Sabtu, 28 Juli 2018

Trik Lamaran Kerja Berdaya Tarik Diterima


Untuk dapat bekerja di sebuah perusahaan atau instansi yang di inginkan, pertama adalah mendaftar atau dalam istilah pekerjaan adalah melamar pekerjaan, dengan terlebih dahulu mengetahui bahwa ditempat tersebut sedang ada lowongan pekerjaan yang dimaksud darimanapun informasinya.

Melamar pekerjaan yang resmi adalah dengan membuat surat lamaran kerja. Dari surat lamaran kerjalah awal penilaian pihak perusahaan untuk menerima atau menolak lamaran anda. Oleh karena itu, penulisan lamaran mutlak perlu dibuat dengan sebaik-baiknya jika ingin diterima dalam melamar pekerjaan.

Dalam persaingan global dijaman sekarang dimana peluang tempat pekerjaan lebih sedikit dari pada pencari kerja, maka persaingan ketat diantara pencari kerja akan terjadi.

Dalam hal ini menulis lamaran kerja dengan sebaik-baiknya belumlah cukup. Yang pelu ditambahkan adalah, menulis lamaran kerja dengan sebaik-baiknya + daya tarik.

Menulis lamaran kerja dengan informasi yang benar dan lengkap ditambah dengan daya tarik. Hal ini menyangkut tentang informasi lengkap berupa persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi dengan lengkap dan daya tarik yang dimaksud disini adalah menyangkut kata-kata dalam isi permohonan yang bila dibaca, maka pembaca akan merasa tertarik.

Memang betul dalam memaparkan maksud perlu kejujuran dan tidak boleh mengada ada karena ini menyangkut potensi anda dalam mengemban pekerjaannya nanti.Tetapi trik-trik tertentu juga perlu diterapkan tanpa menyimpang dari prosedur yang benar.

Berikut ini trik langkah-langkah melamar kerja satu persatu kita bahas.

Sebelum memberanikan diri maju ke medan laga menghadap personalia sebuah perusahaan dalam rangka melamar kerja usahakan persyaratan diadakan selengkap-lengkapnya. Pada umumnya persyaratan yang harus ada dalam sebuah lamaran adalah :

1. Surat Lamaran

Buatlah Surat Lamaran yang bagus. Dalam penulisan Surat Lamaran Kerja yang lengkap memiliki unsur, Tempat dan tanggal,Nama orang atau perusahaan yang dituju (Kepada Yth), Salam hormat, Kata pengantar/pembukaan,isi permohonan kerja, hormat saya dan Penutup.

Tulislah dengan tulisan tangan.

Dalam menulis isi permohonan kerja, gunakan bahasa Indonesia sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Kata-kata singkat,padat, jelas dan mudah dipahami.

Tilislah nama, gelar, jabatan atau perusahaan yang dituju dengan jelas.

Setelah surat lamaran kerja selesai ditulis, teliti tulisan dengan membaca kembali untuk memastikan semua kata dan ejaan tidak ada kesalahan.

Pastikan kertas dalam keadaan bersih dari kotoran apapun dan tidak ada bekas lipatan atau lecek.

Dalam menulis penutup, tulilah keinginan kuat anda untuk diterima dalam perusahaan yang dimaksud.

Jangan lupa diakhiri dengan ucapan Terima kasih.


2. Riwayat Hidup

Riwayat hidup diisi dalam satu lembar khusus pada lembaran Daftar Riwayat Hidup yang nantinya akan dilampirkan di berkas lamaran,yaitu tuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon aktif, e-mail, Pendidikan dari SD sampai terakhir, periode pernah bekerja (waktu dan tempat)


3. Pengalaman Kerja

Jika pernah bekerja di sebuah perusahaan, tulislah pengalaman kerja sebelumnya, serta keahlian yang dibutuhkan dalam perusahaan itu. Jika pengalaman kerja dan keahlian bersertifikat, lampirkanlah!

Salah satu dari trik membuat lamaran mempunyai nilai plus daya tarik, saya masih ingat guru Bahasa Indonesia saya yang juga wartawan, Bapak Nasution dulu bilang, dalam menulis keahlian, tulislah juga bahwa bersedia dites berhubungan jenis keahlian yang dimaksud. Beliau juga bilang, dalam menulis permohonan lamaran sedikit nada-nada sombong diperlukan. Hal ini tidak semata-mata bermaksud menyombongkan diri tapi membuat yang akan menerima pekerja mempunyai kemantapan dan keyakinan bahwa orang tersebut mampu.

4. Lampiran

Hal-hal yang perlu dilampirkan adalah :

a.Pas foto

b.Fotokopi KTP

c.Daftar riwayat hidup

d.Fotokopi ijazah terakhir

e.Forokopi sertifikat pengalaman kerja, khursus atau pelatihan keahlian yang pernah di ikuti.

f.Surat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)


Begitu sekilas ulasan dari saya mengenai trik membuat surat lamaran kerja yang berdaya tarik untuk diterima. Selamat mencoba, Good luck.

0 komentar:

Posting Komentar