Rabu, 06 Juni 2018

12 Poin, Apa Yang Dilakukan Orang-Orang Berhasil


Apa yang mendorong orang sukses, apa yang cenderung  mereka lakukan, apa yang dilakukan sesuatu yang sama dengan apa yang anda lakukan?

Menurut kajian seorang pakar dunia, Stephen Coy, yang dilangsir oleh azizanosman.com dari Malasia, bahwa ada 12 poin yang selalu dilakukan oleh orang-orang yang berhasil dalam hidupnya.

Anda mungkin dapat membaca satu persatu dari semua butir yang ada dibawah ini dan kemudian bandingkan dengan diri anda sendiri.

Jika anda hari ini termasuk orang yang belum sukses, tidak ada salahnya hal yang  baik ini dijadikan inspirasi untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,  karena pada kenyataannya, mereka mendapatkan itu semua bukanlah sesuatu yang datang begitu saja, tapi semua itu tidak lain adalah hasil dari sebuah upaya sebagai pribadi yang ingin berubah.

12 poin yang ada di benak alam pikiran mereka dan apa yang cenderung mereka lakukan adalah sebagai berikut:

1. Selalu Bersyukur.

Orang berhasil punya kecenderungan selalu bersyukur dengan apa yang mereka peroleh di dalam usahanya, banyak atau sedikit.

Mereka selalu memandang, masih banyak orang yang nasibnya lebih buruk daripada yang ia peroleh dalam hidupnya.

Mereka punya keyakinan, dengan cara bersyukur kebaikan-kebaikan yang lain akan datang pada kesempatan lainnya.

2: Mempertebal keyakinan.

Keyakinan pada diri manusia bukan hal yang tumbuh begitu saja. Keyakinan adalah sumber pemantapan kepercayaan diri karena adanya pemahaman yang selaras dengan hati dan jiwa yang melakukannya. Oleh karenanya, orang belajar semua hal yang berkaitan agar dapat membinanya.

Dalam Islam, ada 4 keyakinan yang kita perlu miliki, yaitu Imanul Yaqin, Ainul Yaqin, Haqqul Yaqin dan Qamalul Yaqin.

3. Tidak membanding-bandingkan diri sendiri.

Orang sukses tidak akan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.
Mereka  menerima kekurangan yang ada pada diri mereka, yang berbeda adalah, mereka memandang hal itu bukan sebuah kekurangan apalagi keminderan,  tapi dijadikannya alat penggugah untuk memperbaiki diri sejajar dengan orang lain yang lebih sukses.

4. Suka membantu orang lain

Orang yang sudah berhasil dan sukses ternyata suka membantu orang lain.  Dari membantu dalam bentuk amal, sosial dan bisnis.

Dengan ilmu yang dimiliki orang sukses tak segan-segan mengajak bekerja sama dalam bidang usaha dan membuat orang lain yang bangkrut menjadi bangkit kembali.

Mereka juga ada di sebuah bencana dan memberikan sumbangan untuk meringan kan penderitaan korban yang ada disana.

5. Memupuk hubungan sosial

Kita sama-sama melihat, rata-rata orang sukses pasti pintar bergaul dan dengan mudah masuk dalam organisasi atau komunitas positif tertentu.

Di antara mereka ada yang keluar dari ruang lingkup sosialnya bergabung dengan orang yang berstatus sosial lebih rendah untuk membantu mereka memberikan peluang untuk mencapai derajat yang lebih baik.

6. Mempunyai strategi sendiri

Orang berhasil  cenderung punya strategi didalam melakukan sesuatu.

Ia memperhitungkan, apakah yang dilakukan  bermanfaat, ada untungnya dan berapa lama jaraknya, serta bagaimana strategi untuk menerima kemungkinan gagal.

Sematang apapun perencanaan dalam melakukan usaha, kemungkinan kegagalan tetap ada. Persiapan kegagalan yang telah tersedia membuat kita tidak stress.

7. Memaafkan

Orang-orang berhasil cenderung punya hati yang pemaaf, sebagaimana mereka menginginkan orang lain juga memaafkan dirinya. Mereka sangat menyadari bahwa dendam  kepada seseorang itu membinasakan. Dendam itu racun yang bersarang di hati manusia yang memendamnya kepada orang yang didendaminya. Itulah dendam kepada seseorang.

Tetapi ada juga dendam yang  yang bernilai positif, yaitu dendam kepada diri sendiri. Karena sebuah peristiwa harus membuat diri jatuh. Semua tidak lain diakibatkan dari kebodohan yang dimiliki. Semua itu membuat dendam kepada diri sendiri untuk tidak terulang hal seperti itu lagi. Dendam telah membuat semangat diri untuk belajar lebih keras untuk bangkit dari keterpurukan.

8. Menambahkan pengalaman

Jika anda perhatikan, orang yang sudah berhasil dan sukses, dalam kenyataannya masih suka mencari pengalaman-pengalaman, peluang dan lokasi  yang baru untuk mencuba sesuatu yang baru, bahkan mereka rela melancong, melakukan aktivitas-aktivitas yang belum pernah dilakukannya.

Ini kerana mereka suka tantangan sekaligus menguji diri dalam mengatasi segala rintangan yang sudah pasti ada dalam mencapai keberhasilan selanjutnya.

9. Menikmati kehidupan

Orang berhasil selalu menikmati sekecil apapun bentuk keberhasilan mereka.  Mereka sangat menghargai nyawa dan waktu yang diberikan Tuhan.  Oleh sebab itulah, kita dapat melihat mereka dikelilingi oleh perkara-perkara yang membawa mereka dalam kegembiraan dan kebahagiaan.

10. Komitmen yang tinggi dalam mencapai impian

Sesuatu yang jarang dilakukan oleh orang kebanyakan  memang yang satu ini yaitu, komitmen.

Bagi orang-orang yang berhasil, komitmen dalam berusaha adalah hal utama. Mereka akan memastikan tercapai atau tiadaknya apa yang akan dilakukan  dalam tempo yang sudah ditetapkan.  Mereka juga mempunyai kedisiplinan yang tinggi, tidak mudah terganggu dengan keadaan sekitar dan sangat fokus dalam melakukan tindakan yang membawa mereka ke arah keberhasilan

Boleh dikatakan, orang yang sudah berhasil, malah akan tambah ketagihan menciptakan keberhasilan-keberhasilan baru, sebab itulah mereka maju.

11. Menjaga kesihatan

Apa gunanya keberhasilan jika tubuh sakit?

Tubuh yang sakit tidak akan bisa menikmati apa-apa, tak terkecuali keberhasilan yang sudah kita raih, oleh kerana itu orang berhasil akan mengambil langkah sebaik-baiknya untuk menjaga kesehatan.  Mereka menjaga pola makan, bersenam, beriadah, mengambil vitamin dan menghindari sejauh-jauhnya segala bentuk yang tidak baik bagi kesehatan.

Kesehatan yang baik adalah salah satu dari bentuk kemakmuran. Lalu, hasil dari menjaganya adalah kesuksesan. Bukankah begitu?

12. Menjaga hubungan dengan Sang Pencipta

Sebesar  apapun usaha kita, setinggi apapun cita-cita kita, hanya dengan izin Allah semua dapat direngkuh.  Orang berhasil sangat berpegang teguh kepada perkara ini.
Didunia ini bukan hanya kekayaan yang harus dikejar, tetapi juga keselamatan diakhirat. Mereka sangat yakin, bahawa Allah yang memberikan mereka kemampuan untuk berusaha dan menganugerahkan mereka dengan kejayaan dan Allah bisa mengambil kembali kapan saja dia menghendakinya.

Maka kejarlah keberhasilan dunia, namun jangan lupa keberhasilan  akhirat lebih kekal adanya.

aDari semua yang baru saja kita baca, ada inspirasi yang sangat penting untuk dipetik disina adalah, janganlah kita puas dengan satu keberhasilan, karena disaat keberhasilan yang satu jatuh masih ada keberhasilan yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar