Selasa, 15 Mei 2018

Petunjuk Membuat Aplikasi Dengan Belajar Sendiri


Dijaman sekarang, internet adalah sebuah lahan baru bagi kehidupan manusia, jika semula internet hanya bisa diakses hanya diperangkat computer yang umumnya hanya dimiliki orang tertentu saja, sejak berkembangnya dunia telekomunikasi sekitar tahun 2003 manusia berhasil menciptakan alat telekomunikasi dari telepon kawat menjadi telepon tanpa kawat, telepon angin, begitu orang primitif pada jaman itu menyebutnya.

Teknologi gadget itu melesat cepat sekali, hanya dalam kurun beberapa tahun dari telepon yang hanya bisa mengantarkan kata-kata, berkembang menjadi pengantar gambar, dari gamabar menjadi pengantar video dan seterusnya, menjadi apa saja yang dibutuhkan oleh manusia yang membuatnya.

Semua itu karena ditunjang oleh sebuah alat yang bernama aplikasi. Dari aplikasi ini henpon manjadi hal yang paling menarik dalam kehidupan dan telah menjadi kebutuhan hidup yang tanpa dia hidup seakan hampa, bahkan tak bisa bekerja.

Aplikasi yang merupakan bentuk software dari teknologi computer yang pada akhirnya dapat tertanam di henpon waktu demi waktu selalu dikembangkan.

Lebih uniknya lagi, aplikasi yang pada mulanya notabene hanya bisa dibuat oleh seseorang yang ahli dibidangnya, dalam hal ini adalah orang yang telah menempuh pendidikan tinggi khusus di bidang IT.

Karena teknologi juga, sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Kenyataan Aplikasi kini sudah banyak dibuat dan dikembangkan oleh siapa saja, tanpa melihat latar belakang pendidikan, suku, ras dan yang lainnya. Yang perlu diperlihatkan disini adalah kemauan, mau belajar dan kerja keras.

Oleh karena itu disini akan diuraikan bagaimana menjadi pengembang aplikasi atau Develeper of Application dengan belajar sendiri.

6 langkah ini, InsyaAllah bisa mengantarkan kesana dengan syarat yang harus anda penuhi yaitu, kemauan, mau balajar dan kerja keras. Lulusan sekolah, bisa apa saja, disini hanya disarankan untuk tidak buta huruf dan buta bahasa, minimal bahasa Indonesia. 6 cara yang bisa anda lakukan tersebut adalah:

.1. Mendapat Pengetahuan Tentang Aplikasi.

Aplikasi (Application) adalah : Perangkat lunak dalam bahasa Ingris bernama software application, adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan tugas yang diinginkan pengguna. Dalam hal aplikasi, termasuk salah satu jenis komputer adalah henpon.

Cara kamu mendapatkan pengetahuan tentang pembuatan Aplikasi adalah dengan cara :

* Jika kamu punya teman yang bersekolah di jurusan IT, cobalah bertanya dan minta untuk diajari tentang ilmu pengkodingan. Karena aplikasi adalah software yang dibuat oleh code-code yang berisi scrips-scrips bentuk perintah kepada komputer secara langsung untuk melakukan apa yang kita ingin komputer lakukan.

* Kamu bisa melakukan kursus di tempat kursus yang mengadakan program pembuatan aplikasi.

* Ikutlah jika ada program-program pelatihan di desamu yang membahas tentang pembuatan aplikasi yang baru-baru ini sering diadakan, biasanya oleh Departemen KOMINFO sendiri.

* Browsing di internet, dapatkan kata kunci yang mengarah ke tutorial-tutorial gratis tentang bagaimana cara membuat aplikasi.

2. Pilih satu platform saja untuk didalami.

 Aplikasi dalam hal ini aplikasi selluler ada banyak jenis platform seperti, Apple (iOS), Android, Windows, Symbian dan RIM (Blackberry).

Anda bisa saja mengkodekan semua platform-platform tersebut, tapi untuk lebih fokus sebaiknya kuasai satu saja terlebih dahulu.

Sekarang aplikasi yang paling populer dan laku di pasaran adalah, Android. Sepertinya itu pilihan yang tepat untuk pemula untuk menjurus ke arah komersial atau penghasilan.

3.Gunakan wadah pembelajaran-pembelajaran yang mereka masing-masing adakan di jaringan internet.

Sebagai contoh, Android mempunyai situs dengan nama, Android Developers Training, Apple memiliki situs, iOS Dev Center dan masih banyak lagi situs-situs yang lain, sebagai penunjang ataupun lebih detil lagi.

Salah satu situs yang mempelajari bidang pengkodean adalah W3Schools, situs tersebut memiliki bagian khusus pada Jquery Mobile yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi seluler. Sistem pengkodeannya berdasarkan pada CSS3 dan HTML5. Kamu juga bisa mengunjungi situs-situs yang menawarkan kelas internet gratis untuk beragam bidang, seperti edx atau Coursera.

3. Melatih Kecakapan Diri.

Kembangkanlah kecakapan yang lain disamping kecakapan membuat aplikasi, seperti, belajar mengetik, belajar berbahasa Ingris dan istilah-istilah dalam dunia internet lain, agar bisa menunjang bukti adanya kecakapan yang anda miliki,jika suatu saat anda ingin melamar pekerjaan yang bergulat dibidang itu.

4. Kembangkan Aplikasi Kamu

Tidak masyalah apapun jenis aplikasi hasil buatanmu, pengembangan juga perlu dilakukan, agar lebih asik dan lebih mengena kepada pengguna.

5. Belajar Memasarakan

Aplikasi yang kamu buat untuk bisa dijual dan menjadi penghasilan juga tidak luput dari bagaimana anda memasarkannya.

Kamu bisa menjual secara langsung atau onlie. Cara lain yaitu bekerja sama dengan perusahaan sebagai publisher iklan.

Google sendiri punya program kerja sama dalam pempublishan iklan dengan kamu memasukannya ke lapak playstore miliknya untuk penayangan iklan dan kamu akan mendapat bagian dari pembayaran iklan tersebut yang diberikan oleh google.

6. Bergaulah lebih banyak dengan orang-orang yang mempunyai hobi yang sama, melakukan sharing-sharing dan bertukar pengalaman.

Begitulah 6 cara yang saya berikan untuk kamu dapat menjadi seorang pengembang aplikasi yang sekarang sedang begitu diminati karena, jika kamu bisa ulet dalam mengelola bisnis dibidang aplikasi ini, seperti sering diberitakan dimedia-media dengan seorang pengembang aplikasi yang berpenghasilan ratusan juta bahkan sampai milyaran. Uniknya, mereka banyak dari kalangan orang yang tidak mengenyam pendidikan yang special dibidangnya, bahkan mereka melakukan itu dengan outodidak. Demikian, setelah mereka, semoga yang selanjutnya adalah kamu.


sumber :
* https://id.wikihow.com/Menjadi-Pengembang-Aplikasi-

* https://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi

* Research sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar