Rabu, 23 Mei 2018

6 Hantu Indonesia Yang Paling Menyeramkan Dan Cara Menangkalnya


Di Indonesia, hantu adalah hal yang paling dikenal oleh masyarakatnya, hal itu dikarenakan hantu sangat menakutkan. Entah apa yang membuat begitu, padahal, dalam aksinya hantu  tidak melakukan apa-apa. Hanya diam berdiri menampakan diri, kenapa orang yang melihat akan lari terbirit-birit, atau sebaliknya, tidak dapat lari sama sekali.

Hantu ada di mana-mana. Tidak hanya di Indonesia, di negara lain jauh sana juga hantu tak kurang terkenalnya. Terbukti dengan film-film hantu yang populer dan selalu punya tempat dihati penontonnya.

Tapi, yang aku sendiri tak mengerti, kenapa bentuk hantu antara suatu negara dengan negara lain tidak sama. Di Indononesia tak ada hantu Casper, juga tidak ada hantu Wampir dan hantu-hantu luar negeri yang lainnya yang biasa kita tonton di film-film barat yang kerap diputar di media-media Indonesia.

Dan pada post ini saya akan mengenang kembali hantu-hantu Indonesia, hantu kita, hantu-hantu yang mungkin berkeliaran disekeliling kita tapi kita melupakannya, karena kita jarang berjumpa, akhirnya mereka lebih banyak aktif dalam cerita, baik cerita dari teman yang punya pengalaman berjumpa dengan mereka atau dalam bentuk cerita-cerita mistis diberbagai media.

Tapi yakinlah bahwa mereka itu ada dan mereka begitu banyak bentuknya. Mereka adalah seperti yang akan kita paparkan satu persatu dibawah ini, lengkap dengan bentuk, ujud dan bagaimana cara menangkalnya.

Macam-macam mereka adalah

1. Pocong

Hantu pocong ini adalah satu jenis hantu yang paling dikenal di setiap pelosok negeri karena termasuk yang paling sering menampakan diri. Bentuknya menyerupai mayat yang terbungkus kain kafan dengan kain dibagian muka yang sedikit terbuka oleh satu tali pocong bagian atas yang lepas dan muka yang menghitam gosong. Ia biasanya muncul dengan penampakan berdiri diam terpaku. Tempat yang ia sukai biasanya dipojok kuburan dan disela-sela rumpun pohon pisang yang rimbun.

Diceritakan asal mula dari hantu ini adalah dari seorang yang mati dan salah satu tali kain kafannya lepas atau lupa tidak dipasang, hingga ia pergi guna mencari atau meminta tali pocong yang lepas itu. Jika anda kebetulan harus melihat penampakan itu, baca do'a sesuai keyakinan, lalu palingkan muka sebentar untuk mengalihkan pandangan, Insya Allah dia akan menghilang dari pandangan anda.

2. Kuntilanak

Tidak kalah seramnya hantu kuntilanak ini, karena dalam aksinya, disamping bentuknya yang membuat bulu kuduk berdiri, dia juga suka tertawa terbahak-bahak atau ngakak layaknya tertawanya seorang perempuan yang bersuara lantang  membahana sampai ke angkasa.

Bentuk dari hantu ini menampakan seorang wanita yang berpakaian putih dengan rambut hitam berjumbai tak beraturan hingga menutupi mukanya dan mempunyai punggung yang bolong atau berlubang akibat dari keluarnya bayi yang dikandungnya..Tempat yang ia sukai biasanya pohon yang rindang dan angker. Ia juga suka terbang melayang. Kedatangannya biasanya ditandai dengan bau wangi kembang kantil.

Konon asal muasal dari hantu ini adalah dari seorang perempuan yang meninggal dalam kondisi sedang mengandung bayi atau hamil. Ia merasa telah melahirkan dari punggungnya dan arwahnya gentayangan mencari-cari anak yang telah sekian lama susah payah dikandungnya.

Untuk menangkal akan datangnya hantu ini, gantunglah upih (pelepah buah pinang) di tempat yang sering dikunjunginya, karena kuntilanak tidak suka dengan benda ini.

3.Genderuwo

Hantu yang satu ini, berbentuk seorang lelaki yang sangat tinggi, besar, badannya berbulu dan menyeramkan. Kedatangannya biasanya ditandai dengan bau ubi bakar atau kentang. Awas, hantu ini juga suka menyamar suami orang dan menggauli istri dari suami yang disamarinya tersebut.

Kita sering mendengar pengakuan anak genderuwo karena suami yang tidak merasa menggauli istrinya  tapi sang istri mengandung, namun tidak demikian sang istri, ia merasa bahwa saat suaminya berpamitan untuk pergi, mendadak dia pulang lagi dan menggaulinya. Hal itu karena yang datang adalah seorang genderuwo yang menyamar sebagai suami perempuan tersebut hingga anak yang dikandungnya itu lahir. Biasanya anak yang lahir dengan pengalaman seperti itu ada keganjilan pada fisik dan sifatnya yang menyerupai ayah biologisnya.

4. Kuyang

Kuyang adalah hantu wanita tua jelek yang haus darah, hobinya meminum darah. Bentuknya merupakan sepenggal kepala dengan organ tubuh yang menggantung. Siapapun yang berjumpa dengannya akan sangat ketakutan. Kunyang datang bermaksud menangkap manusia untuk dihisap darahnya sebagai sarat mengembalikan sebagian tubuhnya yang hilang.

Tapi, manusia jangan kewatir, karena hantu kunyang ini sangat jarang untuk berhasil menampakan diri kecuali pada orang-orang sesat yang sengaja mengundangnya demi kepentingan tertentu.

5. Wewe Gombel

Hantu wewe gombel berbentuk seorang nenek-nenek tua yang suka menculik anak namun tidak untuk dicelakai. Anak yang diculiknya biasanya anak yang ditelantarkan oleh orang tuanya. Nenek gombel juga akan menakut-nakuti orang tua anak yang diculiknya hingga ia sadar akan perbuatannya menelantarkan anak. Dan wewe gombel baru akan mengembalikannya setelah orang tuanya itu sadar. Baikah dia? Maka dari itu jagalah anak dengan baik agar tidak dibawa nenek gombel.
6. Banas Pati

Hantu banas pati ini muncul ditandai adanya kobaran api disuatu tempat yang angker. Tanda-tandanya adanya kobaran api yang mendadak muncul tanpa sebab yang pasti. Namun bentuk hantu ini sebetulnya kepala makhluk yang sangat menyeramkan. Dia bermata besar, bertaring dan ganas.

Hantu ini bisa membunuh bagi siapa yang menjumpainya dengan cara membelah tanah dan kemudian menutupnya kembali. Tapi untuk mencegah hal-hal yang berbahaya itu, hantu ini bukan tidak mungkin dihindari, karena hantu ini sesungguhnya punya kelemahan, yaitu kalau suatu saat anda berjumpa dengan hantu ini, silakan nyalakan api, biasanya api yang dikeluarkan hantu tersebut akan padam, akan tetapi  jika api tetap tidak padam, segeralah tancapkan jarum atau paku ditanah sekitar hantu itu berada. Dengan itu, banas pati tidak mampu membelah tanah dan anda tidak masuk kedalamnya.
Itulah 6 hantu di Indonesia yang sangat menyeramkan, anda boleh percaya atau tidak, bagi yang pernah mengalami, bolehlah berbagi, bagi yang belum pernah mengalami, tapi setidaknya percaya bahwa makhluk di dimensi lain with ghoib itu ada.

0 komentar:

Posting Komentar