Kamis, 07 Juni 2018

Meraih Jutaan Rupiah Dari Ngeblog yang Mimpi


Meraih jutaan rupiah dari ngeblog. Kalimat itu selalu aku jumpai hampir setiap aku membuka-buka internet.

"Ah, mimpi, kali". Itu komentarku pada reaksi yang pertama. Reaksi yang kedua, mungkin dari kalimat itulah aku mendapatkan hidayah hatiku tergerak untuk mempelajarinya.

Pertama, aku memang orangnya suka corat-coret menulis. Karena rasa suka itu, kadang tanpa mendapatkan bayaranpun aku tetap melakukannya. Jujur, tak kalah menarik,jika menulis di sebuah blog itu juga dapat menghasilkan uang, bahkan ada yang menjadi jutawan hanya gara-gara menulis diblognya.

Ringkas cerita, setelah mendapatkan informasi itu, tak mau ketinggalan akupun memutuskan untuk mempelajarinya, sampai akhirnya aku berhasil membuat satu blog untuk aku bisa mulai menulis dan menyampaikan segala unek-unek didalamnya. Menyenangkan sekali. Bagiku dia adalah buku harianku yang mengisi hari-hariku dengan sibuk menulis.

Lebih dari itu, blog juga bisa menghasilkan uang. Untuk bisa menghasilkan uang, sebuah blog harus dimonetise (diuangkan). Caranya adalah, bla bla bla.

Mungkin ini cobaan pertama yang aku harus melaluinya.Karena dari awal sudah dengan jujur ku akui, bahwa menghasilkan uang dari menulis blog adalah tak kalah menarik dari hanya sekedar hobi menulis itu sendiri.

Dan, akupun segera melakukan langkah-langkah itu dengan melakukan pendaftaran ke google adsense untuk dapat bekerja sama sebagai publiser iklan sebagaimana yang ia tawarkan dalam programnya, setelah sebelumnya terlebih dahulu mempelajari cara-caranya.

Akupun segera mendapatkan cemoohan dari teman-teman yang kebetulan tahu tentang dunia itu.

" Domain gratisan blogspot dari blogger.com maju dimonetise, ha ha ha ! domain punyaku yang sudah ku beli aja hingga kini tak digubris oleh google, apa lagi punya kamu yang bla bla bla"

Tidak tanggung-tanggung, cemoohan itu dilontarkan oleh temanku yang lulusan sarjana IT.

I don't care, aku tidak mengurusi cemoohan itu, karena aku tidak tahu dimana letak lucunya sampai menggelitiknya untuk tertawa. Yang aku tahu saat itu Tuhan penyayang umatnya.

Tapi, bagaimanapun juga, temanku yang satu itu adalah tempat aku  bertanya dan belajar tentang seputar dunia cyber yang lagi ngetren kala itu.Dari dia aku mendapatkan banyak pengetahuan yang tak  kudapat dari sekolahku yang cuma sampai bangku SMU.

Hari-haripun berlalu. Purwokerto lebih banyak mendung kala itu. Sekitar 90 hari berjalan yang berarti tiga bulan lamanya, melalui gmail aku mendapat kabar dari google. Isinya, oh my God, sesuatu yang tidak aku sangka yang membuat aku bahagia.


"Selamat, akun anda telah disetujui sepenuhnya. Semoga kerja sama ini berlangsung dalam waktu yang lama. Selamat datang di internet, pasang iklan dan mulailah mencari penghasilan.


Hampir saja aku merayakannya dengan besar-besaran. Aku berpikir mulai dari saat itu aku menambang duit sebanyak-banyaknya dengan menulis terus artikel-artikel diblog kesayangan dalam kurun waktu beberapa hari ke depan.

Memang miris sekali nasibku ini. Mungkin karena terlalu berharap dengan seringnya mendengar berita-berita manis tanpa dibarengi dengan sisi pahitnya.

Ternyata berhasil diterima menjadi mitra google adsense yang mana itu merupakan dambaan bloger-bloger yang selama ini selalu mendapat penolakan itu tidak segala-galanya.

Masih jauh membentang jalan yang masih perlu dibangun untuk menuju ke arah sana. Siapa yang lebih pintar membangun siapa yang akan lebih cepat sampai.

Dalam mendatangkan uang dari blog juga perlu strategi, masing-masing orang punya strateginya masing-masing.

Sampai pada suatu malam, pukul 2.00 pagi, aku masih  browsing. Dan dalam browsingan aku menemukan pengakuan seorang blogger yang tanpa ragu mengatakan, "Akulah orangnya yang menjadi jutawan dengan ngeblog"  aku percaya dia orang baik, ia berani mengatakan itu karena dia sudah mengalaminya.

Tapi ketika pemilik blog yang berjudul "SOLUSIK" itu mendapat pertanyaan bagaimana supaya cepa-cepat mendapat uang banyak dari ngeblog, jawabannya malah mengagetkan.

"Kalau kamu ingin cepat-cepat kaya dari ngeblog, mending kamu berhenti saja dari ngeblog, karena 100% yakin kamu akan kecewa"katanya.

Per Oktober 2017 blog SOLUSIK memiliki 300.000 pagevews/bulan. Dengan vews sebanyak itu pendapatan jutaan rupiah sudah bisa diwujudkan. Ia berani mengatakan ia adalah satu dari orang yang mendapatkan jutaan rupiah dari kegiatan blognya,

Ia tidak mau seperti blogger yang  kerap memberi petunjuk  bagaimana mendapatkan uang jutaan dari ngeblog, tapi dalam kenyataan blog yang ia miliki belum menghasilkan apa-apa, bahkan malah tidak ada adsensenya." Katanya lagi menyindir.

Dari mulai membuat blog , Solusik menghabiskan waktu 2 tahun untuk sampai bisa menghasilkan rupiah.

Dalam curhatnya, pada tahun pertama ia sempat memanfaatkan blognya untuk jualan online, karena mengandalkan trafik hasilnya masih nol. Tahun kedua dan seterusnya baru ia merasakan, untuk menghasilkan jutaan rupiah dari ngeblog itu nyata.

 Berkaca pada dia, ku anggap ini sebuah rahasia yang telah kudapatkan. Menjadi bahan acuan, seperti dialah rahasia bagaimana menghasilkan jutaan rupiah dari ngeblog.

Tak cukup hanya sampai disitu, petualanganku berburu blog-blog sukses yang lainpun aku lakukan, setelah itu aku menelitinya, mempelajarinya dan mengaplikasikannya pada blog miliku sendiri, dimana disana ada rahasia yang tak mereka ungkapkan dengan kata-kata.

Alhasil, Alhamdulillah, setelah strategi  baru kuterapkan, penghasilan blogpun mulai merambat naik. Aku yakin tak lama lagi penghasilan di adsenseku akan lebih tinggi dari mereka.

"Pede sekali, mas"

"Ya, karena aku sabar, konsisten dan terus belajar. Belajar dari blog-blog yang sudah berhasil, terlepas dari apa yang mereka tulis dikonten-konten mereka  tentang rahasia blognya, karena aku tahu tidak semua rahasia akan dibeberkan begitu saja.

Kita tidak perlu menunggu mereka memberikannya. Mereka punya bentuk fisik, penayangan, gaya menulis dan nilai-nilai yang terkandung di dalam artikel yang disuguhkannya.

Caranya dengan menyusun pertanyaan dan temukan jawabannya.Kenapa mereka ramai dikunjungi orang, sisi apa yang membuat mereka menarik, kenapa kita senang membaca karyanya, kenapa kita ingin terus kembali dan menunggu karya selanjutnya dan lain-lain.

Dilihat dari posisi kita sebagai pembaca, akan lebih mudah menilainya, kenapa sebuah blog bisa ramai dan bisa sepi. Yang ramai bisa menghasilkan uang dan yang sepi menghasilkan apa? tentunya yang ramai itulah yang berkwalitas dan yang sepi itu yang basi. Kuncinya semua ada di atas.

0 komentar:

Posting Komentar