Kamis, 19 September 2019

OBAT STRESS



Pernakah anda menderita dan bagaimana rasanya penderitaan?

Bagi yang belum pernah mengalaminya tentunya tidak dapat menjawab. Sama halnya dengan pertanyaan, pernahkah anda bahagia dan seperti apa rasanya kebahagiaan itu?

Bagi orang yang belum pernah bahagia tentu tidak dapat menjawab, pula. Akan tetapi, kapan seseorang menderita dan bahagia, orang dapat menjawab, setelah mereka mengalami satu diantara dua hal tersebut.

Orang akan merasakan seperti apa sebuah kebahagiaan setelah orang tersebut terlebih dahulu merasakan sebuah penderitaan. Sebaliknya, orang merasa sangat menderita setelah kebahagiaan yang selama ini menimang-nimang dirinya tiba-tiba sirna. Keduanya tinggal menunggu waktu mana yang akan terlebih dahulu datang untuk kemudian harus dirasakan.

"Itu pasti, bung?"

"Jika kau manusia, itu pasti"

Manusia mana yang dapat menjamin akan bahagia selamanya. Orang boleh berlomba-lomba mengejar harta, jabatan,carier, cita-cita, bahkan cinta. Semua tidak lain dengan tujuan agar hidupnya tidak menderita, melainkan hidup bahagia. Karena memang itu yang dicari manusia didalam hidup ini sebenarnya.

Tidak seorangpun manusia yang menginginkan hidup menderita. Itu adalah fitrah yang senantiasa ada dihati setiap manusia sejak mereka dilahirkan.

Sekarang, kau sedang berada diposisi yang mana? Bukan sedang menakut-nakuti, tapi mengingatkan. Jika kau senantiasa dianugerahi kebahagiaan, bersiap-siaplah agar kau siap menghadapi.

Kepada insan yang sedang berada di posisi yang tidak menguntungkan, bahkan mungkin sedang berkubang di dalam penderitaan yang akut, bersabarlah, agar kau tidak stres. Ingat! Tidak ada penderitaan yang bersifat abadi didunia ini. Apapun bentuknya, tinggal menunggu saja, kapan hukum alam itu akan datang. Jangan sampai hingga waktunya dia datang nanti keburu kau sudah stres. Nanti, bagaimana kau menikmatinya?

Tersenyumlah wahai semua insan yang sedang didera penderitaan, sejatinya kau sedang dalam proses menyongsong kebahagiaan. Dan prihatinlah, wahai semua insan yang sedang bergelimang kebahagiaan, bila perlu menangislah, semoga engkau kuat menghadapi hukum ketidak kekalan ini. 

Seribu jalan perubahan nasib yang manusia tidak mengetahui. Berikut ini beberapa contoh hal yang pernah dan mungkin terjadi pada manusia sehubungan dengan renungan diatas.

Katakan saja, kamulah orang yang menduduki posisi hidup didalam kebahagiaan, bagaimana jika tiba-tiba kamu sakit, dari sakit yang kau derita, membuat dokter harus memprediksi umurmu tidak lebih dari dua bulan lagi. Apakah kebahagiaan masih memenuhi ruang hidupmu dengan membawa prediksi dokter yang sangat akurat?

Katakan lagi, kamu adalah orang yang paling bahagia, karena baru saja meminang istri baru yang sangat cantik. Tapi, entah kenapa tiba-tiba kamu mengalami impoten. Istri barumu tidak bisa menerima itu dan langsung minta cerai. Lebih dari itu, dia kencan dengan laki- laki lain demi mendapat kepuasan dirinya. Bahagiamu pasti akan lenyap dalam seketika dengan hal yang sebelumnya sama sekali tidak terduga.

Contoh yang berikutnya, katakan, kamu adalah orang yang bangkrut, sekaligus membawamu kepada jurang kemiskinan, sudah miskin masih dikejar-kejar kolektor lagi. Hidupmu benar-benar menderita. Rasanya ingin bunuh diri.

Tidak ada angin tidak ada hujan, atas kehendak yang kuasa, tiba-tiba ada rejeki besar menghampiri, isengmu mengikuti undian ternyata menang. Kira-kira kondisi apa yang kamu rasakan sebelum dan sesudah mendapat undian? Dalam hitungan detik, muka murungpun menjadi senyum. Dalam hitungan detik, orang yang paling menderita sekampung berubah menjadi orang yang paling bahagia.

Semua contoh diatas adalah perumpamaan, akan tetapi bukannya tidak mungkin karena semua masih dalam tataran yang sangat masuk akal. Saya tidak bermaksud memojokan agar insan yang bahagia harus bersedih, tapi setidaknya, insan yang sedang didera penderitaan tidak stres apalagi depresi.

0 komentar:

Posting Komentar