Kamis, 09 Agustus 2018

7 Kebanggaan Dikaruniai Anak Shalih


Anak Shalih adalah anak yang senantiasa mendoakan orang tuanya. Dalam kehidupan anak shalih taat kepada orang tuanya, rajin menjalankan ibadah dan bertindak tanduk mencerminkan akhlak yang mulia (akhlakul kharimah)

Beruntunglah orang yang dikaruniai anak yang shalih daripada sebaliknya yaitu anak yang durhaka kepada orang tua, pembangkang dan berperilaku sehari-hari tidak baik.

Dibawah ini 7 kebanggaan dikaruniai anak shalih.

1. Doa anak shalih dikabulkan.

Rasulullah bersabda, "Apabila manusia mati, terputuslah amalannya kecuali dari tiga perkara: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat,  dan anak shalih yang mendoakan untuk orang tuanya." (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

Bayangkan jika kita memiliki anak shalih dalam jumlah yang banyak dan mereka semua mendoakan kita. Bukankah itu sebuah pahala yang luar biasa?

2. Ditambah umurnya

Rasululkah bersabda: "Sesungguhnya Allah tidak akan menangguhkan umur seseorang apabila ia telah sampai ajalnya. Penambahan umur itu hanyalah apabila menganugerahkan keturunan yang shalih kepada seorang hamba. Orang tuanya didoakan, maka sampailah doa ke alam kuburnya." (HR. Hakim dari Abu Darda)

3. Diangkat derajatnya disisi Allah

Rasulullah menerangkan bahwa, setelah meninggal dunia, derajat orang masih bisa diangkat. Si mayit yang merasa diangkat derajatnya terkejut dan berkata, "Ya Allah, apa ini?" maka akan dijawab, "Itu karena anakmu selalu memintakan ampun untukmu". (HR. Al-Bukhari dalam Adab Mufrad, dari Abu Hurairah)

4. Anak shalih selalu menjaga keluarga
  Anak shalih tentu akan menjaga nama keluarga terutama orang tua. Ketika keluarganya punya masalah, maka ia akan mencari solusi dan merahasiakan aib itu dari orang lain. Jangankan mencemarkan nama baik keluarga, berkata "ah" kepada orang tuanya saja dia tidak akan berani.

5. Selalu menasehati keluarga

Anak shalih akan paham bahwa kepatuhan dia kepada Allah adalah salah satu hasil dari pendidikan orang tua dan keluarganya. Oleh karena itu, dia akan berusaha menasehati keluarganya yang menyelenceng dari aturan agama. Allah berfirman, "Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya dari manusia dan batu". (QS. At-Tahrim: 6)

6. Orang tua akan mendapat pujian

Ketika orang tua punya anak yang shalih yang segala tindak tanduknya mencerminkan akhlak mulia, maka orang tua akan mendapat pujian dari orang lain. Orang akan membicarakan dan meminta pendapatnya tentang bagaimana cara mendidik anak supaya menjadi anak yang shalih.

7. Anak  shalih meringankan beban orang tua

Anak shalih akan selalu berusaha meringankan permasalahan yang dihadapi orang tua. Ia akan tahu diri dan menempatkan segala sesuatu pada tempatnya. Bukan malah membebani orang tua.

Referensi : buku berjudul "Ya Allah Diakah Jodohku", Mencari bidadari yang sesuai hati nurani, Burhan Sodiq.

0 komentar:

Posting Komentar