Senin, 28 Mei 2018

9 Cara Ampuh blog Muncul Di Halaman Pertama Google



Perlukah kontent yang kita tulis diblog berada di halaman teratas pada pencarian Google?

Semakin konten yang kita tulis berada di baris paling atas, saat orang mencari sesuatu melalui mesin pencari Google, semakin besar kemungkinan konten hasil tulisan kita dibaca orang. Dibaca orang adalah tujuan utama kita ngeblog. Apalagi sesuatu yang kita tulis dapat bermanfaat bagi orang lain.Siapa yang menunjukan jalan pasti akan ditunjukan jalan. Siapa menuai, siapa menabur. Itu idealismenya.

Atau kita telah memonitize blog kita, setiap orang yang membaca postingan kita dan melihat ada iklan lalu iseng mengkliknya kita akan dapat imbalan duit dari perbuatannya. Mereka mungkin tidak tahu bahwa isengnya itu sebetulnya begitu berarti bagi orang-orang yang beriman, maksudku, bagi yang telah menulis postingan.

Akan tetapi, bagaimana mereka akan membaca berita kita kalau tulisan kita tidak kelihatan batang hidungnya disana, boro-bora di barisan paling atas, sepuluh besar saja tidak. Menunggu orang nyasar, kapan.

Itulah kenapa usaha itu perlu. Sebenarnya ada trik-trik yang membuat website kita muncul dihalaman paling atas mengalahkan website pesaing kita yang lebih dulu mengetahui hal itu.

Untuk membuat website kita tampil dihalaman paling atas di google memang hal yang tidak mudah dan begitu sulit jika hanya dengan ditebak-tebak. Oleh karena itu kita harus mempelajari caranya. Kebetulan dalam artikel ini saya akan berbagi pengetahuan sehubungan dengan hal itu, tentu saja cara bagaimana "page one" bisa terjadi pada website kesayangan kita. Mulai saja dibawah ini;

1. Kata Kunci

Dibolak balik kemana saja, bicara soal SEO (Search Engine Optimism) untuk sebuah postingan sebuah website yang paling penting tetap saja "Kata Kunci" (Keyword)
 karena tulisan itu sendiri adalah rangkaian dari kata-kata. Setelah tema dan gagasan diputuskan, mencari kata kunci yang paling cenderung terpikirkan dibenak orang saat mau mencari topik pembahasan yang terkait.Itulah rahasianya, bagaimana kemampuan kita membaca pikiran semua orang. Jika anda seorang mentalis, bolehlah.

Tapi membaca pikiran orang bukan barang gampang. Untuk dapat melakukkannya, kita bisa menggunakan alat yang disediakan oleh google sendiri yang bernama "Google Adword Keyword Tool" dan "Keyword Tool", keduanya digunakan untuk mencari kata kunci utama target (Short Keyword).

Setelah kita berhasil mendapatkan kata kunci terbaik dari hasil dalam membaca pikiran maupun dengan menggunakan alat, kini kita saatnya memasukan kata kunci tersebut didalam artikel. Tujuan memasukan kata kunci adalah memberi tahu mesin pencari agar artikel diindex dan muncul di pencarian google yang berarti ini rahasia halaman pertama google dan bagimana cara agar website tampil dihalaman pertama google. Tanpa menggunakan kata kunci target yang sesuai maka usaha akan sia-sia untuk membuat website tampil di halaman pertama Google.

2. Tentukan topik

Lebih melebar lagi, kini kita saatnya mencari topik pembahasan, topik apa kira-kira yang sedang ramai dibahas orang namun tidak bersifat musiman. Caranya adalah dengan melihat artikel-artikel apa yang sedang ramai dibicarakan di google sendiri. Mungkin kita perlu browsing.

Ada alat dari google yang bisa kita gunakan yaitu, Google Trend dimana kita dapat mempersempit pencarian guna mencari topik yang lebih spesifik. Tujuan mencari topik yang tepat adalah agar website kita akan meuncul lebih cepat setelah selesai memposting artikel di mesin google pencarian.

3. Inspirasi Halaman Pertama Google

Tidak ada salahnya sebelum menulis sebuah artikel kita buka-buka dulu halaman depan google, disana kita bisa mendapatkan inspirasi, topik apa yang paling disukai google untuk di munculkan dihalaman pertama dan kemudian kita perhitungkan dengan topik yang hendak kita tulis, seberapa kuat untuk menandingi kompetitor dengan jenis kata kunci yang telah dipersiapkan.



Analisa satu per satu dari 3 besar situs di halaman pertama Google, kata kunci apa yang terdapat didalamnya yang menjadi inti dari rahasia untuk menjadikan artikel muncul dihalaman awal.Dari situ dapat dikembangkan, baik kata kunci dan ide yang terdapat didalamnya untuk inspirasi tambahan dalam menulis.

4. Judul Yang Unik

Buat Judul seunik mungkin,jika perlu yang kontraversial, tapi ini mengandung resiko. Letakan kata kunci yang sudah didapatkan sebagai target utama disana. Judul yang unik akan mempermudah blog ditemukan oleh Google sehingga membuat blog lebih mudah tampil di halaman pertama pada saat orang mengetik di mesin pencari dalam pencarian di Search Engine sekaligus menambah penasaran pencari untuk segera membukanya dan berpotensi untuk website muncul di halaman pertama.

Kesimpulan, rahasia agar website tampil di halaman depan dan paling atas google adalah dengan kata kunci target yang berbobot, relevan dengan topik artikel, tidak kopi paste dan lain-lain.

5. Penulisan Artikel

Tulislah artikel dengan sebaik mungkin. Ejaan dan kata-kata yang baik membuat artikel tidak dicap sebagai artikel abal-abal. Meskipun kita mempunyai kata kunci yang diyakini SEO friendly, kemudian memasukannya dengan berlebihan tanpa menghiraukan situasi tempat yang tepat, ujung-ujungnya tulisan menjadi berantakan dan aneh membuat pembaca malah bosan dan malas untuk membacanya.

6. Gambar

Isi artikel yang berkaitan dengan kata-kata dan keterangan yang jelas dan padat merupakan hal yang utama dalam sebuah artikel, tapi kita tidak boleh lupa akan faktor pendukung sebuah cerita di era sekarang tidak kalah penting adalah penyertaan gambar. Disamping sebagai pemanis juga membuat cerita menjadi lebih mengena dan berbobot dengan visual yang berkaitan dengan isi tulisan yang disampaikan, menjadikan apa yang ditatap jadi tidak membosankan. Biarlah pembaca dimanjakan dengan karya anda dan akan selalu kembali menunggu karya anda yang selanjutnya. Disebuah blog, mempunyai pengunjung yang setia adalah suatu hal yang sangat menguntungkan.

7. Penyertaan Link

Berikan Link Relevan Di Dalam Artikel
Sertakan link ke artikel lainnya didalam artikel yang paling relevan dengan isi topik pembahasan. Usahakan link yang digunakan singkat dan mengandung kata kunci yang dituju dan paling berbobot, usahakan kata kunci yang terdapat pada link tidak terlalu panjang.

Contoh jika artikel membahas tentang topik “ Burung Lovebird Yang Sedang Ngetrend menjadi burung kontes di Indonesia”, maka bisa gunakan link yang mengarah ke artikel dengan kata kunci “Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula” dan lain sebaginya.

Berikan Tag Pada Artikel
Tag juga berguna untuk memperbanyak kata kunci di mesin pencarian Google. Untuk itu, saat menulis artikel usahakan memberikan tag yang masih berhubungan dengan topik pembahasan artikel.

Tag hampir sama dengan kategori, hanya saja penggunaannya lebih tidak terikat kedalam isi topik blog utama namun lebih ke topik isi pembahasan artikel. Jadi usahakan tag yang diberikan juga memiliki relevansi yang erat dengan isi artikel.

8. Submit Artikel ke Google

Setelah artikel selesai ditulis dan di publikasikan jangan lupa untuk mendaftarkan website ke search engine lalu gunakan layanan Google addurl atau fetch as Google atau resubmit sitemap supaya artikel cepat terindex dan masuk halaman pertama google.

9. Jurus Terakhir

Jika sekiranya semua sudah dilakukan, tapi yang diharapkan tetap saja tidak ada perubahan, mungkin saingan ada lebih hebat dari anda. Saingan disini adalah menyangkut blog yang sama dengan blog anda, tapi dia lebih jos dalam trik-trik SEOnya. Caranya, cari dan temukan blog yang berkriteria sama dengan blog anda, kemudian teliti apa yang lebih diblognya dibanding dengan punya anda. Teliti, apakah kata kunci atau keyword anda juga dipunyai olehnya. Atau diam-diam mereka lebih berani berkorban dengan membayar jasa PPC yang sudah pasti blog mereka akan dijejal-jejalkan terus digaris depan oleh perusahaan yang telah dibayarnya. Dalam hal ini karya anda lebih baik dari padanyapun dijamin kalah.

Apalagi perusahaan jasa PPC (Price Per Click) dalam bahasa Indonesia," Harga Per Klik " itu masih saudaranya google. Jadi, tinggal anda ikut malakukannya, beres, kan?

Tapi, jika anda merasa telah melakukan semua tips dan trik yang telah dipelajari dari mana saja, tapi tetap saja website belum berada sesuai yang diharapkan, beberapa hal yang lain mungkin terjadi, seperti, terlalu banyak menggunakan kata kunci yang tidak relevan dengan topik yang dibahas, usia domain yang belum cukup umur, pembahasan artikel yang masih rendah yang dianggap tidak sesuai untuk dimasukan dalam mesin pencari oleh google dan masih banyak hal-hal yang mempengaruhi peringkat blog yang lainnya.

Penutup

Begitulah 9 cara ampuh blog muncul dihalaman pertama google yang saya berikan, akan tetapi postingan sebuah blog yang bagaimana layak ditampilkan dihalaman pertama menurut google kenyataanya tidak ada yang bisa mengetahui dengan pasti. Hanya Google Yang tahu. Yang pasti berserahlah kepada Allah, karena Google dan nasib adalah  milik Allah yang mengaturnya. Tugas manusia adalah berusaha dan Dia tahu apa yang dilakukan umatNya. 

2 komentar:




  1. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus