Jumat, 26 Oktober 2018

Cara Mengganti Package Name Di Android Studio


Bagi para pemula yang sedang tertarik otak atik android studio membuat aplikasi, game atau sejenisnya yang menggunakan tool android studio kebetulan mengalami kebingungan pada sesi mengganti package name atau dalam bahasa Indonesianya "nama paket", bagi yang sudah tahu pekerjaan ini adalah hal yang mudah sekali, akan tetapi bagi yang tidak tahu hal ini adalah sebaliknya, yaitu akan bingung sekali. Seperti saya.

Untuk mengatasi hal itu, bolehlah saya berbagi mudah-mudahan dapat membantu anda menghalau kebingungan itu, yaitu tentang beberapa langkah membuat packet name di android yang sedang anda hadapi.

Inilah, dari langkah ke langkah membuat package name yang desertai dengan gambar screenshortnya.

1. Bukalah android studio anda hingga muncul gambar sebagai berikut. Klik app/java dan perhatikan kalimat yang disorot biru.




  2. Pilih logo gear dan pada posisi Compact empty middle packages, silakan di uncheck !





3. Sehingga tampilan menjadi seperti berikut.



4. Klik kanan pada package yang mau diganti, lalu pilih Refactore /rename atau dengan shortcut,Shift + F6 lalu pilih Rename Package  



Sebagai contoh, dalam pakage ,com.masbahrun.wallpapervivo , akan saya ganti masbahrun dengam developergalau. Pilih refactore,,,,



Diteruskan dengan klick kalimat "do refactore " yang  ada dibawah sana (panah merah).




Dengan cara yang sama lakukan penggantian nama paket. wallpapervivo

5. Selanjutnya klik build.gradle (Module App), ganti applicationId dengan pakage name yang baru,




lalu klik ,Sync Now

6.  Finish.

Mudah, bukan, brow?

Demikian sekilas cara mengganti package name di android studio dengan mudah dan jelas, ini. Semoga berbagi ini benar-benar membantu. Selamat.

0 komentar:

Posting Komentar