Kamis, 21 Desember 2017

INTERNET JADI DUIT


Suatu hari Mola mengajaku ke tempat dimana dia bekerja, yaitu disebuah perusahaan wisata. Ada sedikit hal yang memerlukan bantuan saya dalam rangka membuat Wisata Bertemakan Cinta yang dipenuhi oleh warna ping. Sampai disana aku melihat ada seseorang yang sedang malakukan pekerjaan.

" Kenapa ada yang bekerja disini, bukankah ini tugasmu?" Tanyaku.

Mola :" Itu teman saya sengaja saya taruh disini"
Aku  :" Maksudmu?"
Mola :" Biarlah saat rencana saya untuk mengajukan permohonan   
             keluar dari perusahaan ini sudah ada penggantinya"
Aku  :" Keluar?"  Aku tekejut mendengar jawabannya.

Teman saya itu memang agak aneh disaat-saat itu. Beberapa bulan sebelumnya ketika dia dengan lesu dan putus asa didepan komputer dimana komputer itu sudah tersambung ke internet dengan data yang harus dibayar dan tidak gratis, dengan putus asa sesumbar. Ia mengayunkan tangannya mengarah pada kabel-kabel jaringan internet wifi hingga kebel-kalbel itu nyaris berantakan putus terseret oleh sabetannya.

"Ini semua benar-benar tak beguna",katanya.

Tapi jika keputusannya untuk keluar dari pekerjaan yang selama lima tahun digelutinya dan satu-satunya sumber penghasilannya itu pastilah bukan tanpa alasan. Dan hal itu terpaksa membuatku kepo.

Aku  :" Kalau keluar dari sini, mau kerja apa?".
Mola :" Internet"
Aku  :" Internet, yang mau kau obrak abrik itu?"

Dengan malu-malu iapun akhirnya bercerita panjang lebar tentang dirinya yang tiba-tiba menjadi sorotan masyarakat di desanya tentang bermain internet yang telah membuatnya meraup penghasilan yang begitu mencengangkan menurut ukuran orang desa yang berlokasi disebuah lereng gunung. Puluhan sampai ratusan juta rupiah yang telah ditukarkan dari bentuk dolar perbulan adalah sebuah penghasilan tambahan yang tidak main -main dibanding dengan seorang pengangguran, bukankah begitu? Itulah Mola, yang nama lengkapnya Rohmat Maulana, dipanggil Mola. Dan iapun meneruskan ceritanya tentang kisah jaringan internet yang dimiliki dan nyaris diobrak-abrik itu.

Sebelum benar-benar ia mencabut semua kabel yang menghubungkan komputer ke jaringan internet yang tidak gratis. Bahkan, Internet juga bisa membuat orang terpuruk atau ngetupruk  (dalam bahasa Jawanya), kurang bergaul dimasyarakat atau krisis sosial (dalam bahasa kerennya) dan hal-hal negatif lainnya jika tidak bisa menggali positifnya.

Beruntung, hal positif itu pun akhirnya tersandung tak terlewatkan oleh si Bapak muda yang sudah punya anak ini. Ternyata, awal dari rahasia kesuksesannya diungkapkan. Sederhana dan sangat mudah untuk diingat dan masih terngiang ditelinga, ketika ia mengatakan tidak lebih dari Satu kalimat yang telah mengubah dirinya seratus delapan puluh derajat dari bukan apa-apa menjadi apalah-apalah dan dari tidak banyak duit menjadi banyak duit. Yaitu satu kalimat yang berbunyi " Internet Jadi Duit". Dengan semangat yang sedikit tersisa ia menulis di sebuah mesin pencari yang sudah begitu kita kenal yaitu Google Search, di kampung saya  alat itu kadang dipanggil mbah Gugel.  Ia menulisnya dan kemudian bla..bla..bla.. dan pencerahanpun didapatkannya. Ditelusurinya terus apa kata mbah itu tanpa satupun dibantahnya, hingga ia menemukan satu cara dari seribu cara yang ditawarkan oleh jaringan elektronik yang sekarang sedang menguasai dunia ini.

Demikian ia mengurungkan niatnya membubarkan jaringan internet yang dia miliki dan memutuskan untuk mendalami satu hal yang pasti yaitu tentang Pengembang Aplikasi Android. Ia melakukannya seorang diri tanpa seorang guru ahli IT yang mendampingi, ia melakukannya dengan autodidak.

Dari sini dia berawal dan jika anda berminat untuk mengikuti, disinilah  jejak-jejaknya akan diulas tuntas dengan lugas dan jelas. Internet Jadi Duit, adalah:

A.DENGAN HP ANDROID SAJA

Hanya dengan memiliki handphone android dan dengan jaringan internet bisa dengan jaringan operator, wifi atau lainnya anda bisa mendapatkan duit dari internet. Bagi yang biasa bermain internet di hp pasti bisa melakukan hal ini, karena di sini tidak membutuhkan skill yang sulit.

1. Whaff reward

Download aplikasi ini.Lalu, login, biasanya dianjurkan melelui facebook. Setelah itu ada tugas-tugas yang harus anda isi disana, isilah tugas-tugas itu. Tugas-tugas itu yaitu:
a. Menginstall aplikasi
b. Memainkan game
c. Whaff locker yaitu imbalan membuka kunci layar.

Setiap tugas diatas ada imbalannya masing-masing, yaitu sebuah komisi yang akan dibayar dalam bentuk uang dolar, bisa ditukar dengan gift bahkan ditukar dengan pulsa. Mudah, kan. Aplikasi ini sangat digemari dan anda bisa buktikan bahwa aplikasi ini benar-benar akan mwmbayar dan bukan tipuan.

2. Tab cash reward

Download aplikasinya,kemudian mainkan game atau aplikasi dengan melakukan daily login atau login setiap hari. Pembayaran atas tugas dalam aplikasi ini dihitung berdasarkan bentuk point. Dalam 1000 point anda bisa tukar dengan uang 1 dolar.

Untuk metode pembayaran cash reword menyediakan beberapa cara pembayaran mulai dari Google play credit, Skype, Amazon, Freecharge, Fido, Koodo,Telus,Paypal dan lain-lain.

3. Show Box

Hampir sama dengan cash reward, yaitu aplikasi yang berisi tugas game, seperti menonton video tentang game, memainkan game yang baru direalease dan memenangkan sebuah contes game Mengenai penghasilan sama juga dalam bentuk point yaitu 1dalar setiap seribu point untuk masing-masing tugas yang diselesaikan. Aplikasi bisa didownload di google play store. Pembayaran melaluiPay pal, tukar dengan gift dan saldo pulsa.

4. Chas tree

Meskipun aplikasi ini dibayar dalam bentuk pulsa, aplikasi ini nyatanya paling digemari dan tidak kalah popular dikalangan pemakai hp android. Dengan tugas yang diberikan begitu sangat mudah yaitu dengan lock screen, dimana baru membuka hp akan mulai dapat point pulsa saat lock screen terbuka, mengunjungi halaman situs, install aplikasi android dan lain-lain.

Pembayaran dalam bentuk pulsa yang bisa diambil dimana saja dan kapan saja.

5. Chas pop

Seperti aplikasi-aplikasi yang bisa menghasilkan linnya, aplikasi ini yang memiliki cara kerja yang tidak jauh berbeda yaitu:

Netzme, Coin monster, aplikasi android untuk isi pulsa gratis,Grab points, Gift wallet, AppKarma  Rewards dan Gift Cards, Lucky gift, Cash for apps dan lain-lain. Cobalah anda install dan lakukan peluang-peluang diatas yang hanya menggunakan gadget android andapun bisa mendulang rupiah bahkan hanya dirumah sambil duduk santai minum kopi, enak, kan ?

B. DENGAN KOMPUTER JUGA

Android Application Developer itu adalah orang-orang yang membuat aplikasi, game, utiliti aplikasi, aplikasi multimedia dan aplikasi-aplikasi android lainnya. Dalam pengembangan aplikasi orang harus mengetahui bahasa pemprograman dalam hal ini ddalah pembprograman aplikasi android yang juga melibatkan pengkodingan yang rumit. Tapi jaman yang berkembang, bagi yang tidak menguasai skill tersebutpun bisa melakukannya bahkan dengan sangat mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi builder yang begitu mudah dipelajari bahkan hanya dengan hitungan menit, caranya dengan membeli app builder tersebut. Bagaimana dengan duit yang dihasilkan dari Aplikasi tersebut? dibawah ini beberapa caranya:

1. Menjual Aplikasi Android

Setelah anda berhasil membuat aplikasi, anda bisa menjualnya kepada google play  store. Maka penggung dan peminat aplikasi anda baru bisa menggunakan atau menginstall setelah membayar dengan uang tertentu. Aplikasi ini biasanya dalam bentuk aplikasi gama,e-book atau aplikasi-aplikasi utilities lainnya. Untuk mempercepat laku penjualan, anda bisa mempromosikannya di pihak ketiga. seperti,media sosial facebook,whatsapp,twitter,instagram,bbm, media majalah bahkan media televisi. Orang pun akan membeli apa yang anda jual jika ternyata yang ada tawarkan itu hal yang dibutuhkan oleh mereka.

2. Publiser Iklan Google Admob

Ada beberapa iklan yang bisa muncul di aplikasi android yang anda buat dengan membuka kerja sama dengan google sebagai pemilik hak cipta sistem android itu sendiri untuk menjadi publiser iklan  google admob, yaitu media periklanan yang bisa anda pasang di aplikasi android yang anda kembangkan atau anda buat.Iklan-iklan tersebut biasanya berbentuk iklan banner atau video, jika iklan iklan itu muncul dan diklik atau ditonton oleh orang yang melihatnya,maka anda akan mendapat komisinya.

3.Menjual Fitur Tambahan Pada Pengembang Aplikasi

Membuat aplikasi dalam layanan gratisan. Caranya dengan memberi batas pada fitur tersebut, hingga pada saat digunakan ada item yang masih dibutuhkan. Item-item yang dibutuhkan itulah yang anda jual. Dan pengguna akan membelinya untuk melengkapi atau menaikan grade aplikasi yang digunakannya. Aplikasi tersebut biasanya berbentuk aplikasi game, utilittes dan aplikasi android lainnya.

4. Menjual Jasa Aplikasi Android

Tidak hanya komputer, aplikasi android sekarang banyak digunakan untuk kepentingan tertentu sebagai bisnis maupun kepentingan yang lainnya. jika anda bisa melakukannya anda bisa menawarkan jasa dalam membuat aplikasi yang mereka butuhkan dengan harga yang disepakati bersama.Mungkin tingkat kesulitan dan kwalitas menjadi pertimbangan berapa harga yang harus dibayar oleh pengguna jasa tersebut.

Itu semua diantaranya jejak-jejak langkah sebagaimana kalimat "Internet Jadi Duit"

Selamat mencoba dan berhasil.






0 komentar:

Posting Komentar