Minggu, 17 Maret 2019

CARA MEMBUAT KUE GETAS ENAK



Kue getas merupakan makanan cemilan yang getas  (Jawa : rapuh) sesuai dengan namanya. Sifatnya yang getas dari perpaduan beras ketan putih, kelapa dan gula, membuat kue ini terasa gurih , renyah dan manis.

Jajanan ringan dan enak ini cocok untuk teman minum teh, kopi dan minuman hangat lainnya. Disamping cocok juga sebagai cemilan harian, kue getas juga biasa disediakan dalam hajatan untuk menambah koleksi hidangan tamu-tamu yang berkunjung.

Di desa, pada perayaan lebaran, kue ini juga tidak lupa disajikan bersama hidangan-hidangan yang lainnya, menambah komplit isi meja untuk jamuan tamu-tamu, dari kerabat hingga teman-teman yang datang untuk bersilaturahmi dan bersalam-salaman usai sholat i'ed dilaksanakan.

Bagi yang tidak suka masak-masak, kue getas juga dapat di beli ditoko-toko kue yang tidak jauh dari rumah.

Bagi yang suka praktek bikin-bikin kue cemilan yang ringan, gampang dan tidak butuh waktu lama, kue cemilan ini cocok dibuat sendiri di rumah untuk mendapatkan rasa yang lebih memuaskan dan sekaligus menyalurkan hobi masak kue, gaess!

So, yang minat  mencoba mempraktekan, berikut, saya sajikan cara membuat kue getas yang enak.

Pertama, sediakan bahan-bahan sebagai berikut:

* 250 gram kelapa yang sudah diparut
*100 gram tepung beras biasa
* 200 gram tepung beras ketan putih
*250 ml santan kelapa
* 1/2 sendok teh garam halus
* Minyak goreng secukupnya

* 150 gram gula pasir
*70 ml air bersih

Cara membuatnya:
Campurkan tepung beras biasa, tepung beras ketan putih, kelapa parut dan garam disebuah wadah. Aduk hingga benar-benar rata.

Sambil sedikit demi sedikit diguyur santan kelapa, aduk dengan diulen pakai tangan sampai membentuk adonan yang pekat dan elastis, tandanya adonan sudah tidak lengket lagi.

Adonan siap dibentuk. Colek secukupnya sesuai besar kue yang diinginkan dan bentuklah sesuai selera, bisa bundar pipih, atau seperti jari-jari dengan ujung lancip, terserah dengan kelincahan tangan teman.

Siapkan wajan dan tuangkan minyak tanah ke wajan, lalu panaskan.

Setelah minyak panas, getas yang telah dibentuk jatuhkan satu persatu ke dalam minyak yang sudah mendidih tersebut. Jangan lupa dibolak-balik untuk menghindari gosong. Setelah matang angkat dan tiriskan dulu.

Sekarang tinggal membuat lapisannya yaitu gula pasir. Siapkan panci diatas api, masukan air dan gula pasir kedalamnya. Rebus terus sambil diaduk sampai lumat dan rata.

Setelah gula pasir benar-benar lumat, masukan getas yang baru digoreng ke dalamnya dan aduk-aduk sampai gula pasir membungkus kesetiap getasnya dengan rata.

Setelah gula melapisi setiap getas dengan merata, selesailah pengolahan dan getas tinggal di tata di tempat penyajian. Cocok sekali disajikan bersama teh hangat, kopi pana dan minuman segar lainnya.

Demikian sekilas tentang cara membuat Kue Getas yang enak.














0 komentar:

Posting Komentar