Sabtu, 13 Oktober 2018

Cara Mudah Mengecek Koneksi Komputer Ke Internet Yang Tidak Tersambung


Sa'at kita sedang fokus browsing hal penting di internet di komputer, tiba-tiba jaringan internet tidak nyambung ke wifi atau modem. Tidak tahu apa yang harus kita lakukan, yang ada hanyalah perasaan kesal yang dilanjutkan dengan menggerutu, bahkan mengumpat tidak jelas, karena tidak tahu kepada siapa umpatan itu dilontarkan. Marah kepada komputer tidak akan ada gunanya, uring-uringan kepada orang sekitar lebih-lebih bertambah tidak berguna lagi.

Yang baik yang harus dilakukan adalah mencari tahu bagaimana cara mengecek bila pengalaman tersebut harus terjadi kepada kita. Maka dari itu sedikit ilmu tentang itu diharapkan bisa membantu menyelesaikan masyalah anda yang dengan ikhlas akan saya berikan.

Sebelumnya perlu diperhatikan juga disaat kita membuka situs web, seperti google.com, facebook.com, atau gmail.com, mungkin juga dapat terjadi situs-situs itu gagal terbuka, belum tentu semua itu dipastikan dari jaringan internet yang bermasyalah, akan tetapi dapat terjadi memang situs atau web tersebut sedang tidak bisa dibuka untuk sementara waktu atau jarak waktu yang agak lama.

Sebab yang lain juga dapat terjadi bukan dari jaringan internet yang bermasyalah, namun browsur yang kita buka atau komputer sendiri sedang terkena virus didalamnya.

Terlepas dari apa penyebab yang dapat diketahui akhirnya, lebih baik terlebih dulu yang anda coba lakukan adalah seperti di bawah ini.

1. Jalankan cmd (command prompt), lalu ketikan seperti di bawah ini.

ping 8.8.8.8-t

2. Setelah klik ok, maka akan muncul jendela dengan beberapa bacaan yang menunjukan kondisi koneksi komputer ke internet seperti dibawah ini,


Gambar diatas adalah merupakan balasan dari server 8.8.8.8. Pehatikanlah bagian time, semakin besar nilai time menunjukan semakin besar tingkat kelambatan pada koneksi komputer anda. Selain itu nilai time yang berubah ubah secara drastis menunjukan bahwa koneksi jaringan dikomputer anda tidak setabil dan sebaliknya.

Jika yang muncul pesan yang berbunyi Request Time Out, berarti koneksi internet memang sedang bermasyalah. Hal ini dapat ditengarai bila komputer sudah terhubung ke rauter atau wifi, akan tetapi anda tidak dapat melakukan koneksi ke internet. Salah satunya cara adalah dengan melakukan reconnect ataul menunggu sampai koneksi mengalami setabil kembali.


Jika yang muncul pada layar komputer kalimat, general failure atau unreachable, maka anda benar-benar tidak terkoneksi dengan internet.

Bagi pengguna linuk, caranya masih sama yaitu dengan mengetikan perintah ping 8.8.8.8

Begitulah cara yang dapat dilakukan untuk mengecek koneksi komputer atau laptop sekaligus mengetahui kesetabilan internet, semoga bisa membantu.

0 komentar:

Posting Komentar