Minggu, 04 Agustus 2019

Siomay Udang Buatan Sendiri Lebih Enak


Kenapa makanan siomay sangat digemari? Karena siomay enak. Padahal, siomay bukan makanan asli orang Indonesia, lho!

Siomay berasal dari negeri China, merupakan makanannya orang Cina yang baru-baru ini sangat di gemari orang Indonesia. Siomay yang merupakan makanan cemilan, akan tetapi isinya penuh gizi, membuat makanan tersebut bisa digunakan sebagai sarapan pagi, bahkan untuk makan siang. Dilihat dari bahannya yang terdapat juga daging, kentang, telur, ada juga sayur, membuat makanan ringan itu bukan makanan cemilan biasa, namaun mengandung nutrisi yang lengkap.

Kalau siomay pada umumnya terdiri dari cincang daging sebagai pengisi didalamnya, namun demikian kita juga dapat membuat variasi isinya sesuai dengan selera kita, terutama jika kita bosan dengan isi pada umumnya. Caranya, dengan membuat sendiri di rumah, misalnya dengan mengganti isi daging dengan udang, pasti akan lebih nikmat.

Jika penasaran, baiklah akan saya bagikan resep siomay isi udang buatan sendiri dan dapat teman praktekan sendiri dirumah teman sendiri.

Silakan teman sediakan bahan-bahan sebagai berikut:

Tepung sagu Tani = 125 grm

Daging ayam giling = 250 grm

Udang (kupas kulit dan ekornya) = 125 grm

Wortel (dicincang kasar) = 1/2 buah

Daun bawang (iris tipis) = 1batang

Bawang bombay (cincang kasar) = 1/2 buah

Garam = 1/2 sdt

Gula pasir = 1/2 sdt

Minyak wijen = 1 sdt

Saus tiram = 1sdt

Kecap asin = 1 sdt

Bawang putih = 3 siung

Kacang tanah goreng = 1 mangkuk

Air = 100 ml

Setelah siap semua bahan tersebut diatas, teman dapat memulai membuatanya.

Pertama, Campurkan daging ayam giling, udang, wortel, daun bawang, bawang bombay, minyak  wijen, saus tiram, kecap asin dan tepung sagu Tani.

Aduk campuran itu hingga merata.

Kedua, Buatlah siomaynya.
Ambil selembar kulit siomay, lalu, isi dengan daging ayam dan udang tadi. Lipat sesuai dengan seleramu atau seperti bentuk biasa. Taburkan diatas siomay wortel cincang kasar sebagai toping untuk menambah rasa dan hias.

Ketiga, Membuat bumbu siomay.
Masukan kacang tanah, cabai rawit, cabai merah besar, garam, bawang putih, gula pasir ke dalam blander dengan ditambah air.

Blander campuran tersebut rata-rata hingga menjadi bumbu siomay.

Keempat, kukus siomay hingga matang.

Untuk matang sempurna, kira-kira 15 menit lama pengukusan, siomay sudah siap untuk disajikan. Sajikan dengan kentang rebus, telur rebus dan perasan jeruk limau.

Selamat menikmati !

















0 komentar:

Posting Komentar