Rabu, 06 Juni 2018

Lima Langkah Obat Hati Versi Islam


Secara psikologis,Hati yang sakit adalah sebuah keadaan dimana seseorang merasa sedih, galau, sepi dan berbagai suasana hati gelisah mendera di dalam hidupnya.

Dalam ajaran Islam, penderitaan tersebut dinamakan "Hati yang sakit" dan penyakit itu secara psikologis  bisa disembuhkan dengan 5 langkah yang perlu dilakukan oleh penderita, dimana 5 langkah itu dinamakan " Obat Hati"

Inilah 5 langkah obat hati versi Islam semoga bisa menyembuhkan anda.

1. Membaca Kitab Al Qur'an dengan terjemahnya

 Dari terjemahan itu anda bisa memahami isinya untuk kemudian merenungkannya.

2. Mengosongkan Perut

Dengan mengosongkan perut akan menciptakan perasaan lapar yang berfungsi untuk mengendalikan segala nafsu. Dalam hal ini bisa anda lakukan dengan berpuasa.

3. Melakukan Sholat Malam

Ada sholat khusus menghadap Tuhan selain sholat 5 waktu sebagaimana terdaftar dalam rukun Islam, yaitu sholat Tahajud. Sholat tersebut dilakukan di tengah malam.

4. Merendahkan diri di depan Allah

Merendahkan diri di depan Allah dengan cara berzikir dan berdo'a hingga akhir malam (menjalang pagi)

5. Perbanyak bergaul dengan orang-orang sholeh

Perbanyak bergaul dengan orang-orang baik yang hidupnya lurus dan senantiasa mendekat dengan Tuhannya. Mereka adalah orang-orang yang jauh dari rasa rakus akan kehidupan dunia semata.


Referensi: At Tibyan fii Adabi Hamalatil Qur’an, Abu Zakariya Yahya bin Syarf An Nawawi, terbitan Maktabah Ibnu ‘Abbas, cetakan pertama, tahun 1426 H

0 komentar:

Posting Komentar