Jumat, 22 Mei 2020

Bagaimana Dengan Qithmir, Seekor Anjing Yang Masuk Sorga?


Seorang penceramah tengah bercerita tentang siapa yang akan masuk Shorga. Dia menerangkan bahwa yang dapat masuk sorga adalah siapa yang membaca shahadat, yaitu orang Islam, karena membacanya adalah rukun Islam yang pertama dan seterusnya sampai ke 5, melakukan amal baik dan bertaqwa.

Dalam sesi tanya jawab yang diadakannya, seorang pemuda berdiri.

Dengan lantang dia bertanya, " Jika seseorang dalam hidupnya senantiasa melakukan amal baik sesuai yang diperintahkan Tuhan, tapi dia bukan Islam, apakah orang tersebut tidak akan masuk sorga?"

Si penceramah yang beragama Islam itu menanggapi pertanyaan pemuda tersebut dengan penuh khidmat. Pertanyaan yang menarik namun juga dalam dan sensitif. Bagaimanapun ini menyangkut tentang diluar agama yang ia anut, yaitu bukan Islam.

Dengan bijak ia menjawabnya tidak secara langsung. Ia membuat perumpamaan,

" jika anda masuk sekolah, sebelumnya anda harus mendaftar lebih dahulu, setelah diterima dan terdaftar di sekolah tersebut, lalu dilanjutkan dengan belajar, hingga rampung masa belajar, mengikuti ujian, lulus dan mendapatkan tanda kelulusan yaitu ijazah. Dengan tanda kelulusan tersebut anda dapat meneruskan jenjang pendidikan selanjutnya." kata Penceramah tersebut.

"Namun, " katanya lagi. " Seandainya anda masuk ke sekolah tersebut, tetapi anda tidak mendaftar, anda mengikuti pelajaran di sekolah tersebut dari awal sampai akhir dan mendapatkan ilmu yang sama dari sekolah tersebut. Bedanya, anda tidak mendaftar terlebih dahulu sejak pertama masuk sekolah, cuma ikut-ikutan saja. Apakah dengan cara ini anda akan dapat mengikuti ujian dan mendapat ijazah ?".

Shahadat, diibaratkan pendaftaran dimana seseorang dapat terdaftar secara resmi dan shah untuk menerima jatahnya masuk shorga sesuai dengan amalnya. Menurut sang penceramah,tanpa pendaftaran, meski orang melakukan amal yang sama, maka orang tersebut tidak akan tercatat sebagai penghuninya.

Membaca literatur tersebut, saya sebagai pembaca tidak dapat menahan diri karena tergelitik. Selain di tempat itu, saya juga banyak membaca literatur-literatur yang lain menyangkut dengan bahasan yang serupa.

Sayapun komen , akan tetapi sebelumnya saya katakan dulu, jika komentar saya juga menggelitik pembaca yang lain, tak terkecuali kepada anda, anda boleh berkomentar lagi dibawahnya, hingga tukar pendapat menjadi lebih seru.

Terkandung didalam All-Qur'an, Surat Al-Kahfi ayat 10-26, dimana meceritakan seekor anjing yang bernama Qitmir yang mengikuti 7 pemuda yang dikejar-kejar oleh rajanya yaitu raja Diqyanus, karena mereka memilih mepertahankan imannya memeluk Islam daripada mengikuti apa yang dianut rajanya tersebut.

Mereka dikejar akan dibunuh. Satu diantara pemuda tersebut bernama Ashabul Kahfi. Mereka masuk ke sebuah gua yang bernama gua Alkahfi untuk bersembunyi. Si anjing Qitmir tidak ikut masuk dalam gua, namun setia menjaganya dipintu gua. Hingga Allah menidurkannya selama 309 tahun. 

Karena lamanya tidur, saat mereka bangun, keadaan negeri itupun telah berubah. Satu dari mereka pergi ke kota membeli makanan dari uang sisa bekal yang dibawanya. Mengetahui uang yang digunakan adalah uang yang berumur ratusan tahun sebelumnya, membuat orang dijaman itu curiga dan melaporkannya kepada raja.

Lalu raja menyuruh untuk menunjukan gua tempat persembunyiannya itu. Sampai ditempat itu, untuk menghindari banyak pertanyaan yang sulit dijelaskan, mereka lebih memilih mati. Dan kematian yang diinginkan itupun dikabulkan Tuhan dan merekapun mati bersama runtuhnya gua tersebut. 

Mereka semua masuk dalam jajaran ahli surga. Atas kehendak Yang Kuasa, Qitmir yang hanya seekor anjing termasuk dalam daftar itu.

Apakah Qitmir membaca Shahadat, apakah agama Qitmir?, karena dia hanya seekor binatang yang tidak dapat bicara. Jangankan bicara, bahkan akal saja dia tidak punya. Akan tetapi, perbuatan baik Qitmir jelas, dia hanyalah seekor anjing yang setia menjaga Ashabul kafi dan kawan-kawannya dalam persembunyian untuk menghindari pengejaran raja Diqyanus yang kejam.

Qitmir menjadi seekor anjing yang masuk surga. 

Ada yang berkomentar, itu sudah kepastian Allah. Jika pendapatnya benar, maka berarti, masuk surga bukan melihat apa agamanya, akan tetapi, adalah Kepastian Allah. Agama bukan satu-satu hal yang membuat orang masuk shorganya.

Secara intern masing-masing, setiap agama mengklaim, bahwa agama yang dianutlah yang akan memasukan umatnya masuk shorga. Secara umum, hal itu tidak bisa dilakukan.

Kata AGAMA sendiri berasal dari kata A = Tidak dan GAMA = rusak, jadi , agama berarti, "sesuatu yang tidak membuat kerusakan". Mengacu dari ma'na tersebut, bolehlah dimaknai bahwa semua agama adalah baik dari isi maupun tujuannya.

Dalam Islam sendiri ada ajaran yang menjelaskan, tidak ada paksaan dalam beragama. Di Indonesia ada bebrapa agama yang diijinkan dan sesama pemeluk saling memupuk toleransi, mereka beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing dengan damai. Hal itu juga menjadi salah satu yang membuat negeri ini dikagumi dunia dengan Bineka Tunggal Ika-nya.

Dengan beragama manusia menjadi baik akhlaknya dan semoga Tuhan memasukan kita dalam shorganya dengan segenap kehendaknya.

Peristiwa Qitmir hendaklah menjadi pelajaran dan renungan. Seekor anjing yang dalam agama Islam  najis, Allah memasukannya dalam sorga. Jika agama hanya dapat dilakukan bagi makhluk yang berakal, Qitmir tidaklah termasuk didalamnya.

Bukan sebanyak apa ibadah yang dilakukan yang memasukan kita ke shorga, tetapi hanya rahmat dan keridloan Allahlah. 

Senin, 11 Mei 2020

Piara Tupai, Biaya Murah Lebih Mengasikan Dari Pet Lain




Ketika banyak orang memelihara binatang piaraan didalam rumah, saya juga tidak ketinggalan. Binatang yang lucu dan menggemaskan dapat menjadi hiburan. Memberi makan dan bermain-main dengannya dapat menghilangkan stress. Mengadopsi dan menjadikan anggota keluarga sebagai pet sangat cocok bagi orang yang memiliki jiwa penyayang binatang. 

Binatang pet bukan binatang ternak yang dipelihara untuk berkembang biak, hasil dari berkembang biakan itu dijual dan menghasilkan uang berlimpah, tapi pet hanyalah binatang yang sengaja dipiara di dalam rumah masuk dalam anggota keluarga. 

Meski seekor binatang, mereka akan diperlakukan sama dengan anggota keluarga yang lain, tidak jarang pet lebih disayang dari pada manusia dalam anggota keluarga terutama oleh pemiliknya. Pemilik pet biasanya tidak akan menjualnya dengan harga berapapun, baginya, uang bukanlah ukuran dari sebuah kesayangan. 

Binatang yang umum dijadikan pet biasanya memiliki bentuk dan sifat yang unik, lucu dan menggemaskan, beberapa binatang tersebut seperti, monyet, kucing, anjing, berang-berang, musang, burung dan lain-lain. Mereka adalah jenis pet yang bisa dibeli atau diadopsi di toko pet yang dinamakan petshop. Petshop sekarang dapat ditemui disetiap sudut kota. 

Semua binatang pada dasarnya dapat dijadikan pet, itu semua tergantung yang mau memeliharanya. Terlepas dari yang umum dijual belikan di petshop, binatang adalah binatang, sama-sama makhluk Tuhan. Bedanya manusia memiliki akal pikiran dan binatang hanya punya naluri. Dengan akal, manusia dapat menundukannya. 

Sebagai contoh, binatang pet yang saya miliki, saya tidak mendapatkannya di petshop, karena sepertinya tidak dijual di sana. My pet is tupai. Binatang pet yang saya miliki adalah dua ekor tupai yang masing-masing berkelamin jantan dan betina. Mereka sepasang, saya dapatkan dari teman saya hasil dari mengunduh di sarangnya. 

Mereka saya pelihara sejak belum membuka mata. Merekapun harus disusui dengan susu bayi binatang. Karena susu khusus untuk tupai tidak ada dijual dipetshop, sebagai gantinya saya beri mereka susu babby kambing. Itupun saya dapatkan dari susu kambing yang saya perah sendiri dari kambing piaraan sendiri. Ternyata dengan susu tersebut seperti tidak ada masyalah dan merekapun tumbuh dengan normal menjadi tupai yang sehat dan lincah. 

Mereka tidak pernah melihat bentuk ibunya sejak pertama membuka mata, mereka hanya tahu saya yang memberi susu dan membesarkannya hingga dewasa. Oleh karena itu, dia sangat patuh dan menurut kapada saya. Mereka selalu datang saat dipanggil dengan namanya masing-masing. Yang betina bernama Cici dan yang jantan bernama Kiki. Baik Cici dan Kiki selalu bermain bersama. 

Mereka saya bebaskan di luar kandang, mereka bermain dan mencari makan tambahan disekitar rumah. Di atap mereka berlari kejar-kejaran, lalu turun meniti plafon. Kadang saya terhibur melihat tingkahnya. Melihat mereka yang seharusnya di alam liar berlari - lari didepanku, rasanya diri ini juga sedang berada di hutan, habitat mereka, tempat dimana mereka dapat ditemui berseliweran. 

Dalam asuhan saya, makanan yang saya berikan setelah dewasa dan sudah lepas susu bukan makanan yang dibeli di petshop atau toko pakan khusus pet yang lain, jangankan untuk membeli makanan pabrikan yang menurut saya sangat mahal, untuk jajan sendiri saja kurang. Akan tetapi, jangan pertanyakan keadaan tupaiku karena makanan. Meskipun tidak pernah makan pakan toko, pertumbuhan tupaiku tidak kalah bagus dibandingkan dengan pet milik orang kaya yang penuh dengan makanan mewah dan mahal. 

Tupaiku tumbuh gemuk, sehat dan lincah. Makanan tupai saya berasal dari pakan alami. Makanan itu berdasarkan dari pengalaman pribadi, dimana saya selalu mengamati tupai liar saat mencari makan di alam bebas. Hal itu membuat saya tahu semua jenis makanan yang disukai. Sebagai orang yang tinggal di desa, bahkan dilereng gunung tidaklah sulit untuk mendapatkannya. 

Pada suatu waktu, kejadian yang tidak diingikan harus terjadi, tiba-tiba si Kiki rontok bulunya. Pertama dari bagian perut lama-lama melebar ke mana saja, hingga nyaris pelontos sekujur tubuh. 



Saya sempat bingung, mau saya periksakan ke dokter hewan, uang buat membayar jasa dokter dan resep obat tidak ada. Akan tetapi, saya tidak tinggal diam, saya berusaha untuk mengobatinya sendiri. Yaitu dimulai dengan rajin memandikannya pakai sabun. Saya berfikir sabun memiliki zat disinfektan dan juga satu-satunya zat pembersih tubuh, tak terkecuali tubuh tupai. Barangkali jika ada jamur, bakteri atau mikroba apa saja penyebab bulu rontok itu akan sirna. 

Setiap hari saya lakukan, mengeringkannya dengan handuk setelah mandi dan kemudian menjemurnya pada matahari pagi. Saya pernah membaca katanya matahari pagi dapat membunuh kuman penyakit. 

Ramuan-ramuan penumbuh bulu herbal yang saya tahu juga dilakukan. Bermacam tumbuhan dengan mudah saya dapatkan disekitar rumah sebagai bahan bakunya. 

Beberapa selang kemudian, tanpa disadari aku melihat warna hijau tipis menyelimuti tubuhnya. Setelah saya perhatikan, ternyata itu adalah warna dari bulu yang mulai tumbuh di sekujur tubuh. Rupanya penyakit yang terdapat di tupai saya telah berakhir, bulu baru tumbuh menggantikan yang telah hilang. Benar-benar ajaib. 

Masyalah pada kerontokan bulupun terselesaikan, tubuh yang semula gundul kini lebat kembali.

Bicara soal tupai, sobat pasti membayangkan juga dengan binatang serupa yang suka makan kelapa di pohonnya, yaitu bajing. Sekilas memang nampak sama, tapi sebetulnya dia berbeda. 

Bajing merupakan mamalia pengerat (ordo Rodentia) dari suku (famili) Sciuridae yang dalam bahasa Inggris dinamakan Squirrel. Sedangkan tupai, berasal dari famili Tupaiidae dan Ptilocercidae yang dalam bahasa Inggris dinamakan treeshrew.  

Bajing lebih suka makan buah-buahan termasuk kelapa. Sedangkan tupai memakan hampir semua makanan, dari buah, tumbuhan, serangga juga daging. Dia termasuk omnivora. Tupai tidak suka makan buah kelapa, lain dengan bajing yang sangat suka buah yang berlapis tempurung keras ini. 

Sebagai binatang pengerat, bajing mampu menggerogoti tempurung yang keras hingga tembus pada kelapa bagian dagingnya. 

Tupai tidak. Sifat tupai yang tidak suka menggerogoti ini memungkinkan ditempatkan dalam kandang kayu yang dapat dibuat sendiri dengan kreasi yang disukai. Tidaklah demikian untuk kandang bajing. Kandang bajing perlu dibuat dari kandang besi, kalau tidak ingin dicabik- cabik oleh giginya yang suka iseng jika kandang terbuat dari bahan kayu. 

Jika diamati lebih detil lagi, bentuk tupai dan bajing memiliki banyak perbedaan. Terutama dibagian moncong dan bulu ekornya. Moncong tupai lebih monyong daripada bajing, lebih mirip moncong musang, gitu. 

Berbeda dengan moncong bajing, dia lebih datar, kalau disamakan, kira-kira mirip kepala kelinci. 

Bulu ekor pada bajing lebih lebat dan mengembang dibanding bulu ekor pada tupai. 

Tupai termasuk binatang yang cerdas. Indra penciumannya mampu mendeteksi bau yang tersembunyi dibalik benda yang tebal sekalipun. Saya sering menggunakannya bermain-main saat lagi jenuh. 

Permainan yang mengasikan adalah menjadikannya anjing pelacak dan saya sendiri menjadi polisinya. Cara permainannya, seekor jangkrik atau belalang saya sembunyikan dibalik tas atau ditaruh dalam saku. Lalu, dilepaslah tupai, dengan sendirinya dia akan mengendus-endus hingga ia menemukan kecurigaan ada sesuatu yang dia suka di dalam tas atau saku, dimana dia akan berhenti dan tidak mau pergi ditempat tersebut sambil tetap mengendus-endus berusaha untuk mendongkel dengan mulutnya. Unik, kan! 

Tupai, orang sering juga menyebutnya bajing kekes ini memang suka mengendus-endus ke bawah tanah dalam mencari makan. Sepertinya banyak makanannya yang bersumber di bawah tanah. Hampir semua binatang-binatang kecil yang berasal dari tanah dia makan. Seperti, jangkrik, belalang, semut, cacing, larva, rayap dan lain-lain. 

Begitu mudahnya memberi makan jika binatang piaraan yang kita punya adalah tupai. Karena hampir semua makanan selama dia mampu mengunyah akan dilahapnya. 

Pernah suatu hari tidak ada makanan yang saya berikan kepada tupai saya, bersamaan dengan itu saya mendapati ibu saya pulang belanja. Dalam belanjanya ada daging ayam. Saya cuil sedikit daging ayam segar tersebut dan saya berikan, dengan lahapnya ia makan. 

Dari semua makanan, makanan yang paling disukai tupai saya adalah serangga. Semua janis serangga dari jangkrik, belalang, hingga lebah mereka sangat suka. 

Selain makanan dari alam, tupai juga mau makan vour, makanan pabrikan yang biasa digunakan untuk pakan burung yang banyak dijual ditoko dan warung terdekat. 

Keunikan lain dari tupai adalah suaranya, tupai memiliki suara ngekek yang melengking. Suara yang dihasilkan sering digunakan oleh penggemar burung berkicau sebagai master dalam mencetak burung kicaunya lebih variatif. Dengan isian suara tupai, penilaian burung kicau saat kontes memiliki nilai plus. Oleh karena itu, jangan heran kalau penggemar burung banyak memiara tupai dalam koleksi piaraan burungnya.

Selasa, 18 Februari 2020

Barang Mantan Sebaiknya Dimusnahkan Atau Gak?


Barang mantan sebaiknya dimusnahkan atau gak?
Pertanyaan yang ringan, tapi begitu pelik bicara mantan, terutama mantan yang meninggalkan kita saat kita masih cinta. Lain halnya dengan mantan yang kita tinggalkan, itu karena kita sudah tidak mencintainya lagi atau suatu hal yang membuat bersamanya malah menderita.

Mantan yang berpisah disaat kita masih cinta,  itulah mantan yang sebenarnya.

Barang-barang mantan adalah barang-barang yang pernah dimiliki oleh mantan akan tetapi posisinya ada pada kita walau status hubungan sudah bubaran.  Benda-benda hasil pemberian atau pertukaran disaat pacaran seperti perhiasan, pakaian, atau cindera mata, termasuk poto yang masih kita simpan, apakah lebih baik tetap kita simpan atau sebaiknya dimusnahkan saja?

Memang barang-barang mantan punya banyak kenangan, itu pasti, karena setiap barang yang ada memiliki kisah manis saat masih bersama. Kisah manis yang ada itu terjadi dahulu, saat cinta masih berbunga-bunga.

Bagaimana saat cinta telah hancur dibawa oleh pengkianatan ? Mengingatnya sungguh sangat menyakitkan. Barang-barang mantan yang kebetulan tersimpan mengingatkan semua keindahan itu justru berbalik menyakitkan untuk dikenang.

Perlu Move On
Hanya satu obat lara hati ditinggal kekasih yaitu, move on. Sampai kapan hal itu dijumpai adalah sampai kapan anda melupakannya. Selama itu belum didapatkan, dijamin anda akan terus lara. Untuk mendapatkannya hanya satu cara yaitu melupakannya. Melupakan berarti menghilangkan semua kenangan yang pernah ada.

Benda-benda yang mengingatkan kenangan lebih baik dilempar saja jauh-jauh hingga tidak terlihat lagi oleh mata. Itulah kenapa memusnahkan barang-barang mantan perlu dilakukan.


Ada sebuah cerita tentang tujuh orang yang harus tinggal di sebuah pulau terpencil. Ketika turun dari kapal menginjak bibir pantai, mereka ragu melangkah menuju lokasi yang dituju yaitu beberapa kilometer lagi. Mereka selalu menengok kebelakang melihat terus kapal miliknya yang terdampar dipantai.

Melihat itu, Klark pemimpin rombongan yang juga kapten kapal berbalik menghampiri kapal. Dia menyiramkan bensin di kapal dan kemudian mengambil pemantik api, lalu membakarnya.

Melihat kapal yang sudah hangus terbakar tak tersisa, barulah rasa ragu dan sayang hilang, merekapun meneruskan langkah lagi dengan tanpa beban.

Sang kapten tahu, bahwa yang membuat berat melangkah adalah rasa sayang untuk meninggalkan kapal. Hangusnya kapal juga menghilangkan pikiran kalau-kalau masih ada kemungkinan untuk membatalkan perjalanan dan pulang.

Untuk sampai pada sebuah tujuan, kita harus menghilangkan apa yang memberatkan langkah untuk mencapai tujuan tersebut, karena itu lebih penting dari segala-galanya.

Untuk apa terus menyimpan barang-barang mantan, kalau itu sudah tidak lagi manis, mereka sudah berubah getir sejak kemanisan itu sudah ternodai oleh berantawali. Sekarang barang itu sudah menjadi sesuatu yang hanya manis dipandang namun getir untuk ditelan. Itu lebih menyiksa dari segelas air tuba, pada hakekatnya.

Barang-barang itu sebetulnya yang menambah sulit buat move on. Hapus saja semua kenangan, anggap dia sudah mati dan tak mungkin untuk kembali.

Mencari tempat berlabuh baru itu lebih penting. Fokuskan urusan ke hal lain yang lebih bermanfaat, melakukan hal yang belum pernah dilakukan, kalau perlu hindari pekerjaan yang biasa dilakukan bersama mantan, hindari segala hal yang berbau itu semua. Yang lalu biarlah berlalu. Lupakan, lupakan dan lupakan. Memang tidak cukup satu kali untuk melakukannya, tapi pasti bisa.

Senin, 17 Februari 2020

MISTERI AJARAN DAN KEMATIAN SHEH SITI JENAR YANG DIKABURKAN




Sheh siti Jenar adalah salah seorang wali yang memiliki ajaran dianggap menyimpang daripada wali sanga dan akhirnya dihukum mati. Satu ajarannya yang menyatukan hamba dengan Penciptanya yaitu: Manunggaling Kawulo Gusti, yang berarti menyatunya pencipta dan yang diciptakan.

Proses hukuman mati dengan cara di tusuk dengan keris genta naga. Pada tusukan pertama terdengar suara keras seperti benturan besi, para wali bilang," Allah kok tubuhnya seperti besi".

Sheh Siti Jenar menjawab" Coba tusuk sekali lagi!"

Lalau, salah seorang dari sembilan walipun kembali menusukan keris genta naga keperut Sheh Siti Jenar.

Yang terjadi adalah Sheh Siti Jenar menghilang, para wali tidak mau kalah dan terus mengambil siasat dengan mengatakan, "Katanya kau rela menghadapi kematian ini, kenapa kau menghilang?"

Mendengar itu, Sheh Siti Jenar muncul menjelma kembali dengan minta ditusuk untuk ketiga kalinya.

Tusukan ke tiga kalinyapun dilakukan, yang terjadi adalah Sheh mengeluarkan darah putih dari bekas tusukannya.

Melihat itu, Para Wali masih juga mengatakan, " Allah, kok darahnya putih kaya cacing?"

Mendengar semua serba dikomentari, Sheh Siti Jenar bangkit, bekas tusukan keris menghilang seketika dan dia bengun dengan segar dan sehat seperti tak terjadi apa-apa.

" Lalu kematian seperti apa yang engkau inginkan?" kata Sheh Siti Jenar menyerahkan.

" Kematian sebagai orang biasa yaitu Abdul Jalil (nama asli dari Sheh Siti Jenar) dengan tubuh lemas hingga napas berhenti"Pinta Dewan Wali Sanga.

Lalu pada tusukan terakhir, Sheh Siti Jenarpun mati dengan kematian yang wajar sebagai manusia biasa.

Apa kesalahan Sheh Siti Jenar hingga sampai segitunya? Itu yang teman tanyakan, kan.

Sangat rancu untuk bicara kesalahan atau dosa pada  Sheh Siti Jenar, hanya Allah sendiri yang tahu. Terutama setelah teman membaca lebih lanjut kisah ini.

Ajarannya yang fenomenal dan kematiannya yang seperti sengaja dikaburkan ini, hingga kini membuat orang bertanya-tanya. Ceritanya membuatnya menjadi tidak kalah terkenal dengan ketenaran wali sanga itu sendiri.

Sheh Siti Jenar memiliki ajaran rahasia tentang hamba dan tuhannya yang terkenal dengan sebutan "Manunggaling Kawula Gusti" yang artinya, Bersatunya hamba dengan Tuhan. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mudeng. Oleh karena itu tidak dapat dibeberkan di depan publik, salah- salah akan menimbulkan konflik. Jadi lebih baik disembunyikan agar tidak membingungkan umat.

Dalam sudut pandang lain dianggap rekayasa colonial yaitu bagian dari tak tik penjajah dalam memecah belah umat untuk kemudian menguasai.

Jika ini dasar dari kesalahannya, Dia bersalah atau tidak hanya Allah yang tahu.

Semakin disembunyikan, malah orang jadi penasaran, inilah kisahnya.

Karena ilmu yang diajarkanya itu berbeda dengan yang diajarkan para Wali sanga, Wali Sanga mengadakan sidang atas ijin kesultanan sebagai penguasa Demak kala itu, yaitu Raden Patah, menyangkut desas desus tersebut dengan mengundang Sheh Siti Jenar langsung ke persidangan.

Setelah berkumpul para wali dan pejabat kerajaan terkait, diperintahlah dua orang santri menjemput Sheh Siti Jenar.

Dengan sopan santri tersebut berkata" Sheh Siti Jenar di mohon kehadirannya dalam sidang para wali di kesultanan"

Sheh Siti Jenar menjawab: "Disini tidak ada Sheh Siti Jenar, melainkan Allah"

Lalu utusan santri itu kembali dengan mengatakan alasan Sheh   Siti Jenar yang tidak mau datang. Lalu Wali menyuruh mereka kembali lagi.

"Katakan pada dia, Allah diminta datang ke persidangan" katanya.

Santri utusan itupun kembali ke tempat Sheh Siti Jenar.

" Allah sedang ditunggu di persidangan" kata santri utusan.

" Disini tidak ada Allah, melainkan Sheh Siti Jenar" jawab Sheh Siti Jenar.

Arti dari jawaban Sheh Siti Jenar disini adalah, Dalam diri Sheh Siti Jenar ada Allah dan Di Allah ada Sheh Siti Jenar. Nggak mudeng, kan?

Pergumulan ilmu yang dikuasainya yaitu ilmu tasyawuf    orang yang bernama asli Abduljalil memang dalam. Dalam naskah negara Kartabumistarga 3, buku 77, disebutkan bahwa Abduljalil dewasa pergi menuntut ilmu ke persia dan tinggal di Bagdad selama 17 tahun. Ia berguru kepada seorang mullah Si'ah muntadhor bernama Abdull Malik Albagdadi atau Siah imamiyah dan menguasai berbagai ilmu pengetahuan agama.

Kesukaanya ilmu tasyawuf, membawanya berguru kepada Sheh Akhmad yang menganut aliran Akhmaliah yang jalur silsilahnya sampai ke Abu bakar asidiq r . a. Selain itu dia juga menganut torekot Sathoriah dari Sheh Datuk Kafi.

Disiplin ilmu yang diperoleh dari negeri yang merupakan pusat peradaban Islam dunia membuat pandangan-pandangan Sheh Datuk Abdul Jalil bergeser dari kelaziman.

Ilmu tasyawuf yang berdiri tegak diatas fenomena pengetahuan intinitif bersumber dari kalbu, oleh Sheh Siti Jenar diformulasikan sedemikian rupa bersama ilmu filsafat, mantek atau logika.

Pengetahuan intinitif yang merupakan pangkal dari kerahasian dijabarkan dengan cara terbuka melalui bahasa filosofis. Sheh Siti Jenar beranggapan bahwa pengetahuan ma'rifat atau ginostik yang bersifat supra rasional tidak harus dijabarkan dengan kode yang bersifat mistis yang tidak dapat dipertanggung jawabkan, namun sebaliknya, pengetahuan ginostik harus bisa dijelaskan dengan logika yang rasional dan bisa diterima oleh akal.

Menurutnya, hidup didunia ini adalah kematian, dan sebaliknya, apa yang disebut sebagai kematian adalah awal dari kehidupan yang haqiqi dan abadi.

Dalam konsep yang lain yaitu , Manunggaling kawula gusti dibantah oleh beberapa penulis Sheh Siti Jenar menjelaskan.

Kurang lebih sekitar tahun 1404, Sheh Siti Jenar dilahirkan, merupakan masih keturunan Nabi Muhammad dari garis keturunan Siti Fatimah dan Ali bin Abitholib.

Pada tahun 1475, dimasa kesultanan Demak, Sheh Siti Jenar mengembangkan ajaran Sufi yang dinilai bertentangan dengan ajaran Wali Songo. Ajaran Manunggaling Kawula Gusti dianggapnya ajaran sesat. Parawali dan ulama di wilayah kekuasaan Demak kala itu termasuk Sheh Siti Jenar hanya diberi wewenang  mengajarkan shahadat dan touhid, sementara Sheh Siti Jenar dikabarkan berani mengajarkan ilmu ma'rifat dan hakikat. Maka digelarlah forum akan pertanggung jawaban ajaran Sheh Siti Jenar, sebagian besar anggota Walisongo hadir dan memberikan argumen penyanggahan tentang ketuhanan yang diyakini Sheh Siti Jenar.

Bagi Sheh Siti Jenar inti paling mendasar tentang shahadat dan touhid adalah manunggal atau bersatu. Artinya, seluruh ciptaan Tuhan akan kembali menyatu dengan yang menciptakan, yaitu Manunggaling Kawula Gusti.

Banyak argumen yang berpendapat, konsep tersebut pengaruh dari primbon jawa, padahal dalam kitab Jawa yang mengangkat tentang dirinya yang berjudul, Suluk Sheh Siti Jenar, Beliau jelas-jelas menggunakan kalimat, Fana wal Baqo. Kalimat itu sangat berbeda penafsirannya dengan manunhgaling kawula gusti. Istilah fana wal baqo merupakan ajaran thouhid.

Allah berfirman: "Kulu sai'in haalikhun ilaa wajahu" artinya kurang lebih: " Segala sesuatu itu akan rusak dan binasa kecuali dzat Allah.

Sheh Siti Jenar adalah penganut Touhid dan Sufi sejati.

Yang dalam cerita  hidupnya dikenal berakhir dengan dihukum mati oleh Para Wali Songo. Entah benar atau tidak, cerita itu sudah lama bergulir dan banyak ditulis dalam berbagai literatur.

Akan tetapi, dimana beliau dikuburkan, dimana petilasannya  hingga sekarang masih misteri.

Beberapa literatur menuliskan, setelah beberapa detik kematiannya, tiba-tiba berbau harum dan disekitar muncul cahaya indah bak pelangi. Wali songopun tertegun dan serta merta mereka menciuminya.

Kemudian untuk menhindari banyak penafsiran, mereka menggantinya dengan jasad binatang agar ia berbau layaknya orang yang mati dihukum dan jasad Sheh Siti Jenar entah di bawa ke mana. Itu juga  cerita yang belum jelas darimana sumbernya. Semuanya masih kabur hingga sekarang perihal tentang kematian seorang Sheh Siti Jenar.

Sheh Siti Jenar yang disebut juga Ulama Abangan, karena berhasil melaraskan ilmu kejawen yang selaras dengan Islam dan memangkas yang bertentangan, sehingga dapat terhindar dari kesesatan yang sesungguhnya seperti patah ditengah jalan, akan tetapi, tidak dipungkiri, ajaran yang masih tersisa diam-diam masih banyak dicari. Secara diam-diam juga dia memiliki pengagum yang tidak sedikit, anehnya para pengagum tersebut berasal dari orang Islam sendiri.

Sesatkah dia, seperti yang diputuskan para Wali? Wallahu A'lam, tentunya.



Rabu, 12 Februari 2020

MENELAN BAYI TIKUS HIDUP UNTUK KEKUATAN DAN STAMINA



Biasa saja, sulit untuk di percaya, atau gila, jika ada sebagian orang suka menelan bayi tikus baru  lahir yang masih merah. Mereka menelannya begitu saja dalam kondisi anak tikus hidup.

Mereka melakukan itu semua bukan tanpa alasan, karena mereka melakukannya dengan otak yang waras, dengan sadar dan tanpa paksaan.

Mereka sudah terlebih dahulu mendapat informasi bahwa menelan tikus bisa membuat seseorang menjadi sehat dan kuat. Lebih dari itu menelan tikus dapat menambah kekuatan dalam melakukan hubungan sex.

Bagaimana itu bisa terjadi?  Ternyata begini cerita lengkapnya.

Dikutip dari orang yang pernah melakukan hal tersebut, bermula orang tersebut mendengar informasi dari mulut ke mulut tentang kasiat minum cindil atau bayi tikus yang sudah saya terangkan diatas. Lantas, orang yang tertarikpun mencoba melakukannya meskipun ia tahu sumber informasi tersebut sebetulnya tidak jelas darimana berasal. Dan hasilnya, ada yang mengatakan, ya dan ada yang mengatakan biasa-biasa saja.

Bermula dari mitos, barang siapa yang dapat meminum empedu tikus, maka orang tersebut dapat mendapatkan efek tertentu yang didapatkan dari kasiat zat yang terkandung pada empedu seekor tikus. Diantaranya adalah menjadikan tubuh menjadi kuat dan penuh stamina. Hal itu menyangkut saat berhubungan badan dengan lawan jenis atau bermain sex.

Daya tarik itu membuat banyak yang ingin mencoba membuktikan, tetapi masalahnya adalah posisi empedu tikus yang sangat sulit untuk didapatkan dalam tubuh tikus meski tikus telah disembelih dan dibedah. Lalu, orangpun mengambil kesimpulan, sayangnya, kesimpulan yang mereka lakukan secara mistis, sehingga mereka menganggap bahwa posisi empedu pada seekor tikus itu senantiasa berpindah-pindah, ada kalanya di rongga dada, kepala, bahkan tersembunyi dikaki, hanya bagi yang hoki saja dapat menemukannya. Keberadaan empedu seperti disembunyikan secara ghoib. Alasan itulah yang membuat empedu tersebut tidak mudah didapatkan pada tubuh tikus.

Pencari yang pintar dan berakal waras berhasil menemukan teori yang logis dan tak tebantahkan, bahkan oleh makhluk ghoib yang mencoba menyembunyikannya.

Logikanya, empedu seekor tikus boleh dimana saja selagi masih berkisar dalam tubuh tikus itu sendiri. Masalah itu bukan lagi masalah untuk dapat menelan jamu empedu seekor tikus.

Cara jitu yang tidak dapat terbantahkan dengan sanggahan apapun tersebut adalah dengan menelan seluruh badan tikus itu sendiri. Masalah selesai, bukan.

Masalah mungkin selesai, tapi untuk jamu empedu segar dan fresh harus menelan tikus mentah-mentah dalam keadaan hidup. Mungkinkah itu? Seekor tikus hidup diuntal (ditelan) begitu saja, padahal untuk menelan bahan yang tidak disukai oleh lidah itu akan sangat sulit dan ditambah lagi itu makanan hidup yang bakal meronta-ronta baik di rongga mulut maupun tenggorokan. Saya yakin, walaupun disertai air putih sekalipun sebagai pelumasnya tikus tidak akan mau masuk.

Tak berhenti disitu saja otak waras  berputar, buktinya pada akhirnya merekapun menemukan cara yang tidak kalah jos. Konsepnya ditujukan kepada bayi tikus yang baru lahir yang masih merah. Bentuk yang kecil, belum ada bulu dan warna kulit kemeraha-merahan layaknya bayi pada umumnya.

Penemuan terakhir inilah yang dianggap menjadi solusi yang tepat. Akhirnya, dengan dua jari jempol dan telunjuk cindil atau bayi tikus itu dicepit dibagian ujung ekornya. Bayi mungil yang belum mengerti apa-apa itupun meronta-ronta minta dilepaskan. Pemangsa tak perduli keadaan itu, bahkan ia meneruskannya kearah saus, lalu mencelupkannya sebelum akhirnya orang waraspun menelannya tanpa kesulitan, bayi tikus itu masih meronta minta dilepaskan dari gua mulutnya, namun, apa daya anak kecil yang lemah, mulut manusia terlalu perkasa untuk melumat dan terus mendorong ke telak (tenggorokan), pada leher terlihat sebuah benjolan berjalan menuju lambung. Dan proses pencernakan pun berlangsung.

Empedu tikus sudah dipastikan  masuk ketubuh pemangsa yang berupa manusia tersebut lengkap dengan seluruh bagian tubuh anak tikus, yang berarti tinggal menunggu efek jos yang akan segera diperoleh dari mitos kasiat empedu tikus yang extreem dan langka tersebut.

Begitulah teman pembaca, sekilas tentang penelanan anak tikus hidup-hidup oleh manusia. Bagaimana menurut pendapat teman dengan peristiwa ini.

Bagaimana kita menanggapi mitos yang begitu banyak disekeliling kita, mungkin kita perlu lebih bijaksana dan berhati-hati dalam memilih. Mitos bukanlah fakta. Jika fakta adalah kebenaran yang dapat dibuktikan, akan tetapi mitos adalah sebaliknya.

Dari cerita diatas, jika benar empedu dari seekor hewan itu memiliki kasiat tertentu, kenapa harus empedu seekor tikus, bukankah masih banyak binatang yang baik dimakan oleh manusia dari pada tikus yang haram.

Jika ahli gizi mengatakan, bahwa daging hewan itu memiliki kandungan protein yang baik, tak terkecuali dengan daging tikus. Bahkan secara medis tikus didapati memiliki penyakit pes yang dapat menular ke manusia.

Fakta lebih terbuktikan daripada mitos. Jika kita lebih mengikuti mitos dalam perilaku dalam hidup, bukan tidak mungkin kita terperosok kedalam jurang kesengsaraan dari ketidak benaran cara yang menjadi panutan semata-mata karena kebodohan kita yang gaptek.

Ingat ! Semua itu hanya mitos, bukan fakta.

Kamis, 06 Februari 2020

Membuat Kotak Perhiasan Lapis Beludru




Kotak perhiasan lapis beludru adalah kotak yang digunakan sebagai pembungkus hadiah, souvenir, perhiasan dan semua pernik-pernik berharga lain yang dibuat dengan bahan beludru sebagai lapisan pembalut pada setiap sisinya.

Dengan kotak perhiasan lapis beludru yang elegant, premium dan berkualitas sebagai tempatnya, hadiah akan lebih berharga dan memiliki nilai tambah.

Dalam acara penting dan formal seperti weding party, acara perusahaan, pertemuan penting dan even-even lainnya yang disana ada pemberian ataupun pertukaran hadiah yang berbentuk cindera mata dan perhiasan.

Bagi pemilik toko perhiasan dapat memajangnya ditoko, sebagai tambahan barang yang berkaitan dengan perhiasan itu sendiri. Dalam hal ini pembeli perhiasan akan membelinya sebagai tempat perhiasan yang telah dibeli di toko tersebut.

Banyak yang menggunakan kotak perhiasan yang asal-asalan, seperti kayu, semen, bahkan kardus telanjang begitu saja sehingga mengurangi nilai pada cindera mata dan orang yang menerima hadiahpun kurang ekspektasinya kepada isi souvenir tersebut.

Kanabe Beludru membuat kotak perhiasan yang berlapis beludru yang dapat membuat perhiasan dan cindera mata akan lebih bermakna dan berkualitas sebagai box atau pembungkusnya mulai dari pandangan pertama. Apapun isi hadiah didalamnya, kesan elegan dan berkelas akan didapat disana.

Kanabe Beludru dengan pilihan beberapa warna dan tipe yang cantik dan elegan dapat anda dapatkan dengan harga murah.

Cara Membuat Kotak Perhiasan Lapis Beludru

Bahan :

1. Kain beludru
2. Kayu lapis/triplek
3. Mika
4. Kertas manila putih
5. Lem g
6. Lem aibon
7. Busa

Alat : Kater, gunting, penggaris, pensil.

Cara membuat :

Langkah 1 : Potong kayu lapis/triplek dengan kater sesuai garis pensil yang sudah dibuat sebelumnya,  persegi empat dengan ukuran yang diinginkan.


Langkah 2 : Rekatkan lem  pada setiap tepi dan sisinya, tunggu beberapa menit hingga kering.



Langkah 3 : Sambil menunggu lem kering, potong kain beludru sesuai dengan ukuran



Langkah 4 : Setelah lem kering, tempelkan kayu lapis/triplek hingga membentuk kotak yang diinginkan



Langkah 5 : Tempelkan kain beludru yang juga sudah di lem sebelumnya pada setiap sisi sesuai pada gambar


Langkah 6 : Kotak selesai di buat dan selanjutnya tinggal membuat tutup mikanya.


Minggu, 02 Februari 2020

Penangkaran Burung, Betina Adalah Kunci Mendapatkan Anakan Berkualitas



Burung yang berkicau indah kini tidak hanya menghiasi hutan dan kebun. Orang banyak yang ingin menikmatinya dirumah, sambil ngopi disaat istirahat dari kerja, mendengar burung kesayangan berkicau adalah membawa nikmat tersendiri seakan rasa capaipun jadi hilang.

Burung yang banyak digemari membuat penangkapan burung liar menjadi marak, populasi dihabitatnya di alam liar menjadi semakin mengewatirkan, mengingat jika burung yang dipiara orang selalu dibeli dari tangkapan.

Bersyukur, para pecinta burung semakin sadar dengan hal tersebut dengan berusaha untuk dapat menangkarnya. Segala cara dan uji coba dilakukan, banyak pula yang berhasil.

Hanya sebatas berhasil belumlah cukup, karena dalam soal burung, kualitas sangat diperlukan dari sekedar kuantitas. Walaupun pada dasarnya yang dicari adalah kualitas suara, kualitas fisik dan kesehatan turut juga menentukan.

Untuk menghasilkan keturunan yang baik, penangkar memerlukan bibit yang baik pula. Bibit disini berarti sebagai burung yang akan menurunkan keturunan yaitu anak burung. Anak burung nantinya akan meneruskan generasi sebagai piaraan orang. Penghobi burung tidak mutlak mendapatkan burung piaraan dari alam habitatnya, akan tetapi dibantu dengan hasil penangkaran. Efeknya, untuk mendapatkan burung piaraan, penggemar burung tidak mutlak membeli dari hasil penangkapan Liar, namun dapat diperoleh dari hasil penangkaran.

Burung hasil penangkaran adalah burung yang berkembang biak dari hasil budi daya manusia, hasilnya, ada yang berhasil mendapatkan gaco yang bagus, namun tidak jarang juga yang belum pernah kunjung menghasilkan hasil yang memuaskan. Sebagai usaha atau budi daya, pengetahuan penangkar ikut pula menentukan dalam usaha ini.

Saling berbagi ilmu dan pengetahuan selalu dilakukan, dengan browsing diinternet banyak juga penyedia konten yang membahas hal ini. Termasuk dalam artikel ini juga akan dibagikan suatu trik tambahan untuk mendapatkan kualitas anakan burung hasil penangkaran yang lebih jos lagi.

Jika selama ini kita tertuju kepada pejantan untuk membuat pasangan bibit yang baik, dengan asumsi bahwa anak akan menuruni sifat bapaknya. Berlomba-lomba mencari pejantan burung yang berkualitas sangat gencar dilakukan. Alhasil perhatian kepada bibit betina dikesampingkan begitu saja.

Tak dapat dipungkiri, penurunan gen atau trah dari sifat bapak cenderung menurun kepada anaknya memang sangat masuk akal. Kualitas pejantan yang baik cenderung menurunkan trah yang baik dan kualitas pejantan yang buruk, keturunan yang dihasilkan juga cenderung akan buruk.

Tetapi, bagaimana jika pejantan yang baik sudah diterapkan, namun hasil yang diinginkan tidak didapatkan? Kenyataan tersebut bukan tidak pernah didapati, tapi penangkar hanya tidak habis pikir kenapa hal itu terjadi.

Sebuah reseach membuktikan, ternyata kualitas betina ikut juga menentukan dalam hal ini. Tidak sekedar mampu bertelur dan reproduksi sampai mendapatkan anak, akan tetapi sifat-sifat baik fisik maupun bakat kemampuan mendorong pembangunan kualitas yang tidak kalah penting dalam sudut trah itu sendiri.

Dengan betina yang baik, mendorong proses penurunan trah yang akan menghasilkan lebih dari sifat-sifat yang dimiliki oleh bapak atau pejantannya melebihi keunggulan yang dimiliki. Mudahnya, anak yang diturunkan dari bapak yang baik ditunjang dengan ibu atau induk yang baik akan menghasilkan keturunan yang memiliki kualitas lebih baik diatas kualitas bapaknya. Dalam hal ini, anakan yang dihasilkan, bahkan lebih baik dari bapaknya. Jika tidak tercapai, minimal akan sama dengan bapaknya.

Betina yang biasa dipilih sebagai induk dengan pertimbangan standar sebatas atau yang penting mampu bertelur dan merawat anaknya ternyata memerlukan pertimbangan lebih dari itu.

Sebagai penjelasan yang lebih terang, pertimbangan yang lebih seperti volume suara betina yang lebih kencang dari betina kebanyakan, mental betina yang lebih berani atau tidak pemalu diantara yang lainnya. Semua itu ternyata menjadi andil yang nyata dalam mengantarkan kepada kualitas trah bapaknya yang dengan susah payah kita dapatkan, bahkan dipercaya betina adalah kunci dari pencetakan trah pada penangkaran burung khususnya.

Kenapa sejauh itu orang memelihara burung? Bukankah yang penting burung yang dipiara mau berkicau sudah cukup untuk hiburan.

Ya, itu dulu, sekarang burung piaraan tidak sekedar menemani ngopi, kenyataannya burung dijaman sekarang sering dituntut untuk berlomba di ajang lomba burung berkicau. Siapa yang dapat mendendangkan kicauan terbaik, pemiliknya akan mendapat piagam, uang dan piala. Itulah alasan orang terus membangun kualitas burung agar burung tidak asal bisa berkicau, tapi harus lebih indah lagi, jika ingin burungnya menang dalam kontes.

Disamping itu, terlepas dari juara dan hadiah, memiliki burung berprestasi merupakan kebanggaan dan kepuasan batin tersendiri yang tidak dapat dibayar dengan apapun.


Senin, 27 Januari 2020

4 Tips Cari Selamat Berpapasan Harimau Liar



Harimau adalah binatang buas yang berukuran besar dan makan apa saja yang menjadi mangsanya, mangsa harimau adalah binatang lain yang berhasil diterkamnya hidup-hidup. Siapapun yang menjadi mangsanya akan dicabik-cabik, dikunyah dengan gigi dan taringnya yang tajam untuk kemudian ditelan begitu saja tanpa belas kasihan, tak perduli rasa sakit yang dirasakan oleh binatang yang sedang dimakannya, baginya, yang sedang dihadapi tak lebih dari makan siang yang lezat.  Celakanya, hal itu juga dapat dilakukan kepada manusia jika diperlukan.

Apapun yang dilakukan harimau itu syah-syah saja karena sudah menjadi kodrat Sang Pencipta. Itu bagian dari rantaj-rantai makanan dalam ekosistem kehidupan di alam ini.

Bagaiman jika kita harus kepergok dengannya tanpa dapat kita hindari?

Suatu sa-at teman-teman jalan-jalan dihutan, melakukan ekspedisi, sekedar berpetualang ataupun untuk sebuah pekerjaan, ketika teman menyibak semak-semak yang rimbun dan tinggi, tiba-tiba nongol begitu saja didepan mata wajah harimau. Entah apa jadinya, teman. Shock itu sudah pasti. Lebih jauh, bagaimana teman tidak dimangsa olehnya.

Oleh karena itu, 5 tips bagaimana menghindarinya jika teman harus kepergok harimau agar bisa selamat dari bahaya.

Pada dasarnya harimau tidak ingin menyakiti manusia, hal itu terbukti manusia bukanlah salah satu sumber makanan faforitnya, adapun berita manusia yang dimakan harimau memang ada, tapi itu sangat jarang terjadi.

Manusia yang menganggap harimau kejam, membahayakan dan dapat memangsa manusia. Manusia menyatakan perang. Dengan berbagai cara mereka menyakitinya.

Sebagai sama-sama makhluk penghuni bumi, sudahkah kita manusia yang berakal berpikir lebih dalam, berapa banyak perbuatan manusia yang terlebih dahulu menyakiti mereka.

Hutan, sebagai daerah tertorial hidup mereka, rumah, tempat tinggal dan tempat mencari makan dirusak oleh manusia, sehingga mereka untuk dapat makan saja semakin sulit. Jika terpaksa mereka nekat menyerang manusia itupun wajar.

5 tips yang dilakukan jika kepergok harimau liar di alam liar untuk terhindar dari hal yang tidak diinginkan seperti yang dilakukan Teuku Iqbal Johard, pemerhati harimau dari Sumatra.

1. Atasi Reaksi Pandangan Pertama

Sok dan rasa takut pada pandangan pertama dengan binatang buas yang menyeramkan biasanya akan menimbulkan efek pada tubuh teman, tubuh teman akan bergetar, mengalami kesulitan untuk bergerak, bahkan bisa saja lumpuh.

Peristiwa ini wajar dalam kekagetan yang disertai rasa takut pada manusia. Untuk menanggulanginya, tetaplah tenang dan diam jangan bergerak. Tetaplah bertiarap, Nikmati saja dengan sabar ketidak berdayaan itu. Hal itu biasanya terjadi hanya sebentar dan tubuh teman akan pulih segera.

2. Tatap Matanya

Sampai tubuh teman pulih, tatap mata harimau, jangan sekali-kali membelakanginya. Jika teman membelakanginya, malah akan dianggap sebagai musuh atau mangsa. Harimau cenderung akan menerkam teman dari belakang dan harimau akan mengupas kepala teman bagian belakang untuk kemudian mengupas kulitnya dan menutupnya bagian kepala depan. Harimau merasa grogi jika harus bertatapan dengan mata manusia. Itulah, alasan kenapa teman lebih baik menatapnya.

3. Kosongkan Tangan

Jika teman sedang memegang benda apapun, cepat taruh benda tersebut. Misalnya, teman memegang pisau, tongkat, ranting atau benda apapun, untuk menghindari anggapan pada harimau, bahwa apa yang teman pegang adalah senjata. Bukan tidak mungkin harimau sering berhadapan dengan senjata yang dipegang orang yang pernah bertemu sebelumnya. Lemparan senjata yang pernah ia terima sangat menyakitkan, hingga melihat senjata harimau menjadi agresif, itu sangat membahayakan.

4. Gerakan Mundur Pelan-Pelan

Setelah tangan teman tidak memegang apapun di tangan, perlihatkan tangan kosong teman dengan membuka kedua telapak tangan, bentuknya kira-kira seperti buron yang menyerah dengan angkat tangan, bedanya disini jangan tinggi-tinggi, yaitu cukup setinggi dada saja.



Dengan tetap menatap matanya ( jangan sekali-kali pandangan mata menunduk) dengan pelan, langkahkan kaki teman satu persatu ke belakang dengan pelan ( jangan sekali-kali melihat ke belakang). Dalam hal ini teman berjalan mundur. Lakukan terus dengan pelan hingga harimau membelokan badannya dan pergi.

Begitu 4 tips harap teman perhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat kita kepergok dengan harimau liar yang buas.

Kecuali.......

Sesungguhnya harimau dan binatang-binatang buas di rimba itu tidak akan menyakiti kita teman-teman, tapi manusia sendiri telah mendahului memukul genderang perang dengan mereka. Mereka tidak berdamai dengan mereka. Manusia rusak semua habitat mereka, rumah-rumah mereka, lahan makan mereka, namun manusia masih menuduh mereka jahat.

Sa'at manusia telah memutuskan rantai-rantai makanan mereka, maka manusia yang datang akan dijadikan makanan sebagai penggantinya.

Harimau yang sudah kehilangan habitat dan sumber-sumber makanannya, semua yang ada akan dimakan.

Asal tahu saja, jika anda melihat harimau sudah berada diperkebunan hasil buatan manusia, seperti kebun kelapa sawit, misalnya, hati-hati saja! Peraturan dan tips diatas tidak berlaku, tidak akan ada efeknya.

Mereka sudah kehilangan rumahnya, kehilangan anaknya, bahkan mungkin kehilangan anggota tubuhnya semua karena ulah manusia yang memburunya. Itu harimau sudah gila.

"Jika teman-teman bertemu harimau dalam kondisi itu, melakukan tips di atas percuma saja, teman-teman, mundur saja teratur, jika didekat teman ada pohon manjatlah, akan tetapi jika disekitar  tidak ada apa-apa, berdoalah, semoga kalian selamat teman-teman atau berdo'a semoga diterima disisnya" kata Teuku Iqbal Johard di chanel youtubnya. Sekaligus mengakhiri cerita ini.





Minggu, 19 Januari 2020

6 Tips Membuat Bisnis Online Selalu Lancar


Baik pemula maupun yang sudah sering melakukan berbisnis secara online entah itu jualan produk maupun jasa, namun dalam menjalankannya serasa kurang bersemangat. Dari ketidak semangatan anda disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kenapa anda merasakan kurang mood atau bergairah, bisnis tidak membuahkan hasil yang memuaskan, serta faktor-faktor lain yang membuat gairah semakin sirna dan akhirnya bisnispun gulung tikar.

Kenapa semua harus terjadi? Ironisnya lagi anda tidak tahu penyebabnya. 6 tips dan trik dibawah ini akan menjawab semuanya.

1. Mulailah Dari Brand Yang Anda Sukai 

Semua hal yang anda sukai pasti anda selalu suka untuk melakukannya, karena itu sudah menjadi hobi. Yang namanya hobi tidak mendapatkan apapun anda tetap senang melakukannya. Jangankan hanya tidak mendapatkan apa-apa, anda harus membayarpun anda rela. Lalu, bagaimana jika kesenangan dan hobi anda mendapatkan penghasilan?

Sebagai contoh, anda suka masak-mamasak, anda akan selalu mencari kesempatan untuk melekukan masak memasak walau dalam situasi apapun dengan penuh suka cita.

Contoh yang lain, anda suka dunia fashion. Dalam semua kesempatan yang ada, anda akan lebih banyak memikirkan dunia fashion dibanding dunia yang lainnya, membicarakannya terasa sangat bersemangat, sehingga, dengan outomatis anda cenderung akan belajar dan mencari informasi seputar dunia tersebut yang dampaknya anda banyak tahu tentang dunia itu.

Dari apa yang anda senangi itulah menjadi barang yang anda pilih untuk dijual.

2. Mencari Barang Yang Sedang Laku Di Pasaran 

Karena dalam hal ini anda akan menjual, mencari barang yang sedang tren dan sangat laku di pasaran adalah hal yang sangat penting. Bagaimana caranya? Caranya dengan melakukan penelitian. Tidak usah jauh-jauh, dari sekitar anda dulu, teman-teman, kenalan, comunitas, organisasi dan ladang-ladang lainnya, lebih jauh lagi informasi di internet, seperti media masa, facebok, instagram, whatsapp bisnis dan lain-lainnya, bahkan siaran televisi.

Disana anda akan mendapatkan banyak informasi tentang tren yang sedang ramai dan laku di pasaran, dimana banyak orang berbondong-bondong membeli barang tersebut dari berbagai cara dan sumber.

Berganti jaman berganti juga varian dalam kehidupan. Di jaman sekarang orang banyak mempertimbangkan gengsi. Membeli barang lama dianggap jadul dan ketinggalan jaman. Gaya, model dan bentuk selalu update dari waktu ke waktu tanpa peduli dengan situasi dan kondisi.

Itulah perlunya anda mengamati. Karena jika tidak, barang yang anda jual adalah barang yang out of date yang ternyata sudah ditinggalkan pembeli, anda hanya dapat berguman kenapa tokonya sepi, anda tidak menyadari bahwa diri andalah penyebabnya yang kurang update.

Maka, lebih baik jangan kebingungan, apalagi menyalahkan orang lain.

3. Cari Barang Yang Disukai Pembeli 

Barang yang anda jual diperuntukan buat pembeli. Maka apa yang disukai pembeli adalah lebih utama dari apa yang menurut anda suka. Sebuah barang yang menurut anda suka belum tentu menurut orang lain, meskipun anda benar-benar yakin itu yang paling baik.

Jika yang anda jual adalah fashion yang penuh warna, Anda bisa saja sangat gandrung dengan warna pink. Dan anda berpikir, semua wanita suka pada warna pink. Belum tentu.

Jika yang anda jual soal kuliner, tetapi anda tidak suka daging bebek, baik bebek goreng, bebek bakar maupun bebek yang diapakan lagi. Anda sebagai wanita yakin, wanita pasti tidak menyukai daging bebek. Belum tentu.

Dalam menyediakan barang yang anda jual, lebih baik kesampingkan keegoisan anda dan berikanlah hal itu untuk pembeli. Jika dari hasil pengamatan anda menemukan barang yang laku ternyata barang yang tidak sejalan dengan pikiran anda, sebaiknya anda ikuti saja hasil pengamatan daripada perasaan.

4. Gunakan Kategori Daripada Produk  

Kenapa memilih kategori bukan produk saja? Misalnya barang yang anda jual adalah "Sriping Pisang", setelah produk sriping pisang berjalan, untuk menambah penghasilan anda berniat menjual makanan yang lainnya, misalnya, jenang salak. Anda sudah terlanjur dalam branding iklan anda adalah sriping pisang. Itu berarti anda beralih branding penjualan lain, anda membuat pabrik baru lagi yaitu dengan judul "Jenang Salak". Anda membuat promo dari "0". Atau dengan kata lain memulai dari awal.

Baik sriping pisang maupun jenang salak, dua-duanya adalah termasuk dalam kstegori snack. Bagaiman jika anda memilih brand dengan kategori "Snack"? Tentu itu lebih luas. Suatu saat jika anda perlu menambah produk lain, anda masih tetap dapat bernauang di branding tersebut. Jika anda menambah produk dengan makanan lain selama termasuk dalam kategori snack akan sah-sah saja.

Dari uraian diatas saya kira anda paham, kenapa dalam brand anda lebih baik memilih kategori daripada satu jenis barang saja.

5. Konsentrasi Pada Satu Tempat 

Jika anda baru berjualan, lebih baik konsentrasi pada satu tempat terlebih dahulu. Misalnya, untuk jualan ofline, anda tidak usah buru-buru membuka cabang ditempat lain sebelum satu tempat benar-benar dapat dipegang dengan baik. Bukanya bersama-sama menjadi pesat, malah menjadi korat karit semuanya.

Begitu juga pada penjualan online, dalam penjualan yang berbasis jaringan ini, sebaiknya konsentrasi saja dulu pada satu chanel. Sebagai contoh, jika anda berjualan di facebook, jangan dulu buru-buru membuka lagi di chanel lain, misalnya, di istagram. Semua itu disarankan karena antara satu jalur dengan jalur yang lain memiliki karakter yang  berbeda, strategi yang digunakan juga tidak sama, orang-orangnya juga tidak sama.

Dalam facebook yang lebih memasarakat, hampir semua kalangan, dari usia muda sampai tua, dari kalangan bawah, menengah sampai atas ada. Dalam instagram rata-rata anggotanya berumur 30 ke bawah, bagaimana kondisi keuangan mereka, kemana biasa mereka berbelanja? semua memiliki perbedaan yang harus dipertimbangkan dengan matang.

6. Aksi 

Seberapa pengetahuan yang anda berhasil kumpulkan hanyalah teori, jika hanya untuk tahu saja tanpa berani mencoba semua akan menjadi nol. Aksi adalah yang paling penting dari semua yang kita bahas panjang lebar diatas.

Begitulah 6 tips bisnis online tetap lancar, tetap semangat dan bergairah yang dapat saya bagikan. Jika masih ada kekurangan dan pembaca ada yang memiliki lebih lengkap lagi, bolehlah berbagi.  

Rabu, 15 Januari 2020

TELUR SEMUT HITAM PENGGANTI KROTO BUAT KONIN YANG SEMAKIN LANGKA


Konin atau Kholibri Ninja kesayangan harus diet makan kroto hanya karena tidak ada kroto ditempat toko pakan burung. Kroto yang dijual ditoko semakin terbatas karena pasokan kroto semakin hari semakin berkurang, bukan karena pemasoknya malas-malas, akan tetapi para pemikat kroto yang semakin kesulitan mendapatkan sarang kroto untuk diunduh.

Begitu berartinya kroto pada burung yang mereka piara, sehingga para pemiara burung seolah harus medapatkannya, dimanapun toko pakan burung, asal menyediakan kroto pasti akan diserbu, bagi pembeli yang terlambat datang meski hanya sebentar saja pasti akan segera pulang dengan tangan kosong.

Sepenting apa kroto bagi burung? 

Kalau diteliti lebih dalam, burung yang hidup di alam bebas dapat mencari makanan dengan bebas apa yang diinginkan. Pada umumnya, seperti juga yang kita pergoki burung menangkap serangga sebagai makanan pokoknya, makanan lainnya adalah buah-buahan, dari beberapa jenis mereka menangkap ikan.

Jujur dialam liar saya tidak pernah memergoki seekor atau beberapa burung sedang merobek sarang kroto untuk mendapat makanan favoritnya. Tidak pernah. Jadi, dialam bebas burung tidak mengenal kroto. Jika kroto sangat baik untuk burung juga logis karena nutrisi yang dikandungnya sangat baik untuk kesehatan burung, itu adalah sebagai pengganti serangga yang memang sudah menjadi makanan utamanya.

Kroto yang kita kenal adalah telur semut rangrang, semut yang besar dan berwarna merah dengan sarang yang terbuat dari rangkaian daun membentuk bulatan sebesar bola, para pengunduh kroto melakukannya dengan menusukannya dengan galah hingga susunan daun bagian bawah rusak dan menjadi lubang yang secara outomatis menjatuhkan kroto dari lubang tersebut, lalu pengunduh menghadangnya dengan wadah tepat dibawah lubang tersebut.

Semua burung nenyukai kroto, itu memang terbukti nyata dan tidak terbantahkan. Burung yang diberi makan kroto dapat ditengarai menjadi lebih sehat dan lebih semangat berbunyi. Hal itu juga terjadi pada burung kholibri. Burung yang mungil itu tidak lepas sebagai binatang yang juga menyukai kroto walaupun telur kroto sebenarnya terlalu besar untuk ditelan diparuhnya yang berukuran kecil. Paruhnya yang kecil sebesar jarum suntik, seakan didesain hanya untuk menghisap madu dan serangga yang berukuran sangat kecil.

Rasanya yang enak, membuat burung kholibripun memakan kroto yang disediakan majikannya. Hasilnya, burung kholibripun koar-koar dan rasa kopi majikan menjadi lebih nikmat dibanding sebelumnya.



Bagaimana jika kroto tidak didapatkannya? 

Sebaiknya juragan tidak usah kuatir, kopi juragan akan tetap nikmat, karena saya punya tips untuk pemenuhan nutrisi yang setara dengan kroto untuk burung kholibri, bahkan mungkin ini lebih baik dibandingnya, karena hal ini sudah saya buktikan sendiri.

Kroto merupakan telur krangrang dari keluarga semut. Jenis semut itu sangat banyak, krangrang hanyalah satu dari mereka. Nutrisi dari telur semut lain tidak kalah hebatnya dengan telur krangrang. Itu dasar tipsnya.

Pada suatu hari saya menemukan daun kelapa kering. Didalam daun kelapa kering banyak semut hitam bergerombol. Setelah saya amati, ternyata itu adalah sarang semut hitam yang sedang bertelur. Telurnya sangat banyak menempel di sela-sela setiap daun kelapa yang telah mengering tersebut. Bentuk telur semut hitam sangat mirip dengan telur krangrang, bedanya ukurannya saja yang lebih kecil.

Saya iseng mengambilnya dan saya coba berikan kepada burung kholibri kesayangan saya, hasilnya, dia mau memakannya, satu cepuk kecil habis dalam satu hari tanpa tersisa, padahal, ketika saya memberikan kroto krangrang tidak semua dapat dimakan, dia hanya makan yang berukuran kecil saja, kalaupun mematuk yang berukuran besar setelah beberapa lama kroto itu akan dijatuhkan karena tidak mampu mengunyahnya.

Akan tetapi, untuk telur semut hitam, karena ukuran yang kecil serasa pas untuk ditelan, mungkin itu yang membuat ia menelan dengan lahap tak tersisa. Sejak saat itu saya terus mengganti sajian krotonya dengan telur semut hitam. Kesehatan, keceriaan dan yang terpenting kicauanya sama bagusnya dengan menu kroto krangrang yang biasa diberikan sebelumnya.

Hingga kini, setiap saya memelihara kholibri, pasti pakan extra food yang saya berikan adalah telur semut hitam, pengalaman yang saya lakukan benar benar telah membuktikan dengan mata kepala saya sendiri, bahwa kandungan yang ada pada kroto semut hitam itu sama dengan kandungan kroto semut krangrang, walaupun resert yang resmi belum dilakukan oleh para ahli gizi burung, praktek dilapangan sudah membuktikan saya untuk memperoleh burung piaraan sesuai yang saya harapkan.

Bagaimana menurut anda, guys....jika ingin turut membuktikan, silakan coba, anda tinggal mencari kroto semut hitam, sarang mereka ada dimana-mana, di dedaunan, dilubang pohon, bahkan di pagar rumah anda, jangan ditoko pakan burung, karena saya yakin, disana belum tersedia.

Selasa, 14 Januari 2020

MELUKIS DINDING TIDAK RIBET TAPI HASILNYA WOW




Awalnya seorang teman mengajak saya untuk membantu melakukan sebuah pekerjaan yang telah diorder dari seorang costumer yaitu melukis dinding. Teman saya adalah seorang pekerja jasa melukis potret pensil dengan pemasaran secara online. Pengetahuan dasar melukis setidaknya sudah ia miliki, akan tetapi untuk melukis dimedia dinding atau dinamakan juga melukis mural dia belum begitu berani.

Pada saat mencari referensi metode melukis dinding yang tepat, dia kebetulan melihat karya saya pada dinding seseorang. Dari situ dia mengajak saya bergabung dalam mengerjakan proyek yang didapatkannya tersebut.

Bekerja bersama sekaligus berbagi pengalaman masing-masing alhamdulillah membuahkan hasil yang sangat memuaskan, bagi customer maupun kami berdua. Tidak sekedar antara kami, bahkan melalui blog ini saya berbagi juga dengan siapapun yang membaca postingan blog ini.

Melukis disuatu media dengan media lain memang tidaklah sama. Karakter pemukaan dinding tidak sama dengan kertas ataupun kanvas, dimana lukisan biasa dituangkan. Melukis dikanvas dengan warna cat minyak dengan jenis tersendiri, melukis dikertas dengan pewarna yang juga memiliki jenis alat pewarna sendiri, kesalahan menerapkan alat yang tidak pada tempatnya akan menghasilkan kekacauan, baik dalam pengerjaan maupun hasilnya, tentu saja.

Untuk melukis dipermukaan tembok cat yang lebih tepat gunakan cat tembok. Merk cat tembok apa yang baik, saya tidak mengharuskan maupun menyarankan merk tertentu, yang saya sarankan adalah pilih kualitas cat tembok yang baik, karena beberapa kali saya melukis hampir selalu berganti merk, hal ini untuk memudahkan kalau-kalau merk-merk tertentu tidak selalu ada ditoko, karena alasan habis stok maupun sudah tidak keluar dari tempat belanja toko tersebut. Karena cat tembok yang sudah dalam kemasan biasanya tidak boleh dibuka sebelum dibeli, untuk memperkirakan kualitas tidak usah ribet-ribet, biasanya kualitas yang bagus diantara barang yang dipajang ditoko memiliki harga paling mahal diantaranya, itu saja rumusnya, mudah, kan? Logikanya, hanya orang bodohlah menjual barang yang berkualitas lebih tinggi dengan harga yang lebih murah dari yang ece-ece. Yang pasti blanjanya lebih mahal dari yang barang lebih rendah.

Gunakanlah cat tembok tersebut sebagai background. Caranya dengan mengecet semua media yang akan diberi gambar sesuai permintaan pelanggan, baik warna maupun luasnya. Setelah background di cat seluruhnya, tunggulah sampai kering. Setelah kering, baru start mulai menggambar.



Menggambar dimulai dengan menggambar skets terlebih dahulu dengan pensil. Setelah selesai baru tuangkan cat gambar sesuai skets yang telah dibuat. Dalam menggambar, cat yang saya pakai bukan cat tembok lagi, akan tetapi saya gunakan cat minyak kayu yang perlu dipilih dengan kualitas terbaik diantara cat-cat yang lain.



Lebih mudah dengan cat minyak kayu karena cat tersebut biasanya tersedia juga ditoko yang menjual cat tembok, tidak perlu mencari tempat yang lain cukup satu toko yaitu ditoko bangunan terdekat anda. Kenapa cat minyak, karena cat minyak lebih cerah dan lebih mudah melakukan pendetilan terutama jika harus melakukan gradasi untuk menciptakan pemandangan 3 dimensi dengan tingkat highlight yang lembut untuk menghasilkan karya yang optimal.

Sebagai contoh, gambar Doraemon adalah gambar kartun yang kebanyakan dalam bentuk 2 dimensi, akan tetapi ada beberapa juga dalam bentuk 3 dimensi. Untuk gambar 3 dimensi yang memerluka gradasi diperlukan teknik sendiri. Dua cara tersebut dapat saya bahas seperti di bawah ini.

Setelah skets yang cukup digores dengan pensil, lalu goreskan cat minyak dapat dimulai dengan mewarnai outline terlebih dahulu. Untuk warna outline, gunakan warna hitam. Setelah semua outline (garis tepi) dibuat, jangan lupa tunggu hingga kering. Setelah benar-benar kering, baru lakukan pengisian warna sesuai yang diperlukan pada setiap blok sesuai dengan warna yang diperlukan.



Untuk gambar dua dimensi selesailah pekrjaan. Untuk bagian gambar yang membutuhkan gradasi, hal yang terlebih dahulu dilakukan sama sebagaimana pembuatan gambar dua dimensi. Dalam keadaan telah kering, goreskan dengan tipis-tipis pada setiap celah dengan memperhatikan tebal tipisnya untuk mengatur highlight sesuai yang diperlukan sampai benar-benar gambarpun menjadi tampak hidup sebagaimana aslinya.

Melukis Awan 

Gambar awan dilakukan dengan teknik gradasi. Bedanya pada gambar awan dilakukan tanpa didahului dengan pembuatan outline. Langsung saja goreskan warna dasar awan yaitu warna putih. Jangan menunggu sampai benar-benar kering, tapi juga jangan terlalu basah, ini mungkin yang perlu diperhatikan, agar warna dapat bercampur dengan baik dalam melakukan gradasi yang dilakukan dengan tangan bebas.



Tangan yang bebas yang dimaksud disini adalah  tarian tangan dalam melakukan manuver saat sedang melukis tergantung ketrampilan pelukis, semakin trampil semakin cepat dalam menuangkan ide untuk menghidupkan gambar.

Peran Otak Dalam Melukis 

Melukis secara umum dilakukan dengan tangan. Akan tetapi tetap saja dapat dilakukan dengan alat tubuh selain tangan. Pada suatu kesempata sering kita menjumpai orang yang melukis dengan kuas yang ditaruh dimulut, kaki dan alat tubuh lain selain tangan. Kenapa? Menurut saya, melukis adalah penerapan ide otak yang dalam melakukannya diwakili oleh alat tubuh. Ide tersebut adalah berupa imajinasi. Semakin jernih dan jelas imajinasi, gambar akan semakin hidup, jika pikiran blank, gambar juga akan blank, gambar yang dihasilkanpun akan ikut kacau dan tidak hidup.

Kesimpulannya, yang melukis adalah otak, alat tubuh yang memegang kuas hanyalah melakukan perintahnya saja. Makanya jangan heran kalau orang yang tidak punya tangan tetap saja dapat melukis, ia dapat melakukannya dengan bagian tubuh mana saja asal dapat memegang alat.

Itulah uniknya seni yang satu ini, sebagai seniman, dengan alat apapun, media apapun pasti akan disikat juga. Tak terkecuali gambar mural yang kebanyakan dipesan oleh pemilik kamar tidur pribadi. Akan bertambah betah bila saat beristirahat disekelilingnya penuh dengan gambar, pemandangan, tokoh kartun, bahkan tokoh orang yang menjadi idolanya, membawa suasana seakan apa yang disayanginya berada disisinya, setia menemani dalam istirahat santainya.

Perasaan nyaman bahkan terbawa ke alam tidur dan meresapkan energi positif sampai ketika terbangun, perasaan itu akan terus mempengaruhi hidup dialam nyata menjadi pribadi yang positif dan lebih bergairah.

Kamis, 05 Desember 2019

KATA-KATA NGAPAK YANG SERING DIUCAPKAN ORANG BETAWI



Bahasa Ngapak, yaitu bahasa Jawa dari daerah Banyumas dan sekitarnya berbeda dengan bahasa daerah Jawa yang sudah ditetapkan dengan nama Bahasa Jawa. Tentunya ada patokan-patokan tertentu, baik dari ejaan, dialek dan kamusnya. 

Banyumas yang lebih dikenal dengan kotanya, Purwokerto, merupakan daerah perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat memang memiliki dialek yang berbeda. 

Lebih sekedar perbedaan dialek dari bahasa Jawa, dalam bahasa sehari hari atau yang disebut Jawa ngoko, bahasa Banyumasan berbeda dengan bahasa Jawa. Bermula dari akhiran yang cenderung memakai hurup "a" dan sebutan beberapa huruf dengan begitu medok, seperti saat mengucapkan hurup mati "k", membuat bahasa Jawa-nya orang Banyumas atau Purwokerto dikatakan orang dengan istilah "ngapak". 

Perbedaan tersebut jika diamati begitu banyak dan hampir pada semua kata. Bahasa sehari-hari orang Banyumas dapat dibilang bukan bahasa Jawa, akan tetapi lebih tepat dinamakan bahasa Banyumasan. Meski masih didalam hingkai bahasa Jawa, bahasa Banyumasan cenderung terdengar lucu sekaligus kasar untuk dimasukan dalam bahasa Jawa yang lembut dan halus. 

Menteri Pertahanan dan Keamanan Indonesia periode 2019-2024 yang juga rival Presiden Jokowi dalam pencalonan presiden, Prabowo Subianto dalam kampanyenya mengakui tidak dapat ngomong dengan bahasa yang lembut sebab dia keturunan Jawa Banyumas, kata beliau juga, Banyumas itu Bataknya Jawa, jadi tidak sehalus orang Solo, dalam hal ini adalah Jokowi yang berdiri disamping dalam sesi debat calon presiden di televisi. 

Sehubungan dengan bahasa ngapak, dibawah ini beberapa contoh perbedaan bahasa Jawa dengan bahasa ngapak. 

* "bapak ke mana", dalam bahasa Jawa diucapkan = " bapa' nyang endi, dalam bahasa Ngapak = "bapake arep maring endi" 

* "Jangan begitu", bahasa Jawa="ojo ngono", bahasa Ngapak="aja kaya kue" 

* "Bagaimana bisa menjadi begini", bahasa Jawa="piye dadi koyo ngene", bahasa ngapak="keprimen kok bisa dadi kaya keye" 

* "Jangan lupa", bahasa Jawa="ojo lali, bahasa Ngapak="aja kelalen" 

* "Dibilangin baik-baik malah marah", bahasa Jawa=" Dikandani api-api malah nesu", bahasa ngapak=" diomongi apik-apik malah kesuh" 

* "Orang gila", bahasa Jawa="wong edan", bahasa ngapak="wong kentir" 

* "Teriak-teriak", bahasa Jawa="bengo-bengo", bahasa ngapak="ngarang-ngorong 

* "Lapar", bahasa Jawa="ngelih", bahasa ngapak="kencot" 

* " Tidak ada", bahasa Jawa="ora ono", bahasa ngapak="ora ana" 

* "Jangan menyalahkan/memarahi", bahasa Jawa="ojo maido", bahasa ngapak="aja ngomeih" 

* " Kesana-kesini", bahasa Jawa="rono-rene", bahasa ngapak="nganah-ngeneh" 

* " Jatuh", bahasa Jawa=" ceblok", bahasa ngapak=" gigal" 

* " Menimbulkan", bahasa Jawa=" mara'ke", bahasa ngapak= "merekena" 

* " Sok cantik", bahasa Jawa= " kemayu", bahasa ngapak= " lenjeh" 

* " Saja", bahasa Jawa= "wae", bahasa ngapak=" bae" 

* " Kasihan", bahasa Jawa=" mesa'ke", bahasa ngapak=" melasi" dan masih banyak lagi yang belum disebutkan. 

Bukankah itu sebuah perbedaan yang jauh, perbedaan yang bukan sekedar dialek, akan tetapi sudah termasuk perbedaan secara keseluruhan. Dari pakem tata bahasa Jawa yang terpetak-petak hingga 3 tingkatan yaitu, 1. Ngoko, 2. Krama, 3. Krama Inggil, ketiganya dipakai dalam waktu, situasi dan kondisi berbeda sesuai tempatnya. Uniknya, orang Banyumas atau Purwokerto dalam penggunaan bahasa Jawa tingkat ke-3 yaitu Jawa Krama Inggil didapati tak ada perbedaan, dalam bahasa Jawa Krama Inggil, tidak didapati lagi bahasa ngapak, orang Banyumas akan terdengar sama halusnya dengan orang Solo atau Yogya. 

Bahasa ngapak ternyata hanya ada dipercakapan sehari-hari, itupun digunakan kepada orang yang sudah dikenal akrab, seperti teman dan orang-orang yang berkedudukan sepantar. Dalam bahasa Jawa, tingkatan ngoko dapat dikatakan bahasa pasaran yang digunaka sehari-hari dilingkungan sekitar. Kepada orang yang berkedudukan lebih tinggi, seperti orang Jawa lain yang baru dikenal, orang tua atau pemimpin yang seharusnya dijunjung dalam suku Jawa orang harus menghormati. Sebagai bentuk hormat tersebut orang Jawa mengungkapkannya dalam bentuk bahasa, itu menjadi yang pertama dan selanjutnya adalah perbuatan. 

Tidak dipungkiri Jawa adalah suku yang berlatar belakang kerajaan, pahan feodalisme masih kuat, baik secara langsung maupun tidak, menghormati kepada yang lebih tua, baik secara umur atau derajat adalah hal yang tidak boleh ditinggalkan. Meninggalkan tatanan itu orang akan dianggap dalam bahasa ngapak disebut "mregajag" =tidak sopan, dampaknya adalah hukum sosial yang berimbas penolakan sebagai orang Jawa, karena orang Jawa yang baik itu harus "nJawani". Sopan santun adalah hal yang penting. 

Kembali ke perihal bahasa ngapak, keunikan lain juga didapati. Bahasa ngapak jika diperhatikan ternyata banyak yang diucapkan oleh orang Betawi dengan bahasa Betawinya. Bahasa Betawi yang diserap dari bahasa Melayu yang juga banyak dipakai menjadi bahasa Indonesia yang akhirnya diputuskan menjadi bahasa persatuan untuk Indonesia mempunyai dialek dan kosa kata yang berbeda. Dialek Betawi yang cenderung menggunakan akhiran "e" pada akhir kalimatnya, sering juga menggunakan kata-kata yang sama dengan Jawa Ngapak atau Banyumasan. 

Dibawah ini contoh dari kata bahasa ngapak yang sering diucapkan oleh orang Betawi. 

Kebeler=tergores, 
Merat=pergi, 
Doyan=suka, 
gedongan=kaya, 
tukang=pekerja, 
bonjrot=rugi, 
goblog=bodoh, 
budeg=tuli, 
ujug-ujug=tiba-tiba, 
ngesot=berjalan dengan pantat, 
rempug=berunding, 
geger=viral, 
bocah=anak-anak, 
gedongan=kaya, 
mancing=mengail, 
ngaso=istirahat, 
lonte=pelacur dan masih banyak yang belum disebutkan. Semua itu ada dalam kamus bahasa ngapak yang dipakai aktif setiap hari oleh orang ngapak di Banyumas, Purwokerto. 

Bicara orang Betawi, terlepas dari soal bahasa, saya pribadi mengamati ada kecocokan antara orang Betawi dengan orang ngapak. Tidak perlu jauh-jauh saya mendapati bukti bahwa saya punya banyak sepupu yang merantau ke Jakarta, disana mereka bekerja dan 90℅ mereka berakhir nikah dengan orang Betawi. Sampai sekarang mereka hidup damai, tentram dan bahagia. 

Begitu juga dari kalangan teman dan tetangga sekampung, mereka banyak yang menikah dengan orang Betawi dan membina keluarga. Sebagian bahkan ada yang berurbanisasi ke Jawa dan menetap di sana. 

Mungkin pada kesempatan lain, saya juga menulis tentang Orang Ngapak dan Orang Betawi. Bahasa ngapak yang kadang terdengar lucu dan kasar untuk berada dalam bingkai bahasa Jawa yang halus dan lembut, biarlah menjadi warna untuk Indonesia yang berbeda-beda tapi satu kesatuan. Orang negeri lain bilang, Unity in universal, dan aku bangga menjadi bagian dari perbedaan itu.

Kamis, 28 November 2019

JANGAN MEMBENCI NANTI KAMU MENCINTAI



Sering terjadi seseorang membenci orang lain dengan berlebihan, akan tetapi berakhir dengan mencintai. Hal itu terjadi pula sebaliknya, seseorang yang terlalu lengket dengan seseorang berujung dengan permusuhan. Kenapa hal itu harus terjadi? Mudah saja, kelengketan yang terjadi bukan berarti ada chemistry, bisa jadi hanya sebuah proses menuju saling menjajagi apakah kecocokan itu ada. 

Dalam sebuah hubungan antara satu pribadi dengan pribadi yang lain butuh waktu yang lama untuk saling mensinkronkan walaupun yang diperlihatkan sebuah kemesraan. Penampakan sepintas sering mengecohkan bagi yang melihatnya. Jatuh cinta pada pandangan pertama boleh-boleh saja. Bahkan banyak yang menikah tanpa melalui proses pacaran. Akan tetapi, benci dan cinta adalah sebuah misteri. Dari berbagai pengalaman beberapa orang, seorang wanita yang tergila-gila pada seorang pria, setelah ditelusuri, wanita tersebut didapati pernah melakukan hal yang sangat tidak terpuji kepada pria yang sedang melakukan pendekatan tersebut dengan meludahinya. Cinta Ditolak Dukun Bertindak Entah bagaimana, lama-lama wanita tersebut tumbuh rasa cinta yang terus berlanjut hingga sampai tergila-gila. 

Sehingga sebagian orang yang percaya kepada hal-hal yang mistis, menganggap bahwa peristiwa itu timbul karena dendam pria yang diludahi lalu melakukan guna-guna yang ditujukan kepada wanita tersebut. Ada pengakuan, guna-guna yang dilatar belakangi dengan penghinaan keji tersebut akan menambah mudah dalam pemprosesannya. 

Mungkin juga, karena bagaimanapun orang tidak percaya mistis, dia tidak jarang memberikan bukti terlepas itu hanya kebetulan atau tidak. Tuhan Maha Membolak Balik Terlepas dari semua itu, perbuatan membenci yang berlebihan, apalagi tanpa alasan yang jelas adalah perbuatan yang tidak baik. Orang yang dibenci dengan penghinaan pasti hatinya sangat terluka. Dia bermaksud baik ingin mencintai tapi yang diterima sebuah penghinaan, ibarat memberi susu dibalas dengan air tuba. Sungguh tiada perasaan. Wajar orang tersebut melakukan sesuatu sebagai reaksi apa yang ditimpakan, tentunya dengan segenap rasa pedih dan prihatin. Sungguh sebuah kesombongan, bagi orang yang dicintai malah justru membalasnya dengan membenci. Sejelek apapun dalam pandangan seseorang, manusia punya harga diri. Secantik apapun manusia semua hanya sementara, karunia Tuhan bukan untuk disombongkan. Bersukur dikaruniai kecantikan, coba, dirinya yang dijadikan orang jelek. 

Barangkali tidak dengan diguna-guna juga Tuhan Maha Membolak Balikan untuk memberikan pelajaran, tidak malukah yang tadinya benci setengah mati berbalik menjadi tergila-gila. Manusia mungkin punya hak juga untuk membenci, akan tetapi, kebencian juga dapat dilakukan tanpa melukai orang lain. Menolak cinta dengan simpatik akan memberikan kekaguman kepada orang yang ditolaknya. Diapun akhirnya akan menyadari bahwa cinta tidak dapat dipaksakan. Someday your soulmate will be your enemy, aja moyok mbokan dadi ngoyok-oyok.