Minggu, 24 Februari 2019

Tips Menghindari Bahan Kosmetik Berbahaya



Sering kita dengar berita tentang produser kosmetik yang ditangkap polisi, karena memproduksi kosmetik tanpa ada ijin dari BPOM, lebih -lebih setelah diteliti, produk tersebut memiliki komposisi bahan yang mengandung unsur yang berbahaya.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan produk mengandung unsur yang tidak seharusnya ada didalam racikan sebuah produk yang bertujuan untuk menambah kulit menjadi lebih indah dan sehat.

Diera globalisasi seperti sekarang ini, berbagai macam produk di dunia ini begitu mudahnya keluar masuk ke sebuah negeri. Perdagangan online dimana-mana. Semua orang dapat melakukan transaksi jual beli dengan mudahnya.

Begitu juga penjual produk itu sendiri, mereka begitu mudah menawarkan produknya dengan segala iming-iming yang begitu menyenangkan tanpa melihat lebih jauh kualitas dari produk itu sendiri.

Kemudahan akses dan informasi di jaman digital tidak semua barang dapat terfilter dengan baik oleh yang berwenang. Oleh karena itu kitalah yang harus hati-hati dan lebih pintar memilih, mana produk yang baik dan yang tidak baik. Salah dalam memilih, pertama yang merasakan kerugian adalah kita juga.

Produk yang baik adalah produk yang fungsi dan penggunaannya dapat dipertanggung jawabkan dengan tujuan dari produk tersebut setelah digunakan. Ini sangatlah penting dengan produk yang menyangkut kesehatan, apalagi menyangkut kecantikan dan kulit seperti produk kosmetik.

Tidak lucu, jika bersusah payah membeli produk dengan tujuan menjadi lebih cantik, yang didapat malah menjadi jelek. Sudah berkorban uang, perasaan juga. Stres, malah jadinya.

Memang, untuk membedakan dengan kasat mata dijaman teknologi yang canggih ini tidak mudah, antara kemasan abal-abal dan yang canggih, antara yang palsu dan yang asli nampak mirip sekali, sekilas bahkan tak nampak perbedaannya.

Namun, bukan berarti kita gagal fokus, kita masih dapat melakukan penelitian lebih mendalam dengan tips dan trik tertentu.

Yang perlu kita perhatikan lebih detil dalam membeli sebuah produk adalah mencakup beberapa hal sebagai berikut.

KEMASAN PRODUK


Pertama, secara kasat mata, kemasan produk resmi yang sudah berijin lengkap dan sudah melewati ujicoba kelayakan oleh yang berwenang adalah perusahaan besar  mempunyai kertas merk dan logo yang dicetak dengan alat yang canggih dan mahal.



Jika dilihat dan dibandingkan dengan teliti, merk atau produk abal-abal yang dicetak dengan alat yang abal-abal juga akan lebih terasa perbedaanya. Dari kualitas kertas dan bentuk cetak yang yang dihasilkannya.

Dari segi kemasan wadah juga dapat dilihat, antara wadah yang dibuat dengan alat lebih canggih dan mahal tidak akan sebaik dengan produk tiruan. Seperti dari kehalusan, kerapihan dan juga, kontras warna yang lebih kusam.

Dapat dilihat juga dari kerapihan bungkus kemasan yang  terlihat lebih rapi dan pas.

INFORMASI PRODUK

Informasi produk sangat penting kita ketahui, karena menyangkut kelayakan produk itu sendiri digunakan.

Dalam melihat kemasan sebuah produk yang penting kita perhatikan pertama tentunya, tanggal kedaluarsa yang tertulis di catatan produk tersebut.


Selanjutnya, kita pastikan produk tersebut terdaftar di BPOM atau tidak. Terdaftar dan tidaknya sebuah produk merupakan bukti bahwa produk tersebut memiliki ijin edar atau tidak. Produk yang terdaftar merupakan sekaligius produk yang memiliki ijjin edar, sedangkan produk yang tidak terdaftar adalah produk ilegal, seperti produk palsu, tidak layak , bahkan terlarang. Bukti sebuah produk terdaftar biasanya dicantumkan juga nomor daftar dikemasannya.

Untuk meyakinkan nomor daftar tersebut itu benar atau hanya tulisan palsu, konsumen dapat membuktikan mengeceknya langsung di BPOM sendiri dengan mengunjungi situs BPOM di, [https://cekbpom.pom.go.id/] disana kita dapat melihat apakah nomer tersebut terdaftar disana atau tidak.

Dengan begitu kita yakin, bahwa produk tersebut diproduksi dari produsen yang jelas dan kualitas yang dapat dipertanggung jawabkan.

KOMPOSISI BAHAN

Kosmetik adalah produk yang terbuat dari komposisi berbagai bahan dicampurkan.

Percampuran bahan yang berbahaya bisa saja dilakukan disana. Hal ini, khususnya dengan pengaruhnya terhadap kulit.



Beberapa bahan berbahaya yang perlu kita ketahuai seperti,

1. Timbal

Timbal sering juga digunakan dalam komposisi kosmetik, pada ukuran tertentu, penggunaan timbal diperbolehkan, akan tetapi ukuran kadar timbal yang berlebihan tidak baik, mengingat timbal dapat memicu kerusakan saraf dan otak. Timbal juga ddapat menyebabkan kardiovaskuler dan gangguan ginjal.

2. SLS

Dalam kadar tertentu, SLS dan Sodium lauryl sulfates berguna dalam komposisi kosmetik sebagai pengengkat minyak dan kotoran kulit, akan tetapi  SLS dapat menimbulkan iritasi pada mata dan kulit.

Untuk pemilik kulit kering dan sensitif kandungan ini sebaiknya dihindari. Bahkan, kandungan ini yang terdapat dalam sampo dapat menimbulkan rambut kusam, karena SLS dapat melunturkan pigmen.

3. Aluminium

Aliminium dalam kosmetik berfungsi menghambat kelenjar ketiak untuk menghindari basah yang menimbulkan bau bahan.

Untuk itu, sebaiknya penggunaan deodoran untuk menghambat bau badan yang mengandung aluminium sebaiknya dihindari.

Penggunaan jangka panjang aluminium, juga dapat menyebabkan kanker payudara dan Alzheimer.


4. Merkuri

Pemakaian merkuri dilarang keras pada produk kosmetik. Pada berbagai kasus sering ditemui jenis kosmetik yang mengandung merkuri. Biasanya pada jenis lotion dan krim yang dipercaya dapat membuat kulit menjadi putih, terang dan kinclong.

Pemakaian merkuri dapat mengakibatkan berbagai dampak negatif pada tubuh, seperti alergi, iritasi hingga gangguan janin dan kanker.


5.Phthalates

Tidak hanya digunakan pada produk rumah tangga, mainan hingga alat kedokteran,  Phthalates  juga ditemukan pada  produk kosmetik sebagai zat yang dapat melenturkan.  Zat kimia ini dapat menghambat hormon dan menyebabkan kerusakan pada sistem reproduksi.

CEK KECOCOKAN PADA KULIT

Sebelum kita mengaplikasikan kosmetik ke tubuh, alangkah baiknya kita terlebih dahulu melakukan test pada kulit.

Caranya, oleskan sedikit bagian kosmetik dikulit tepat dibagian belakang telinga. Tunggu sebentar dan kemudian, lihat reaksinya.

Jika terasa gatal atau kulit memerah itu tandanya terdapat kandungan bahan pada kosmetik yang tidak cocok dengan kulit kita. Jika dipaksakan, kulit bisa alerhi atau iritasi.

Sebelum anda kecewa membeli barang, sebaiknya teliti dulu sebelum membeli. Pastikan membeli kosmetik yang tepat untuk tubuh kita.


Bagaimana jika membeli di online?

Membeli barang di online, ada lagi caranya untuk terhindar dari mendapatkan barang yang tidak kita inginkan.

Begitu banyak jual beli online di dunia maya, siapapun dapat melakukannya.

Bedanya, jual beli didunia nyata, kita dapat melihat barang secara langsung, sehingga kita dapat menilai, meneliti dan mengecek sepuasnya. Dalam online, barang yang hendak kita beli terpajang dalam bentuk gambar saja dan semuanya sama menariknya.

Jika kita tahu caranya, semua akan baik-baik saja.

Pertama kita pastikan toko online yang kita beli creditable. Biasanya, toko online yang jelas pemiliknya, link yang jelas, dengan promosi biaya mahal, seperti  promosi di media televisi atau event-event besar natioanal, bahkan dunia.

Managemen perusahaan dengan modal yang besar, sudah barang tentu akan berusaha melayani pembeli dengan sebaik-baiknya. Tidak terkecuali dengan kualitas produk yang dijual.

Namuan demikian, bukan berarti tidak boleh membeli di penjual online kecil, boleh saja kita membeli lewat online pada orang yang sudah kita kenal, seperti teman atau kenalan yang menawarkan barang lewat online, disamping kita sudah kenal dengan sifat orangnya, kita juga tidak ragu menanyakan kualitas barang yang dijualnya.

Cara lain untuk mengetahui kualitas barang dari penjual online bisa dilakukan dengan membaca pengakuan orang yang pernah melakukan pembelian produk tersebut, diberbagai forum, kolom komentar dll. Biasanya jika barang yang dibeli tidak memuaskan pembeli akan komplain, mengeluh, dan ungkapan-ungkapan lain tentang produk tersebut, sebaliknya, kepuasan memakai produk tertentu  tidak luput dari statement para konsumennya tentang bagusnya produk tersebut, juga.



Referensi : The Best Women Can Get, Cantik Menawan/www.cantikmenawan.com










1 komentar:

  1. salam kenal ya,mari bermain bersama kami di www.fanspoker.com
    banyak hadiah dan bonus yang menanti anda.
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus