ikan di kolam. Jika gagang atau handel seser terlalu pendek, teman dapat menyambungnya dengan batang kayu sepanjang jarak aman dari jangkauan ular berada. 

Caranya: Dekatkan mulut seser di atas ular tepat bagian kepala pelan-pelan. Setelah posisi tepat diatas kepala, telungkupkan seser hingga mengenai semua bagian tubuh.

Arahkan badan ular masuk ke lubang kantung lebih dalam dengan menggoyang-goyangkan mulut seser dan menyentuh kulit ular, karena merasa terganggu, maka ular akan bergerak masuk ke seser hingga ke bagian paling dalam.

Setelah semua sukses, angkat seser ! Ular biasanya memilih untuk melingkar diam di dasar seser.

Setelah Ular Berhasil Ditangkap

Setelah ular berhasil teman tangkap dengan salah satu cara di atas, acara selanjutnya adalah menyingkirkannya.

Dengan posisi ular sudah aman dan aman juga untuk teman bawa, maka bawalah ke tempat habitatnya. Dengan tetap hati-hati, lepaskanlah ular-ular tersebut agar dapat terus melakukan tugasnya yaitu menjaga ekosistem.

Ini salah satu alasan kenapa saya menganjurkan untuk tidak membunuh ular.

Dalam ekosistem, ular berperan penyambung rantai makanan sebagai pemakan tikus.

Kenapa petani baru-baru ini sering gagal panen, buah padinya ludes dimakan tikus sampai ke pohon-pohonnya. Itu dapat terjadi karena kurangnya jumlah pemangsa tikus yang kian marak diburu dan dibunuh, bahkan dimakan, pemangsa tersebut tidak lain adalah ular.

0 komentar:

Posting Komentar