Selasa, 17 September 2019

BAJU KOKOH CHINA INSPIRASI BAJU KOKO MUSLIM INDONESIA



Siapa tahu bahwa baju muslim koko berasal dari baju China.

Baju koko sudah menjadi pakaian  Muslim di Indonesia. Di hari-hari raya Islam masarakat yang beragama Islam di Indonesia banyak yang memakai baju koko dalam beribadah merayakan hari raya sucinya. Menjelang hari lebaran baju koko laris dipasaran. Baju koko seakan-akan sudah menjadi pakaian wajib umat Muslim Indonesia.

Sekolah-sekolah agama Islam banyak yang menjadikan pakaian seragamnya dengan menggunakan baju koko.

Tidak cuma sebatas itu, bahkan orang Islam banyak yang menggunakan baju koko sebagai pakaian sehari-hari. Dengan memakai baju koko, seseorang dapat ditebak, bahwa orang tersebut cenderung orang alim, atau setidak-tidaknya beragama Islam, kecuali sengaja sedang menyamar.

Baju koko identik dengan Muslim di Indonesia.

Berbeda dengan pakaian muslim negara asal Agama Islam di Arab sana, bentuk pakaian mereka sudah ada sebelum Islam sendiri datang. Model pakaian mereka memang sudah menjadi budaya mereka. Bahkan masarakat yang tidak beragama Islam memakai pakaian yang sama.

Lain disana, lain disini. Pakaian umum masarakat Indonesia secara umum mencerminkan budaya Indonesia. Namun demikian secara khusus ada pakaian tradisional, pakaian adat dan ditambah dengan pakaian agama.

Pakaian agama yang dimaksud mungkin lebih tepatnya pakaian yang dipakai umat beragama didalam melakukan ibadah dalam perayaan agamanya.

Sejak para pedagang dari China daratan berniaga ke Indonesia, seiring berkembangnya Islam, pakaian mereka secara tidak langsung menjadi cikal bakal inspirasi pakaian  masarakat Islam setelah mengalami asimilasi budaya antara dua negara tersebut.



Membaurnya masarakat betawi dengan masyarakat keturunan Tionghoa menumbuhkan rasa toleransi tak sekedar saling menghormati, lebih kepada pertukaran tradisi dimana baju koko yang sejatinya pakaian masarakat Indonesia keturunan Tionghoa, terasa pas dipakai kalangan kaum Muslim akhirnya diadopsi menjadi pakaian mereka. Bahkan, masarakat keturunan Tionghoa sendiri tidak lagi mengenakannya. Mungkin mereka rela identitas itu dipakai kaum Muslim Indonesia sebagai pakaian khas mereka.

Di Tionghoa, pakaian tersebut bernama Tui-khim. Orang menamai baju koko karena baju tersebut dipakai oleh koh-koh (sebutan untuk warga negara Indonesia keturunan Tionghoa).

Begitulah asal usul baju koko, jika sekarang orang hanya tahu baju koko adalah pakaian Muslim dan hanya dipakai oleh para Muslimin.








0 komentar:

Posting Komentar