Minggu, 21 Oktober 2018

Meloloh Anakan Burung Sogok Ontong Yang Baik


Burung Sogok ontong dikenal juga dengan nama Prit Gantil, Sriganti atau Burung Madu dengan nama latin, Nectarinia jugularis adalah burung dari keluarga Nectariniidae dari Genus Nectarinia ini memang pemakan nektar sebagai makanan kesukaannya dan serangga kecil sebagai pelengkap dalam pemenuhan asupan gizinya.

Burung ini digemari para pecinta burung berkicau karena suara kicaunya yang khas dan lantang baik sekali untuk master burung berkicau lain sebagai penambah variasi isian lagu kicaunya.

Dari kicauannya, burung ini memang tidak begitu fasih meniru suara burung lain, suara kicaunya cenderung monoton, akan tetapi, jika dipelihara dari usia yang muda dengan diloloh tangan (bukan diloloh oleh induknya di alam liar), akan menghasilkan burung yang berikicau lebih bagus, jinak dan bermental baik. Bermental baik karena burung yang jinak tidak takut dengan manusia yang sejak kecil sudah biasa bersama, sehingga saat berkicau tidak berhenti meskipun ada orang yang mendekatinya, bahkan melihatnya dalam jarak yang dekat (melototi).

Burung ini juga dapat dimaster suara burung lain yang disukai. Suara yang dihasilkan dari hasil masteran mungkin tidak dengan persis meniru suara burung masterannya, akan tetapi burung akan menghasilkan suara yang lebih variatif dan tidak monoton lagi.

Mengingat burung pemakan madu yang bertubuh sangat kecil, dalam meloloh ada tips dan trik sendiri kalau ingin burung yang masih bayi dapat bertahan hidup dan sehat hingga menginjak dewasa sampai dapat berkicau.

Berikut ini saya mau berbagi bagaimana cara meloloh anak burung sogok ontong sampai berhasil.

Anak burung sogok ontong yang pada umumnya dapat kita peroleh dari induknya di alam liar, mengingat burung ini belum ada yang membreeding atau menernaknya, tentu akan mengalami perubahan pola makan karena berubahnya tukang meloloh dari induk kepada tangan manusia.

Apapun pakan yang digunakan oleh induknya dalam meloloh anaknya tak perlu kita bahas, karena kita juga tidak punya waktu untuk mengamatinya.

Yang kita tahu, makanan yang baik untuk pertumbuhan anak sogok ontong adalah jenis serangga. Dan semua jenis serangga yang diperlukan masing-masing burung telah terbukti dapat diganti dengan telur semut yaitu kroto.

Dengan krotolah kita dapat meloloh anak burung sogok ontong. Caranya adalah,

Sediakan    :

1. Kandang burung terpasang lampu boklam (bukan led) 5 Watt
2. Cepuk (tempat pakan burung) kecil.
3. Piring kecil
4. 5cm lidi daun kelapa
5. Kroto
6. Susu kental

Cara meloloh :

Tempatkan kroto di cepuk, tuangkan susu kental sedikit di piring kecil, susu kental berfungsi sebagai perekat dan jauhkan rokok dari genggaman tangan maupun yang terselip dibibir anda.

Peganglah lidi, lalu tempelkan ujung lidi ke susu kental yang sudah anda tuang di piring kecil. Dengan begitu ujung lidi sudah terdapat perekat yang berupa susu kental manis itu.
Tempelkan ujung lidi yang ada perekat ke kroto hingga ada satu atau dua kroto yang menempel di ujung lidi, angkatlah, lalu lolohkan ke mulut atau paruh anak sogok ontong yang sudah terbuka lebar-lebar meminta makanan segera dimasukan ke dalamnya.

Masukan dengan hati-hati ke mulut atau paruh anak burung, jangan terlalu dalam, cukup sampai mulut meraih kroto dan kemudian menelannya. Setelah makanan berhasil ditelan, anak burung akan segera membuka mulut atau paruhnya kembali sebagai tanda bahwa ia meminta makanan yang lain dimasukan kembali. Hal itu terus diulang hingga ia merasa kenyang.

Kenyang anak burung ditandai dengan berhenti membuka mulut atau paruhnya. Saatnya dihentikan pelolohan.

Sekitat 2 jam berselang, anak burung akan berteriak- teriak lagi dengan membuka lebar mulut atau paruhnya kembali yang berarti saatnya pelolohan dilakukan kembali.

Hal itu terus dilakukan hingga sore menjelang malam hari, baru anak burung biarlah istirahat diruang penghangat (inkubator) buatan yang berupa kandang dengan lampu boklam 5 watt yang sudah anda siapkan sampai menjelang pagi untuk kemudian jam pelolohan  dimulai sekitar pulul 7 pagi hari.

Begitu, pelolohan dengan istiqomah (rutin dan sabar) dilakukan sampai anak burung mampu mematuk makanan dengan sendirinya. Biasanya anak burung pada fase ini sudah enggan membuka-buka lebar paruhnya lagi dan lebih memilih konsentrasi belajar mematuk dengan baik seperti layaknya burung dewasa.

Demikian tips dan trik dari saya tentang meloloh anakan burung sogok ontong yang baik yang pernah saya praktekan dan menghasilkan burung sogok ontong yang jinak, bermental dan berkicau bagus. 

0 komentar:

Posting Komentar