Sabtu, 21 Juli 2018

SPAM, Si Makanan Dan Pemakan Hati


Sering berjumpa dengan kata-kata Spam? Biasanya istilah itu di jumpai di dunia internet. Spam itu dikenal hal yang tidak baik, karena spam  cenderung menjengkelkan dan hanya merugikan si penerima. Tapi, ada spam yang enak, lho! karena, spam itu adalah nama makanan.

Dari Wikipedia, Spam adalah sebuah makanan diproduksi oleh Hormel Food Corporation yang terbuat dari daging babi yang diiris-iris menyerupai cornet dikemas dalam bentuk kalengan, seperti yang kita kenal juga disini yaitu Sarden. Dibanding dengan cornet daging spam lebih padat. Daging yang digunakan diambil dari bagian bahu dan paha babi yang merupakan bagian yang terbaik dari daging binatang tersebut, yang dilekatkan dengan tepung kentang, garam, air dan sodium nitrit sebagai pengawetnya.

Makanan tersebut pertama ditampilkan tahun 1937 di pasarkan di Amerika. Eropa, juga Asia.

Tapi spam adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan dan merugikan, jika spam yang dimaksud adalah spam di dunia internet, karena spam itu merupakan sebuah pesan yang tidak ada hubungannya dengan orang yang dikiram pesan tersebut. Spam masuk kemana saja, dari email, sosial media bahkan website.

Sebagai contoh, Demikian detilnya sebuah konten dari sebuah website blog yang menerangkan sesuatu yang sangat berguna, tapi, mendadak ada sebuah komentar yang tak jelas pengirimnya yang isinya menawarkan obat sex.  Sengaja atau pura-pura nyasar, ia tak perduli pada topik apa konten yang sedang dibicarakan. Hal itu benar-benar menjengkelkan dan tak ada gunanya, bahkan merugikan bagi si penerima. Lebih menjengkelkan lagi,  hal itu dikirim secara berulang-ulang.

Seseorang harus berkali-kali membuka email karena sering kali ada pesan yang masuk, setiap kali dibuka ternyata, dari pengirim yang tak jelas mengirimkan "Resep Ampuh Memperbesar Alat Vital",setelah itu video porno, lagi.

Meski akhirnya ada yang tertarik promosinya, tetap saja itu hal yang tidak pada tempat yang tepat  demi keuntungan pengirimnya.

Bukan hanya website, email, media sosial dan media informasi-informasi yang lainnya, google yang punya algorytma canggih saja kena spam.

Ketika orang mencari informasi diinternet, disebuah kolom pencarian " google search" orang akan menuliskan kata kunci yang diperlukan sehubungan dengan informasi yang dicari, lalu munculah beberapa judul yang cocok, tapi setelah dibuka,ternyata halaman yang dimaksud cuma halaman kosong belaka, dan diujungnya muncul kata "halaman ini sudah tidak ada atau sudah dihapus ".

Saat halaman yang dicari dapat dibuka, isinya bukanlah isi yang tertera pada judulnya, tapi isi konten hanyalah promo produk milik si penyepam itu sendiri yang sebetulnya tidak dinginkan oleh google engine sendiri.

Disini membuktikan bahwa penyepam itu bukan orang main-main, kalau tidak mengatakan bodoh. Penyepam mampu menipu google dengan sebuah trik seo yang dinamakan "blackchat".

Kenapa mereka melakukan itu, adalah bukan tanpa sengaja dan juga bukan iseng, tapi mereka mendapat keuntungan yaitu mempromosikan sesuatu tanpa harus bersusah payah membuat media dan mengupayakan trevict, tapi promonnya berhasil dibaca banyak orang dengan menumpang trevic orang lain.

Tindakan penyepam adalah tindakan benalu yang merugikan dan membuat orang kesal. Oleh karena itu spam pasti akan dihapus.

Lucunya, website seperti blog atau media lain yang juga hasil karya anak bangsa, yang kebetulan berisi konten yang tidak beraturan, konten-konten tidak penting, apa lagi diulang-ulang seperti tidak punya pekerjaan, padahal mungkin itu website orang baik-baik, hanya saja baru latihan jadi masih berantakan, oleh google bisa jadi akan dianggap juga spam dan dihapuslah.

Kalau kita melihat lebih detil lagi, sepertinya tidak salah karena kata "SPAM" itu bahasa Inggris yang mempunyai perpanjangan "Stupid Pointless Annoying Message" . Kalau saya pisahkan perkata menjadi, Stupid=bodoh, Pointless=tak jelas, Annoying=menjengkelkan, Message=pesan.

Kalau anda pintar bahasa Inggris, silakan susun sendiri. Mudahnya, spam adalah postingan, pesan atau komentar yang isinya tidak jelas.

Begitu yang bisa saya uraikan dengan kata "Spam" yang saya ketahui, semoga menambah pengetahuan para pembaca.

Good nigth, may God Allways to be with you.

0 komentar:

Posting Komentar