Rabu, 17 Oktober 2018

Jack Ma Orang Terkaya China Datang Menginspirasi Indonesia


Orang terkaya di China yang datang ke Indonesia pada acara penutupan ASEAN GAME ke 18 yang diadakan di Indonesia, Jack Ma atau Ma Yun memang sengaja di undang ke Indonesia tepat di moment yang sangat penting, yaitu, ASEAN GAME dimana ajang bergengsi benua Asia, dimana menjadi perhatian diseluruh benua Asia khususnya dan Dunia pada umumnya.

Jack Ma diundang ke Indonesia dalam acara itu oleh Presiden Jokowi agar kesuksesannya dalam bisnis e-comerce dapat menginspirasi rakyatnya di Indonesia, dimana e-commerce adalah satu dari peluang bisnis yang diharapkan menjadi ladang usaha baru bagi rakyatnya, mengingat e-commerce adalah peluang bisnis yang tergolong baru di Indonesia yang cocok di era masa kini.

Sebagaimana bisnis itu dilakukan oleh Jack Ma yang berlatar belakang seorang guru bahasa Inggris, namun dengan peluang yang dia baca dan kemudian dia melakukannya yang akhirnya mengantarkannya kepada orang terkaya di China bahkan dunia.

Apa sih, E-Commerce itu?

Dari Wikipedia, e-commerce adalah kependekan dari bahasa Inggris, "electronic commerce" yang berarti, " Perdagangan Elektrinik", Perdagangan elektronik itu meliputi, penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

Bisa dikatakan, sekarang gaya hidup orang sudah bergeser dari jual beli nyata kepada jual beli lewat internet atau media lain yang dulunya dikatakan dunia maya. Akan tetapi dunia maya telah membuat lorong menuju ke dunia nyata yang berupa akses informasi yang begitu cepat dalam takaran detik orang dapat melakukan deal-deal tertentu dan akhirnya berlanjut dengan transaksi didunia nyata, yang tadinya lewat gambar menjadi tatap muka, yang tadinya hanya data berlanjut dengan transaksi di depan mata. Begitu e-commerce melakukannya.

Jika di China Jack Ma dapat melakukannya, anda juga pasti dapat melakukannya di Indonesia.

Kenapa Jack Ma?

Kali ini Jack Ma menginspirasi, Karena Jack Ma sangat menarik kisah perjalannya didunia e-commerce, dari orang yang ditolak melamar kerja hingga ia menjadi milyarder tingkat dunia. Dibawah ini kisah perjalanan hidupnya yang menginspirasi anda.

Seperti dilansir dari voffice.co.id, Dulu ia hanya seorang guru bahasa Inggris. Itupun sebelum dia menjadi guru, puluhan kali ditolak saat melamar kerja kemana-mana.

Ketika KFC masuk di China, ia mencoba melamar kesana, dari 24 orang yang mendaftar yang diterima sebanyak 23 orang saja, sisa satu orang yang tidak diterima yaitu dia saja. Bahkan dari 30 perusahaan yang dia lamar semua menolaknya, sebelum akhirnya dia memutuskan untuk menjadi guru bahasa Inggris, karena dia fasih dalam berbahasa Inggris selain bahasa Mandarin.

Jack Ma atau Ma Yun lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada tanggal 15 oktober 1964. Jack Ma tumbuh di lingkungan penduduk yang sederhana saja di Hangzhou pada 1980-an.

Saat itu, China baru membuka diri terhadap bangsa barat. Ia harus berhadapan dalam berbagai masalah semasa hidupnya.

Hampir semua sekolah menolak Jack Ma tempat dia inginkan untuk belajar dengan alasan nilai matematikanya yang tidak begitu baik, tapi Jack Ma tetap bertahan dan melalui semua itu. Sejak usia 12 hingga 20 tahun, dia mengayuh sepeda selama 40 menit menuju ke hotel tempat dimana dia dapat belajar bahasa Inggris.

Dari sanalah awal dia bergaul dengan turis-turis asing sekaligus ia memperoleh pandangan hidup baru. Ia merasa dirinya lebih global dalam berpikir di kebanyakan penduduk China yang lain. Apa yang diceritakan para turis sangat berbeda dengan apa yang didapat Ma dari para guru di sekolahnya.

Tahun 1995, saat dia mulai kenal internet menulis dalam kolom pencarian untuk mencari kata "beer" dan "China, akan tetapi tidak mendapati hasil yang memuaskan. Lalu dia berpikir untuk membuat laman website yang melayani jasa penerjemahan ke dalam bahasa China dengan seorang teman. Hanya dalam beberapa jam, ia banyak mendapat surat elektronik yang cukup membantunya membangun situs tersebut.

Dari pengalaman itu maka terpicu hatinya untuk mendirikan bisnis online yang akhinya terlahir Alibaba Group empat tahun kemudian.

Alibaba adalah sebuah perusahaan retailer online terbesar di China dan terbesar dunia ke dua setelah Wal-Mart.

Situs Alibaba.com, merupakan media pertama yang menjembatani para eksportir China dengan para pembeli diluar negeri, serta dengan cepat pula menarik investor.Kegigihannya membuat Alibaba.com mendominasi portal system pengiriman di China.

Dia hanya seorang guru bahasa Inggris dan bukan ahli IT, tetapi ia mampu menjalankan bisnis online retailer terbesar di negaranya, bahkan guru bahasa Inggris ini menjadi miliarder karena dari e-commerce yang ia jalankan tersebut.

Tidak terlalu berlebihan rasanya, jika ini dikategorikan sebuah perjalanan e-commerce besar yang mengandung inspirasi yang pantas untuk ditiru bagi orang Indonesia, khusunya yang berpikiran global dan lebih cenderung untuk maju.

Dunia internet yang menggeser gaya hidup, jangan sampai membawa kita kepada kemudarotan dan kesengsaraan, tetapi, jadikanlah itu semua menjadi jembatan untuk melangkah menuju kepada kesejahteraan dan kebahagiaan. Seperti, Jack Ma.

0 komentar:

Posting Komentar