Jumat, 13 September 2019

KISAH TENTANG LUKISAN YANG MELIRIK TEMANKU



Menulis adalah salah satu hobiku. Dari sekian banyak hobi yang kumiliki, hobi yang lain diantaranya adalah melukis. Ini mungkin yang paling unik dibanding hobi-hobi yang lain. Melukis tidak sekedar menggoreskan kuas kepermukaan kanvas, akan tetapi lebih kepada pikiran yang bekerja bagaimana memadukan beberapa warna menjadi sebuah kombinasi yang selaras untuk menjadi sebuah keindahan yang diinginkan.

Meski kelihatannya mengasikan dan tidak jarang seseorang tenggelam dalam keasikan tersebut, ternyata melukis sama seperti seni-seni yang lainnya memerlukan cita rasa dan keharmonisan dari beberapa aspek yang memunculkan bentuk artistik tertentu. Oleh karena itu, khusus untuk kali ini saya ingin menulis tentang hobiku melukis.

Bakat melukisku diketahui sejak duduk dibangku Sekolah Dasar, terbukti setiap diadakan lomba melukis aku selalu dapat juara, jika tidak juara pertama, juara dua atau minimal juara tiga gelar itu pasti kudapatkan. Hal itu berlanjut hingga di bangku SMP. Dibangku SMA, lomba lukis disekolah tidak kulakukan lagi, pasalnya, di MAN, Sekolah Lanjutan Tingkat Atas sederajat yang kududuki tidak ada pelajaran melukis.

Akan tetapi hobiku tetep ku lakukan, meski tidak dalam sekolah, setiap waktu luang dan ada modal untuk membeli alat - alat, pasti aku gunakan untuk melukis. Sering ku dengar para ahli seni mengatakan, dalam melukis setiap pelukis mempunyai aliran masing-masing, tidak sama antara pelukis yang satu dengan pelukis yang lain. Ada aliran ini itu, seperti abstrak, dekoratif, realis dan lain-lain.

Aku sendiri tidak tahu dalam golongan mana lukisanku mengalir, karena belum ada ahli yang meneliti karya-karyaku.

Dalam melukis potret, aku melukisnya dengan semirip mungkin dengar goresan yang sangat lembut dan menghasilkan gambar yang tampak nyata, lebih-lebih jika dilihat dari jarak yang lebih jauh. Dari lembutnya goresan kuas yang ku aplikasikan, sering orang yang melihat mengira aku melakukannya dengan airbrush, padahal, goresan tangan yang kental saja.

Kadang-kadang orang menyuruhku melukis keluarganya yang sudah lama meninggal dunia untuk dipajang didinding, mungkin untuk selalu mengingat disetiap mereka memandangnya. Untuk melukis potret tidak sulit jika masih ada potret sisa dokumentasi saat masih hidup sebagai model dan tinggal meniru saja.

Celakanya, banyak yang minta dilukiskan keluarganya yang sudah lama meninggal, akan tetapi, tidak ada dokumentasi potret satupun yang tersisa. Jika sudah begitu, dasar dari lukisan tersebut hanya bersumber dari emaginasi. Semakin kuat emaginasi terhadap apa yang di lukis semakin banyak apa yang akan mereka dapatkan sesuai yang dibutuhkan.

Satu pengalaman terjadi, teman saya minta aku melukis kakeknya yang sudah meninggal puluhan tahun yang lalu, namun dia sudah tidak lagi menyimpan potretnya barang selembarpun untuk aku dapat membandingkannya di kanvas. Beruntung, waktu kecil, aku juga sering berjumpa dengan kakeknya itu, sehingga aku masih punya gambaran baik wajah dan bentuk tubuhnya, bahkan guratan detil wajahnya masih dapat kuingat.

Dengan dibantu komputer, aku menyusun grafik-grafik emaginasi seputar tentang figur kakek temanku itu dan mengukuhkannya menjadi sebuah bentuk, baru setelah itu kutuangkan ide tersebut kedalam kanvas dengan cat warna (oil colour).

Itu masih mending, lebih parah lagi, ada juga yang memesan hal yang sama, akan tetapi, disamping potret yang sudah tidak ada, saya juga tidak kenal dengan orang tersebut. Aku mengambil gambaran orang yang mau dilukis hanya berdasarkan cerita pemesan seputar bentuk dan rupa dari raga orang tersebut tatkala masih hidup , dari kumpulan ciri-ciri itu aku memperoleh gambaran untuk dituangkan ke dalam kanvas. Jadilah sebuah lukisan, seperti apa bentuk lukisan adalah sesuai dengan apa yang digambarkan oleh pemesan itu sendiri.

Sebuah kisah mistis Ratu Pantai Selatan yang misteri tidak luput dari perhatianku. Dengan karakteristik yang sering kubaca dari beberapa literatur, membuat aku berimajinasi tentang sosok ratu yang cantik namun kadang digambarkan sadis dan garang itu. Mengingat dia bukanlah golongan manusia biasa, melainkan golongan makhluk halus atau setan, mebangkitkan keinginanku untuk melukisnya.



Tentunya sosok yang kutuangkan pada kanvasku tidak luput dari apa yang kubayangkan tentang wujud daripada nyi Roro Kidul sesuai dari cerita yang aku baca. Sampai sekarang lukisan itu masih ada. Terhitung sejak artikel ini kutulis, usia lukisan tersebut sudah 20 tahunan, hingga kini lukisan tersebut masih kusimpan.

Hingga pada suatu hari, salah seorang temanku mengaku pernah mengalami hal aneh sehubungan dengan lukisan tersebut. Dia bilang, suatu hari ketika mau berkunjung kerumahku, sebelum sempat masuk ke rumah, terlebih dahulu mengintip lukisan itu yang terpasang di dinding di ruang tamu.

Lewat jendela kaca, ia melihat lukisan itu melirik kepadanya. Lalu ia mengurungkan niatnya masuk kerumah. Aku yang mendengar laporan itu tidak percaya. Aku mengatakan padanya, bahwa apa yang dia katakan itu bohong. Meski temanku  ngotot, tetap saja aku tidak percaya. Meski apa yang dilihat itu nyata sekalipun, aku katakan, itu hanya pikirannya saja yang berhalusinasi, sehingga apa yang dilihat seperti apa yang dipikirkan.

0 komentar:

Posting Komentar