Senin, 02 September 2019

SETELAH MENIKAH BARU BELAJAR MENCINTAI ( KISAH SITI NURBAYA JAMAN NOW )




Belajar mencintai setelah menikah, berarti sebelum menikah tidak ada rasa cinta, dong?

Cinta tumbuh kapan saja dan dimana saja. Adanya pernikahan memang tidak dapat dilepaskan adanya rasa saling mencintai diantara kedua pasangan yang melakukannya. Diawali dari saling jatuh cinta, dan berlanjut hingga peminangan dan berakhir di kursi pelaminan. Itu biasa, proses yang sudah umum terjadi dalam tatanan kehidupan manusia di dalam masarakat.

Yang tidak biasa adalah, adanya perkawinan yang tidak didasari rasa cinta. Karena suatu hal telah membuat kondisi itu harus terjadi. Dijodohkan orang tuanya, dijodohkan teman, dapat dari media sosial dan insiden-insiden lain yang pada intinya tidak sempat mengenal lebih banyak dari pasangan yang mendadak menjadi pasangan hidup.

Kalau selama ini kita berpikir, menikah karena dijodohkan itu produk jaman bahela yang identik dengan jaman penjajahan. Orang menyebutnya, jaman Siti Nurbaya, diilhami oleh sebuah novel populer berjudul, "Kasih Tak Sampai" yang menggambarkan jaman jadul tersebut yang ditulis oleh Marah Rusli.



Siti Nurbaya, gadis pingitan yang tidak punya pekerjaan, hingga orang tuanya terlilit banyak hutang kepada rentenir Datuk Maringgih. Datuk Maringgih menginginkan Siti menjadi istrinya dan dipaksalah Siti oleh orang tuanya untuk mau menikah dengan Datuk.

Setelah Negara merdeka, lahirlah Raden Ajeng Kartini, pahlawan wanita Indonesia yang berjuang untuk kaumnya para wanita untuk merdeka dari keterbelakangan, ia perjuangkan emansipasi wanita, dimana wanita berkedudukan sejajar dengan pria. Jika pria bisa memperoleh haknya, kenapa wanita tidak. Wanita Indonesia dipingit agar tidak dapat leluasa geraknya, sementara laki-laki bebas kemana dia suka.

Kartini kobarkan kemajuan wanita. Wanita tidak lagi dipingit yang hanya menjadi obyek penderita, akan tetapi mampu juga menjadi Subyek. Apa yang dia perjuangkan memang tidak omong kosong, wanita Indonesia kini sudah banyak yang maju, bahkan negeri ini pernah dipimpin oleh seorang presiden Wanita.



Kembali kepada cinta yang baru dicoba setelah terjadinya sebuah pernikahan. Baik pernikahan karena dijodohkan, paksaan, atau keadaan. Dijaman modern kini, bukan lagi jaman Siti Nurbaya, katakanlah sudah berganti jaman RA Kartini, dimana emansipasi wanita sudah berkerja.

Dampaknya, banyak wanita yang lebih sibuk dengan pekerjaannya, sehingga untuk dirinya sendiri sering tidak ada waktu lagi untuk mengurusnya. Akhirnya, banyak wanita yang tidak memiliki banyak waktu untuk mencari pasangan hidup. Banyak wanita sekarang yang sudah berumur namun masih menjomblo.

Kalau wanita dijaman dulu sangat malu menjadi perawan tua, wanita sekarang sengaja mengulur waktu nikahnya setua mungkin, karena hidup sendiri lebih asik daripada terusik oleh kehadiran seseorang dalam hidupnya yang tidak yakin akan dapat membahagiakannya. Sampai akhirnya menyadari, hidup sendiri terus itu tidak baik, apalagi kodrat wanita adalah sebagai ibu yang kelak harus melahirkan manusia sebagai generasi selanjutnya.

Kini saatnya menikah dan memiliki keluarga perlu mulai dipikirkan. Setelah merekapun mencoba, sedikitnya kesempatan bergaul membuat kemungkinan bertemu dengan lawan jenis menjadi tipis. Semua itu tidak menjadi masalah dijaman melenial kini. Banyak mediasi yang dapat digunakan sebagai sarana bergaul yang dapat dilakukan dimana dan kapan saja.

Kenyataan membuktikan, banyak pasangan di jaman sekarang yang menikah dimulai dengan perkenalan di dalam media sosial. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengenal satu sama lain, sampai keputusan menikah dilakukan. Hasilnya, ada yang tidak lama kemudian pisah lagi, ada juga yang langgeng sampai beranak pinak.

Semua tergantung kepada pribadi yang melakukannya. Tidak sreg dengan cara itu, minta tolong kepada teman atau bahkan kepada orang tua untuk dicarikan orang yang cocok disandingakan dengan diri kita, juga tidak ada masalah, selama dilakukan dengan cara yang benar. Tidak ada dalil yang mengatakan pernikahan karena dijodohkan itu salah. Selama kita suka dengan orang yang dijodohkan.

Siti Nurbaya juga tidak ada masalah dijodohkan, hanya masalahnya mungkin, Siti Nurbaya menyintai Datuk Maringgih atau tidak?

Tidak ada jaminan menikah dengan orang yang terlebih dahulu kita cintai dalam waktu yang lama sudah pasti langgeng dalam ikatan perkawinan.

Teman saya, Badrul, berpacaran lama sekali, sampai bersumpah sehidup semati, nyatanya, setelah menikah, baru tiga bulan cerai.

Berbeda dengan Kerel, teman saya juga, semula ia tidak cinta dengan pasangannya. Masalahnya, pasangannya bukanlah orang yang dia cintai sebelumnya. Ia seorang yang dijodohkan oleh orang tuanya. Tapi tetap dipaksa dan akhirnya menikah. Hingga sekarang hubungannya baik-baik saja, keluarganya juga bahagia, bahkan dia menyesal dulu telah menolaknya, setelah bahtera rumah tangga yang dia jalankan awalnya terpaksa, namun ternyata ia mendapatkan kebahagiaan lebih dari segala-galanya.

Ketika kita tidak mencintai seseorang, ada banyak hal alasan kenapa kita tidak cinta, misalnya, kita belum kenal orang tersebut, pepatah Jawa terkenal dengan,"Witing tresna jalaran saka kulina" , yang artinya, Pohon kasih sayang timbul dari seringnya pertemuan.

Perasaan belum bisa move on kepada seseorang yang pernah dicintainya, juga dapat menutup pintu hati seseorang yang datang, meskipun yang baru datang tersebut sebetulnya lebih baik dari mantannya. Cobalah belajar mencoba untuk mencintai. Mencintai tidak harus dilakukan sebelum pernikahan. Setelah menikah baru belajar mencintai bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Karena batas penglihatan manusia begitu pendeknya. Cobalah melihat lebih jauh dan lebih dalam lagi sebelum menyerah ditengah jalan. Apa yang dilihat sekilas, bukanlah gambaran dari semuanya.       

0 komentar:

Posting Komentar